Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Senin, 30 November 2015

Hino latih tenaga mekanik untuk layanan After Sales yang prima


Perbaikan kendaraan Hino di dealer semakin efisien. Didukung dengan peralatan standar dan juga keahlian mekanik yang trampil.

PT HMSI secara rutin melakukan pelatihan kepada para calon mekanik di dealer. Mereka dididik tidak hanya teori tapi juga praktek untuk bisa memperbaiki kendaraan Hino.

Para mekanik Hino dididik di Training Center selama 6 bulan. Pengetahuan tentang kendaraan Hino, perawatan dan perbaikan Hino baik mesin maupun transmisi menjadi makanan mereka selama training.

Tak cukup pengetahuan tentang service, para peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang spare parts. Yang utama adalah membedakan spare parts yg ASLI vs IMITASI.

Hal ini karena banyaknya spare parts palsu yang beredar di pasar. Dengan iming-iming harga lebih murah dari dealer. Tapi mereka tertipu sehingga umur kendaraan Hino menjadi lebih pendek bahkan bisa menimbilkan kerusakan.

Hino benar-benar mempersiapkan para tenaga mekaniknya dengan baik. Dukungan peralatan standar Hino yang tersedia di setiap dealer menjadikan jaminan KUALITAS yang prima.

Untuk perawatan dan perbaikan kendaraan Hino, percayakan pada ahlinya yaitu WORKSHOP DEALER.

Sabtu, 28 November 2015

Hanya Hino yang produksi bus dengan bahar bakar CNG

 Hino merupakan satu-satunya produsen yang memproduksi bus berbahan bakar CNG (Compressed Natural Gas) di Indonesia. Produk pertama yang diluncurkan pada tahun 2007, digunakan untuk armada Transjakarta sebanyak 74 unit.

Namun, sejak 2009 hingga 2014, Transjakarta sudah tidak lagi membeli armada baru dari Hino ini, yang menyebabkan produksi bus CNG Hino berhenti sangat lama, sekitar enam tahun.
 
Menanyakan terkait faktor apa yang menyebabkan Transjakarta tidak lagi melakukan pembelian, Santiko Wardoyo, Diektur Sales dan Promosi Hino Motors Sales Indonesia coba menanggapi.
 
"Selain karena memang Hino tidak memiliki armada articulated bus (gandeng), memang harga kami dirasa lebih mahal dibanding bus lain saat itu (2009). Kalau ditayakan harga bus CNG saat ini sekitar  2,1 miliar sudah termasuk karoseri dan AC," ujar Santiko.
 
Santiko melanjutkan, tapi sebenarnya harga lebih mahal sedikit tidak jadi masalah, asalkan tahan lama, serta pelayanan servisnya bagus. Dibanding barang impor lebih murah namun pelayanan purna jualnya tidak bagus. Itu akan lebih boros dan merugikan.
 
"Impor bisa dikatakan mudah apalagi produknya murah, tapi masalah aftersales-nya bagaimana. Membuka jaringan juga tidak mudah. Perlu diketahui, pada dasarnya memang membeli mobil itu gampang, namun merawatnya susah. Namun Hino sudah mempersiapkan semuanya," ujar Santiko.

Jumat, 27 November 2015

Hino kembali produksi bus CNG



Setelah berhenti sejak 2009, produk bis berbahan bakar gas terkompresi atau Compressed Natural Gas (CNG), yang diproduksi oleh PT Hino Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) kembali diproduksi.

Produk ini pertama kali diproduksi pada tahun 2007, untuk memenuhi kebutuhan Trans Jakarta. Namun karena tidak lagi dipesan, produksi diberhentikan hingga 2013.

Kazushi Ehara, Presiden Direktur HMMI mengatakan, sangat bangga produk CNG Hino mulai diproduksi kembali. Dirinya mengklam, Hino merupakan produsen bus pertama dan satu-satunya yang memproduksi bus berbahan bakar gas alam di Indonesia.

"Kami ingin mendukung perkembangan sarana transportasi di Indonesia, terutama TransJakarta. Produksi ulang ini juga bentuk dukungan Hino dalam membantu program pemerintah, dalam menciptakan kondisi udara yang bersih," ujar Kazushi Ehara.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam Mesin dan Alat Transportasi Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan menambahkan, langkah yang dilakukan Hino memproduksi kembali bis dengan bahan bakar CNG ini sudah sangat tepat. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

"Bukan hanya di Indonesia ini jadi satu-satunyanya, tapi rasa-rasanya juga satu-satunya di antara negara-negara di Asean. Kami (pemerintah) sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Hino. Semoga produsen bis lain juga mengikuti langkah yang dilakukan Hino. Pembangunan infrastruktur seperti pengisian CNG semoga bisa cepat juga dikembangkan pemerintah," ujar Putu .

Kamis, 19 November 2015

Cara Hino Tingkatkan Layanan Purna Jual

Layanan purna jual jelas menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah produk, apalagi produk mobil komersial. Tentunya kita sebagai konsumen menginginkan solusi terbaik ketika menghadapi masalah pada produk yang kita beli. Menanggapi kebutuhan konsumen yang demikian, Hino yang bermain di mobil komersial kembali berupaya meningkatkan layanan purna jualnya. Kali ini, Hino meresmikan After Sales Building di Service and Spare Parts Center mereka.

Berlokasi di kawasan industri Jatake, Tangerang, Banten, Hino menunjukkan komitmennya membangun kualitas layanan. Nantinya, gedung yang terdiri dari tiga lantai ini akan menjadi pusat kegiatan mereka dalam mengembangkan seluruh program pelayanan purna jual, baik servis maupun suku cadang, serta Hino Customer Care Center (HC3).
"Dengan kehadiran gedung ini akan mendukung misi kami dalam memberikan layanan yang mengirimkan konsep layanan Total Support kepada konsumen. Dengan konsep ini kami mencoba memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, layanan servis yang andal. Tujuannya untuk memberikan nilai maksimal bagi pelanggan dengan masa operasional 100% namun dengan biaya yang minim," jelas Presiden Direktur Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Hiroo Kayanoki saat acara peluncuran gedung tersebut di Tangerang.
Selain gedung layanan purna jual yang berdiri di lahan seluas 27.000 m2 ini, HMSI juga memiliki tiga gedung utama lainnya. Pertama,Hino Training Center yang menjadi pusat pelatihan para staff diler dan pelanggan. Gedung ini memiliki fasilitas penunjang, seperti ruang kelas, ruang perangkat dan cutting model, ruang praktik servis dan spare part, dan bengkel pelatihan. Kedua, Hino Spare Parts Center yang merupakan penyimpan suku cadang berkapastitas 23000 item guna menjaga ketersediaannya. Ketiga, Hino Service Workshop yang merupakan areal servis atau perbaikan dengan 11 service bay, 2 express maintenance bay, dan 1 bay brake tester.
Semua fasilitas ini siap mendukung seluruh kebutuhan servis para pelanggan Hino. Selain itu, Hino juga memiliki 2 mobil servis yang dilengkapi berbagai peralatan perbaikan untuk melayani perbaikan ringan di lokasi pelanggan. "Dengan upaya ini, diharapkan dapat menjawab permintaan konsumen yang semakin meningkat terhadap produk Hino," imbuh Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI.


Penjualan Turun, Hino Fokus Naikkan "Market Share"

Di tengah kondisi pasar otomotif nasional yang sedang lesu, PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) ikut mengalami penurunan penjualan. Dalam periode Januari – Oktober 2015, kendaraan keluaran Hino baru terjual sebanyak 18.062 unit, atau turun 27% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sedangkan secara total nasional, pasar kendaraan niaga di Indonesia turun hingga 32 persen.

"Penjualan di industri otomotif memang sedang tidak bagus. Makanya tahun ini kami tak lagi mengejar target penjualan, melainkan lebih kepada market share," ujar Direktur Sales dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo saat peresmian gedung purna jual Hino, di kawasan industri Jatake, Tangerang.

Hingga akhir tahun 2015, Hino Indonesia menargetkan dapat meraih market share di segmen kendaraan kategori III atau truk medium sebesar 60 persen. Sedangkan untuk kategori II (light duty truck) sebesar 18 persen.

"Karena penjualan total nasional turun sampai 32 persen, market share Hino jadi naik. Sampai dengan Oktober 2015, untuk kategori II naik dari 16 persen menjadi 17,2 persen. Sedangkan kategori III juga naik dari 60,4 persen menjadi 62,5 persen," beber Santiko.

Hino berikan Training Driver agar aman di jalan

Melihat sopir truk atau bus mengendarai kendaraannya dengan ugal-ugalan seakan menjadi hal lumrah di Indonesia. Namun kalau aksi tersebut sampai merenggut nyawa orang lain, sudah pasti kita bakal merasa kesal dan geram. Hino selaku produsen bus dan truk menyarankan agar para sopir diberi pelatihan terlebih dahulu sebelum mengendarai truk atau kendaraan besar lainnya.

Direktur Sales Operation PT Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo mengaku cukup membahayakan melihat aksi sopir bus dan truk yang ugal-ugalan. Ia menanggapi bahwa setiap sopir kendaraan besar, baik bus maupun truk, mendapat pelatihan terlebih dahulu.

"Menurut saya cukup membahayakan untuk pemakai jalan yang lain. Kalau kita (Hino Motors Sales Indonesia) punya program training driver. Karena driver yang bawa kendaraan. Jadi kalau bawanya ngawur dampaknya banyak. Mulai dari bensin boros dan maintenance lebih besar, sekadar injak gas aja kan bisa fatal. Jadi menurut saya kurang baik lah (sopir ugal-ugalan). Harus ikuti aturan," jelas Santiko.

Hino Motors Sales Indonesia memiliki Hino Training Center yang terdapat di Tangerang yang menjadi pusat pelatihan bagi staff maupun pelanggan. Para driver juga mendapat pelatihan dari Hino agar memiliki keterampilan mengemudi serta etika yang baik di jalan.

Hino Training Center sendiri mampu menampung 320 peserta dan memiliki berbagai fasilitas seperti 11 kelas, ruang komputer, perpustakaan, ruang SST (tools) dan cutting model, bengkel, dan auditorium. Pusat pelatihan ini dibangun dengan luas 4.032 meter persegi.

Selasa, 10 November 2015

Hino beri pelatihan pengemudi

PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)
Provinsi DKI Jakarta, memberikan pelatihan pengemudi bagi peserta BLKD dalam upaya peningkatan kualitas jasa transportasi bagi masyarakat Jakarta.Program ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggapan atas kebutuhan pengemudi transportasi umum yang terlatih dan berkualitas.

Pelatihan berlangsung di Balai Latihan Kerja Daerah (BLKD) Jakarta Utara. Total ada 20 peserta pelatihan pengemudi yang ikut serta dalam pelatihan kali ini dan semuanya merupakan peserta BLKD Provinsi Jakarta yang nantinya akan ditempatkan untuk mendukung kemajuan transportasi Jakarta.

Pelatihan dilakukan secara intensif dan komprehensif selama 27 hari, ini dilakukan agar para peserta benar–benar menguasai semua materi secara mendalam dan diharapkan dengan pelatihan ini setiap peserta dapat mengemudi dengan disiplin dan tertib dalam berlalu lintas serta bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai pengemudi untuk mengantarkan warga Jakarta selamat sampai tujuan. Materi pelatihan pengemudi ini terdiri dari pengetahuan dasar produk atau kendaraan, pengecekan harian, proper driving, keselamatan berkendara dan cara menghemat bahan bakar.

"Pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Hino terhadap kemajuan transportasi di Indonesia dan Jakarta pada khususnya, ini dilakukan agar para pengemudi dapat mengemudi secara baik dan aman sesuai dengan ketertiban lalu lintas serta kami berikan juga pelatihan preventive maintenance agar kendaraan lebih terawat dan hemat bahan bakar saat dikemudikan" ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.


Senin, 09 November 2015

Hino siapkan para teknisi handal

Market Share Hino yang mencapai 65% untuk klas medium dan 18% untuk klas light duty tidak lepas dari peran para teknisi.

Umur kendaraan Hino yang panjang berkat tangan2 trampil teknisi Hino yang mendedikasikan hidupnya untuk merawat kendaraan Hino Anda.

Para teknisi Hino yang tersebar di semua Dealer Hino perlu di siapkan. Mereka di rekrut dari STM yang telah bekerja sama dengan PT HMSI. 

Sebelum ditraining, para siswa harus lulus tes psikotest terlebih dulu. Mereka di gembleng di Training Center Hino selama 6 bulan.

Dalam peraaingan otomotif yang makin ketat, para customer menyambut positip training ini. Harapannya tentu para teknisi Hino inilah yg menjadi ujung tombak perawatan kendaraan Hino mereka.

Menyiapkan teknisi handal menjadi bukti komitmen Hino untuk berikan layanan Total Support.


Beli Hino Nggak Pusing dengan perawatan

Para fleet customer yang mempunyai kendaraan Hino tersebar di pelosok Indoneaia akan makin terjamin perawatannya dengan layanan Kontrak Service.

Para tehnisi dealer Hino yang handal dilengkapi sgn standar peralatan semakin cepat dan terjamin kualitasnya. Inilah yg membedakan service di dealer Hino dibandinkan di bengkel umum lainnya.

Sukus  cadang yg diberikan juga terjamin kualitasnya yaitu menggunakan Hino Genuine Parts ataupun HMSI Original Parts.

Dengan kontrak service maka dealer Hino akan merawat kendaraan Hino anda. Baik perawatan rutin ataupun untuk perbaikan.

Beli Hino nggak hanya kendaraannya saja tapi juga layanan purna jualnya. Service Kontrak semakin membuat bisnis  anda melaju kencang tanpa pusing mwmikirkan perawatannya.

Segera hubungi delaer Hino terdekat untuk informasi Service Kontrak.

Tingkatkan layanan ke customer dgn SOP

Untuk memberikan jaminan layanan yang sama di seluruh dealer Hino diperlukan standard pekerjaan yg biasa dikenal dgn SOP (Standard Operation Procedure).

SOP menjadi acuan dalam setiap proses pekerjaan shg output layanan yg diberikan dealer juga akan berstand PT HMSI. Customer akan mendapatkan layanan yg sama. Tidak perlu khawatir dgn layanan salah satu dealer.

PT HMSI telah memberikan training bagi orang sales,service dan spare parts.

Dengan SOP layanan dealer menjadi seragam dan customer menjadi lebih puas.



Minggu, 01 November 2015

Hino hadir di Jakarta Auto Show 2015

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) ikut berpartisipasi di ajang perdana Jakarta Auto Show (JAS) 2015 yang dibuka secara resmi pada Rabu, 28 Oktober di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Pada pameran kali ini, Hino menempati booth seluas 250 meter persegi yang terletak di outdoor area. Beberapa produk yang mereka boyong kali ini adalah Hino Dutro 130 HD 6,8 PD berbodi skylift.

Selain itu Hino Dutro 130 MDL dengan sasis 6.646 milimeter yang dikemas menjadi mobil toilet dan Hino 500 Series New Generation Ranger FG 235 JJ dengan bodi pemadam kebakaran.


"Kami yakin ada animo lebih besar dari konsumen di akhir tahun. Karena kami yakin ini adalah salah satu cara untuk merangsang geliat pasar otomotif nasional yang selama ini mengalami pelemahan. Dengan menguatnya kondisi perekonomian Indonesia, rasanya sektor otomotif juga bakal lebih baik. Terlebih dengan adanya pameran otomotif seperti ini," beber Santiko, Direktur Sales dan Promosi HMSI.

Produk-produk yang mereka bawa kali ini menjadi andalan untuk menyokong industri yang butuh kendaraan seperti ini. Sekaligus mendukung program industri kreatif yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia.