Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Jumat, 30 Juli 2010

Hino PONCHO, Bus Mini Berkapasitas 36 Orang


VIVAnews - Kemacetan di Jakarta yang makin mencemaskan sudah harus dicarikan solusinya. Seperti didengungkan di tahun-tahun sebelumnya yang perlu dilakukan Pemerintah DKI Jakarta adalah peningkatan transportasi umum yang nyaman dan aman.

Di Indonesia International Motor Show 2010, stand Hino menawarkan fasilitas umum in yang berbentuk bus mungil, Hino Poncho. Bus mini tersebut berkapasitas 36 orang dengan transmisi lima percepatan lengkap dan AC, mobil ini mampu menawarkan kenyaman pada penggunanya.

Tenaganya pun sebagai bus sedang bisa diandalkan, yakni 180 ps. Interiornya lega dan seperti fasilitas modern lainnya, ramah pada penderita cacat. Ada dua kursi yang diperuntukkan bagi penyandang cacat yang ditempatkan di belakang supir.

Si pengendara sendiri juga dibantu dengan fasilitas canggih seperti GPS dan komputer mini. Di atas dashboard terdapat panel berisi angka yang menunjukkan pada penumpang terminal mana yang tengah mereka singgahi.

Rabu, 28 Juli 2010

HINO MENAMPILKAN BUS PONCHO DALAM IIMS 2010

Jul 26, 2010

JAKARTA - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 untuk kedua kalinya diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran. Pada kesempatan ini Stand Hino bertempat di Hall B -1 dengan luas 345 m2. ”Tahun ini Hino mengusung konsep Hino Cares, yang menghadirkan kendaraan yang profitability (FM 320 PD), safety (Dutro 4x4) dan society (Poncho). Kendaraan Hino dirancang untuk dapat memberikan keuntungan (profit) bagi penggunanya, dengan perlengkapan keamanan (safety) yang memadai namun tidak melupakan kepeduliannya terhadap masyarakat (society)” ungkap Gunadi Sindhuwinata President commissioner PT Hino Motors Sales Indonesia dalam sambutannya saat membuka booth Hino. ”Pengabungan antara element showroom dengan element pabrik dalam konsep desain booth Hino ini sesuai dengan tema Hino Move The Next Stage, yang diwujudkan dalam penyempurnaan produk, perluasan jaringan penjualan dan peningkatan pelayanan purna jual hingga pengembangan pabrik” tambah Gunadi.

PONCHO. Dalam IIMS kali ini sebuah bus kecil unik asal Jepang telah hadir di booth Hino, yaitu Poncho. Bus kecil yang memiliki dek berlantai rendah (one step floor) dengan kapasitas 36 penumpang. Setiap roda berada disudut kendaraan, sehingga maneuver mudah dan menyisakan ruang untuk pintu lebih lebar. Lantai rendah dan pintu yang lebar membuat akses keluar masuk penumpang lebih mudah, khususnya bagi manula, anak-anak dan pengguna kursi roda. Bus yang mempunyai lantai ruang kabin datar (full flat floor) terluas dikelasnya ini menggunakan mesin diesel JO5D (180ps) yang ramah lingkungan. Poncho sejak tahun 2002 di telah diproduksi massal di Jepang. Sering disebut Community Bus karena di jepang banyak digunakan didaerah pemukiman dan daerah pariwisata dimana regulasi untuk standar gas buang ramah lingkungan berlaku ketat.
DUTRO 4x4. Kendaraan lain yang di hadirkan ialah Dutro 4x4, truk kecil 4 wheel drive hasil pengembangan terkini dari Hino Indonesia yang dikembangkan secara khusus agar dapat maneuver dengan baik dimedan off-road. Sistem pengereman dilengkapi dengan rem cakram (roda depan) dan tromol (roda belakang) membuat pengereman lebih efektif.
RANGER FM 320 PD – Hino turut menampilkan varian terbarunya dari FM series yaitu Hino Ranger FM 320 PD. Truk dump medium duty 6x4 bertenaga besar (320 ps) ini dilengkapi pengereman udara dual system. Menghasilkan angkutan tambang yang bertenaga, aman dan dapat dihandalkan. Sangat tangguh untuk kondisi operasional di medan off-road.

Bus PONCHO yang ramah lingkungan

28/07/2010 17:18:20 WIB

Sejumlah pengunjung melihat sebuah bus kecil unik asal Jepang bernama Poncho di arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bus ini memiliki dek berlantai rendah ( one step floor) dengan kapasitas 36 penumpang. Setiap roda berada disudut kendaraan, sehingga mempermudah manuver dan menyisakan ruang untuk pintu lebih lebar. Dengan mengusung mesin diesel JO5D (180ps) bus ini menjadi produk yang ramah lingkungan. (Investor Daily/TINO OKTAVIANO)

Sun Motor Purwokerto

Siapa yang tidak mengenal Sun Motor? Memposisikan diri sebagai supermarket kendaraan tentu menyediakan beberapa merek kendaraan sekaligus, salah satunya adalah HINO. Purwokerto yang terletak di Jawa Tengah menjadi peluang bisnis untuk memasarkan kendaraan Hino sekaligus didukung dengan ketersediaan sparepartnya

MORODADI Wonogiri


Wonogiri merupakan basis Perusahaan Otobus di Jawa Tengah. Banyaknya penduduk Wonogiri yang bekerja di Jakarta maka tak mengherankan pada musim liburan atau lebaran akan terjadi arus mudik yang luar biasa.
Untuk itu, peluang kebutuhan untuk sparepartnya sangat tinggi. Morodadi, melihat peluang tersebut maka dibukalah deponya di Wonogiri. Lambang HINO GENUINE PARTS dan HOP yang besar akan memudahkan para customer untuk mencari toko ini.

MORODADI Solo

Morodadi adalah partshop yang sudah menjadi network HINO sejak lama. Untuk segala kebutuhan spareparts Hino disinilah tempatnya. Sangat lengkap.
Hijau adalah ciri khas warna Hino dan itu yang dipakai oleh Morodadi.

Penjualan Hino Meningkat 120 Persen

MAKASSAR - Pergerakan sektor-sektor pembangunan dan produksi sejumlah komoditas di Sulsel, sangat signifikan mendongkrak pertumbuhan pasar kendaraan komersial di 2010. Tidak terkecuali Hino. Hino mengalami pertumbuhan sebesar 120 persen pada Semester I 2010 jika dibandingkan dengan penjualan periode yang sama tahun sebelumnya.

Demikian diungkapkan Komisaris PT Kumala Motor Sejahtera, Erwin Tandiawan didampingi Direktur PT Kumala Motor Sejahtera, Erick Tandiawan, kepada wartawan saat menggelar jumpa pers di Makassar Goldel Hotel (MGH), akhir pekan lalu.

Menurut Erwin, varian terbaru Hino Dutro yang bermain di segmen Commercial Truck 2 ton ternyata mampu mendongkrak pasar truk secara signifikan yaitu dari 123 unit pada 2009 meningkat menjadi 163 unit hanya hingga Juni 2010. "Kebanyakan banyak digunakan untuk transportasi pengangkutan, perdagangan serta perkebunan atau di daerah pertambangan juga ada," katanya.

Didampingi General Manager Marketing & Vehicle Sales PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Hasan Susanto dan Supervisor Marketing Division, Heru Wijaya, Direktor Marketing & Dealer Development, Iwao
Tajiri, mengungkapkan, target penjualan dibagi dua yaitu untuk kategori 3 ditarget bisa menjual sebanyak 11 ribu unit dan untuk truk kategori 2 sebanyak 8 ribu unit.

Salah satu varian yang marketnya sedang tumbuh pesat adalah truk kategori 2, tercatat hingga Juli 2010 ini, volume penjualan Hino Dutro telah mencapai 4.623 unit atau telah menguasai pasar sebesar 10 persen dari total market. Sedangkan untuk kategori 3 sudah sebanyak 6 ribu.

Selain itu pada 2009 lalu, kendaraan Hino kategori 2 truk kecil (Dutro) mempunyai market share sebesar 8,7 persen atau terjual sebanyak 4.090 unit. Sementara untuk Hino kategori 3 (Ranger) mempunyai market share sebesar 61,4 persen atau membukukan penjualan sebanyak 7.300 unit. "Hasil penjualan di tahun 2009 lalu itu kembali mengukuhkan Hino sebagai pemimpin pasar atau market leader di segmen ini yang telah berhasil diraih sejak tahun 2000," jelasnya. (asw)

Hino PONCHO


Jakarta - Meskipun bus tidak semeriah mobil-mobil baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, tapi upaya Hino menampilkan yang satu ini patut dilirik. Ya, Hino Poncho, sebuah bus yang ramah untuk para penyandang cacat, manula dan anak-anak.

Tampilannya pun unik, terutama pada bagian wajahnya yang dihiasi dengan lampu utama yang membulat, tidak seperti desain bus-bus konvensional. Apalagi desain bodinya yang memang sengaja dibuat ceper, sehingga sangat berdekatan dengan permukaan jalan.

Bodi cepernya tersebut sengaja dirancang agar memudahkan akses keluar masuk pada penyandangan cacat yang menggunakan kursi roda, juga manula dan anak-anak, dengan dukungan pintu yang juga cukup luas untuk dilalui.

Begitu juga pada bagian kabinnya yang lapang. Karena bus kecil dari Hino ini hanya berkapasitas 36 penumpang, dengan rincian 11 tempat duduk, 24 orang berdiri dan 1 supir. Kursi bagian tengahnya bisa dilipat, agar bisa menempatkan kursi roda.

Oleh pabrikannya, Hino Poncho diklaim sangat tepat dioperasikan di perkotaan yang padat karena dimensinya yang kecil, sehingga mudah untuk dikendarai, apalagi karena transmisinya sudah otomatis 5-speed.

Selain multi fungsinya tersebut, dengan dukungan mesin JO5D 4 silinder berkapasitas 4.728 cc, dengan tenaga 180 PS dan torsi 50 kgm, sangat irit bahan bakar dan juga tentunya ramah lingkungan karena sudah mengusung Euro4.

Tapi sayangnya, sepertinya bakal sulit bagi Hino untuk memasarkan Poncho di Indonesia, mengingat dengan posisi dek yang rendah, membuatnya riskan untuk melintasi jalan-jalan raya Indonesia yang bergelombang dan banyak lubang.

Selasa, 27 Juli 2010

Bus PONCHO yang ramah lingkungan


Jakarta(ANTARA News) - Ada yang menarik di Hall B-1 Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, tempat PT Hino Motors Sales Indonesia menampilkan produk-produknya.

Sebuah bus kecil unik asal Jepang bernama Poncho dipamerkan di areal seluas 325 meter persegi tersebut.

Bus ini memiliki dek berlantai rendah (one step floor) dengan kapasitas 36 penumpang. Setiap roda berada disudut kendaraan, sehingga mempermudah maneuver dan menyisakan ruang untuk pintu lebih lebar.

Lantai rendah dan pintu yang lebar ini lah yang membuat akses keluar masuk penumpang lebih mudah, khususnya bagi manula, anak-anak dan pengguna kursi roda.

Sementara lantai ruang kabin datar (full flat floor) membuat bus kecil ini terlihat luas di bagian dalam, tak heran kendaraan ini menjadi pemilik kabin terluas dikelasnya.

Dengan mengusung mesin diesel JO5D (180ps) bus ini menjadi produk yang ramah lingkungan. Bus dengan desain serba bulat ini memiliki pilihan transmisi 5 percepatan manual dan tersedia pula transmisi otomatis.

Poncho sejak tahun 2002 di telah diproduksi secara massal di Jepang. Sering disebut "Community Bus" karena di Jepang banyak digunakan di daerah pemukiman dan daerah pariwisata, dimana regulasi untuk standar gas buang ramah lingkungan berlaku sangat ketat.

Pada pembukaan stand Hino kemarin, Jumat (23/7), Presiden Komisatir PT Hino Motors Sales Indonesia, Gunadi Sindhuwinata mengatakan tema yang diusung Hino pada IIMS 2010 adalah Hino Cares.

Karena itu, selain menghadirkan kendaraan yang profitability (FM 320 PD), safety (Dutro 4x4), Hino juga menghadirkan produk society yakni bus Poncho yang peduli dengan kondisi masyarakat.

Minggu, 25 Juli 2010

Target Pemerintah, 2015 Produksi Mobil di Indonesia Mencapai 1 Juta

Target Wapres kepada Industri Otomotif

JAKARTA - Pemerintah bertekad mendukung penuh perkembangan industri otomotif. Bahkan, agar menjadi pemain yang diperhitungkan oleh pasar internasional, pemerintah memasang target, yakni pada 2015 produksi mobil di Indonesia mencapai angka 1 juta.

"Saya yakin, pada 2015 produksi satu juta mobil tercapai. Sekarang, mari bersama-sama menjadikan industri otomotif sebagai pemain andal," ujar Wakil Presiden Boediono saat membuka ajang otomotif terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, di Jakarta International Expo, Kemayoran, kemarin (23/7).

Boediono mengatakan bahwa pemerintah mendorong industri otomotif agar benar-benar menancap di bumi Indonesia, bukan hanya di permukaan. Artinya, penjualan dan produksi diharapkan terus meningkat. "Tapi juga, ujungnya, apakah desainnya, R & D (research and development), dan sebagainya, dikerjakan di Indonesia," terang dia.

Wapres menjanjikan dalam waktu dekat pemerintah memperbaiki sistem logistik yang saat ini dinilai mempunyai banyak kekurangan "Logistik itu saya dengar menghambat macam-macam, termasuk otomotif. Indonesia terkendala biaya dan distribusi logistik sehingga sulit memindahkan bagian-bagian penting bagi industri otomotif," terangnya.

Ketua Penyelenggara IIMS 2010 Johnny Darmawan mengatakan, sampai akhir 2010 kendaraan roda empat yang terjual diperkirakan 650 ribu-700 ribu unit. "Industri otomotif memberikan kontribusi terbesar terhadap GDP," terang Presdir Toyota Astra Motor (TAM) itu.

Sejak 2005 sampai 2009, lanjut dia, investasi yang telah ditanam di industri tersebut Rp 6 triliun. Karena itu, bagi beberapa produsen, Indonesia sudah dijadikan sebagai basis produksi. "Kami berharap kebijakan insentif pajak. Sebab, industri itu sangat padat karya dan kandungan lokal mulai lebih banyak," ungkapnya. "Hal tersebut akan berdampak positif pada investasi dan pengembangan industri selanjutnya serta membantu pembangunan ekonomi yang berkelanjutan," jelasnya.

Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Budi Darmadi menambahkan, salah satu segmen yang dibidik pemerintah adalah mobil murah seharga Rp 70 juta-Rp 80 juta. "Produk itu perlu dikembangkan untuk mencegah segmen pasar tersebut diisi produk impor," ujarnya.

Selain itu, pemerintah menginginkan harga mobil terjangkau oleh banyak anggota masyarakat. Segmen mobil di kelas tersebut juga belum dibentuk pasar.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan bertekad akan mewujudkan konsep mobil murah dengan berteknologi ramah lingkungan. Konsep mobil murah ini akan mengusung cap 'Made In Indonesia' dengan nama lokal.

"Tidak menutup kemungkinan made in Indonesia," kata Hidayat di sela-sela acara IIMS. Dia menuturkan sebagai Menperin memikirkan untuk membuat produk yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, yaitu mobil yang menggunakan teknologi yang bisa diadopsi di Indonesia dan menggunakan tenaga ahli Indonesia. (gen/c11/kim)

Hino Boyong Bus Konsep di IIMS




JAKARTA – Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 tinggal dua pekan lagi.

Beberapa merek yang akan ikut serta sudah mengumumkan produk teranyar yang bakal dipamerkan pada ajang otomotif terbesar di Tanah Air tersebut. Salah satunya sejumlah mobil konsep yang bersiap unjuk gigi.

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dipastikan akan memperkenalkan kendaraan penumpang (bus) konsepnya, Poncho.

"Kami akan tampilkan bus Hino Poncho pada IIMS 2010," ungkap Ardiyasa Dwisaputra, Promotion & Public Rekation Manager HMSI, baru-baru ini.

Bentuk Poncho cukup unik dan di Jepang banyak dipergunakan sebagai bus khusus yang melayani rute permukiman warga atau angkutan sekolah anak-anak.

Selain karena bentuknya yang unik dan mungil, bus ini mengusung mesin ramah lingkungan yang aman bagi warga sekitar permukiman.

Tidak hanya Hino Poncho, Toyota juga bakal mendatangkan mobil konsepnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan akan menghadirkan mobil konsep ramah lingkungan, FT-EV II. Kendaraan tersebut merupakan mobil konsep yang dibekali teknologi baterai baru.

Desain barunya merupakan konsep city car listrik masa depan yang telah disempurnakan dari FT-EV concept sebelumnya.

Dengan dimensi lebih kecil dari Toyota iQ yang juga sempat dipajang Toyota pada IIMS 2009 lalu, FT-EV II mampu diisi tiga orang dewasa plus satu anak. Jika tak terpakai, maka kursi anak juga bisa dilipat jadi tempat barang.

"Sesuai tema IIMS tahun ini, kita juga hadirkan yang serbaramah lingkungan. Salah satunya mobil konsep FT-EV II," ungkap Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan, Senin (12/7).

IIMS tahun ini ditargetkan meraup total transaksi 2 triliun rupiah.

Sabtu, 24 Juli 2010

Yuk, Beramai-Ramai ke IIMS 2010


JAKARTA. Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 resmi dibuka hari ini. Pasar otomotif yang cerah membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) optimistik IIMS akan menyedot transaksi tinggi.

Ketua Penyelenggara IIMS, Johnny Darmawan mengatakan, kondisi makro ekonomi yang baik akan membuat konsumen kembali membeli mobil tahun ini.

Gaikindo menargetkan transaksi pameran yang berlangsung 23 Juli hingga 1 Agustus itu 2010 bisa mencapai Rp 2 triliun, tumbuh 17,6% dibandingkan dengan IIMS 2009 yang sebesar Rp 1,7 triliun. Transaksi ini diperkirakan akan diperoleh dari penjualan 7.000 unit mobil.

Dalam pameran ini, terdapat 22 merek kendaraan yang ikut serta. Merek-merek tersebut antara lain Toyota, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, KIA, Daihatsu, dan Hyundai. Terdapat pula Mercedes, BMW, Audi, Hino, Foton, Chevrolet, Fuso, Mazda, Subaru, VW, Isuzu, Proton, Ford, dan Nissan Diesel.

Selain memamerkan produk ramah lingkungan, ajang IIMS juga dipakai para agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk merilis produk baru. PT General Motors Buana Indonesia misal, meluncurkan Chevrolet New Spark dan Ford Fiesta. Lalu PT TC Subaru melansir Subaru enam produk baru antara lain MPV premium Exiga 2.0GT dan Exiga 2.0i, Subaru Outback 2.5i, Subaru Legacy 2.5GT, Impreza STI A-Line, dan Forester 2.5XT.

Sementara itu, PT Garuda Mataram Motor juga meluncurkan Audi R8 5.2 FSI Quattro. Ada pula beberapa model facelift Audi antara lain Q7 3.0 TDI, Audi A4, Audi A6, dan Audi A5.
"IIMS kali ini merupakan ajang adu unjuk teknologi mobil ramah lingkungan," tutur Johnny, Jumat (23/7).

Untuk mendukung transaksi, IIMS juga menggandeng perbankan syariah sebagai lembaga pembiayaan. Sembilan bank syariah yang hadir di IIMS antara lain Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, dan Danamon Syariah. Gaikindo berharap, IIMS 2010 bisa mendongkrak penjualan mobil tahun ini hingga mencapai 700.000 unit.

IIMS 2010 Disiapkan sebagai Acuan Industri Otomotif Asia Pasifik


JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 atau yang ke-18 akan diselenggarakan dari 23 Juli sampai 1 Agustus 2010 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Demikian rilis yang disimpaikan panitia IIMS 2010 dalam e-mail mereka.

Tahun ini, ketua pelaksana tetap Johnny Darmawan, sosok yang sukses memboyong tempat penyelenggaraan dari Jakarta Convention Centre (JCC) di Senayan ke JIExpo, Kemayoran, yang jauh lebih luas, baik dalam hal tempat pameran maupun sarana pendukung, seperti parkir.

Johnny Darmawan menjelaskan, pelaksanaan pameran terus membaik dari tahun ke tahun. "Daya tariknya akan ditingkatkan agar mampu bersaing dengan pameran otomotif lain di dunia. Ciri khas IIMS akan terus digali dan dikembangkan agar kemajuan industri otomotif Indonesia bisa tecermin pada IIMS," ungkap Johnny.

Karena itulah, sebagai penyelenggara, Gaikindo berharap bahwa IIMS 2010 menjadi salah satu acuan industri otomotif, tidak hanya di kawasan Asia Pasifik, tetapi juga dunia.

Di lain hal, kendati panitia belum mengeluarkan data peserta, jumlahnya diperkirakan lebih banyak dari tahun lalu, terutama ATPM. Pasalnya, beberapa ATPM yang tidak ikut tahun lalu berencana meluncurkan produk terbarunya pada perhelatan i

Pameran IIMS 2010 Diikuti 23 ATPM


JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif terbesar di tanah air Indonesia International Motor Show 2010 (IIMS) diikuti 23 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang sudah memastikan partisipasinya. Selama 10 hari pameran (23 Juli-1 Agustus 2010) dengan tema "Eco-Technology Motoring", Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan nilai transaksi Rp2 triliun.

Ketua Umum Gaikindo Sudirman Maman Rusdi mengatakan, fokus utama IIMS adalah menjawab keingintahuan masyarakat tentang industri otomotif dari teknologi dan produk. Namun, namanya pameran tak lepas dari transaksi penjualan.

"Tahun ini kami harapkan nilai transaksi bisa mencapai Rp2 triliun atau sekitar 7.000 unit kendaraan. Melihat iklim yang cukup baik pada dua bulan pertama, kiat optimis IIMS akan lebih baik," ujar Sudirman dalam presconference IIMS 2010 di Jakarta, (30/3/2010).

Para ATPM yang memastikan diri turut serta Audi, BMW, Chevrolrt, Daihatsu, Ford, Foton, Fuso, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Kia, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi, Nissan, Nissan Diesel, Proton, Subaru, Suzuki, Toyota, dan VW.

Peningkatan jumlah peserta terjadi pada pameran tahun ini. Mengacu data panitia penyelenggara PT Dyandra Promosindo, jumlah perusahaan komponen dan pendukung otomotif tercatat 155 unit naik dari tahun sebelumnya yang hanya 129 unit.

Sehingga total perusahaan otomotif dan pendukung yang turut serta dalam IIMS 2010 tercatat 178 unit, dari sebelumnya 163 unit. Pihak panitia penyelenggara, menargetkan jumlah pengunjung pameran diharapkan mencapai 260.000 orang, yang juga naik dari 241.687 unit.

Total luas area yang digunakan tak ada perubahan yakni, 100.000 meter persegi dari 36.000 meter persegi indor dan 64000 meter persegi outdoor. Lokasi tetap meneruskan penyelenggaraan tahun sebelumnya di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Eco-Technology Motoring
Tema pameran "Eco-Technology Motoring" mencerminkan pentingnya menjaga lingkungan untuk meminimalkan dampak pemanasan global yang semakin menghawatirkan. ketua Umum IIMS 2010, Johnny Darmawan mengatakan, tema ini menggambarkan sebuah upaya pemenuhan kebutuhan manusia akan sarana transportasi dengan memanfaatkan teknologi yang meminimalisasikan kerugian ekologis.

"Kami ingin semua pihak dalam dunia otomotif menyadari perannya masing-masing dalam pelestarian lingkungan," ujar Johnny.

Hino Siapkan Bis Poncho


IIMS 2010
Oleh: Augusta B. Sirait

INILAH.COM, Jakarta-PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) akan menghadirkan bis komunitas kecil ramah lingkungan, Hino Poncho, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, Jumat (23/7), di Jakarta.
Selain itu, HMSI juga akan menampilkan Hino Dutro dengan gardan penggerak depan dan belakang (4WD) dan Hino Ranger FM 320 PD.
Hino Poncho adalah bis kecil yang dilengkapi dengan transmisi otomatis lima percepatan (electronic control 5-speed AT). Bis yang pertama kali dirilis di Jepang tahun 2006 silam ini memiliki desain serba bulat.

Jumat, 23 Juli 2010

Indonesia International Motor Show 2010

IIMS 2010 RESMI DIBUKA OLEH WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

IIMS 2010 RESMI DIBUKA OLEH WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA Jakarta, 23 Juli 2010 – Perhelatan bertaraf internasional, The 18th Indonesia International Motor Show hari ini resmi dibuka oleh Bapak Prof. DR. Budiono, Wakil Presiden Republik Indonesia didampingi oleh beberapa wakil kabinet bersatu. Upacara pembukaan yang dilaksanakan di JI-Expo Kemayoran ini juga dihadiri beberapa pejabat negara kabinet bersatu serta beberapa duta besar/perwakilan duta besar dari beberapa negara turut hadir pada Press Day ini yang merupakan hari khusus untuk para undangan serta media.

Kehadiran Bpk Prof. DR Budiono, Wakil Presiden Republik Indonesia dan pejabat negara kabinet bersatu dalam pembukaan IIMS 2010 kembali menandakan perhatian besar pemerintah terhadap perkembangan industri otomotif nasional sebagai salah satu pilar penyangga perekonomian negara. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), industri otomotif berada pada urutan keempat penyumbang pajak.

Melalui kata sambutan peresmian dibukanya pameran IIMS 2010, Bapak Prof. DR. Budiono, Wakil
Presiden Republik Indonesia mengungkapkan kebahagiannnya dapat hadir dan meresmikan pameran otomotif bertaraf internasional serta menyambut baik event ini, dengan demikian beliau dapat melihat secara langsung kemajuan industri otomotif Indonesia maupun luar negeri.

Bapak Budiono juga menambahkan bahwa industri otomotif Indonesia harus mendapatkan dorongan dari pihak pemerintah agar tidak hanya pada proses produksi yang terlihat di permukanannya saja namun dapat diterapkan hingga ke hasil akhir. Yang terpenting, jangan meragukan tekad dan niat pemerintah Indonesia untuk membangun perekonomian Indonesia dalam 5 tahun kedepan dan dapat mencapai pertumbuhan sebesar 7-8% pada tahun ke 4 atau ke 5 nanti. Pastinya pemerintah juga mendapatkan dukungan dari semua pihak dan termasuk para pelaku di dunia industri otomotif Indonesia dan membina kerjasama jalur dialog diantara semua pihak untuk dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga pada akhirnya kolaborasi pemerintah dan industri otomotif akan mendorong pertumbuhan ekonomi kita.

“Saya yakin dan percaya, semua pelaku bisnis dan tokoh di industri otomotif memiliki niat yang sama dengan pemerintah kita untuk menjadi tuan rumah di negara kita sendiri.”, tegas Bapak Budiono.

Pameran IIMS 2010 ini akan diselenggarakan selama 10 hari mulai 23 Juli sampai dengan 1 Agustus 2010, dengan mengambil tema ”Eco-technology Motoring”. Tema ini menunjukkan tekad para pelaku industri otomotif di Indonesia untuk memproduksi mobil-mobil berkonsep paling ramah lingkungan, dari semua aspek mulai dari bahan baku, teknologi mesin dan perangkatnya, maupun tingkat emisi gas buang yang serendah mungkin.

Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo mengungkapkan pada upacara pembukaan bahwa dengan “Eco-Technology Motoring”, semua pihak yang terlibat dalam industri otomotif mulai dari produsen mobil, produsen produk pendukung serta konsumen dapat mendukung gerakan industri otomotif yang berorientasi pada lingkungan yang telah dimulai sejak beberapa tahun belakangan. Dengan mengambil tema “Eco-Technology Motoring”, IIMS 2010 menitikberatkan pada segi pendidikan terutama kepada para pengunjung pameran dan konsumen di seluruh Indonesia.

Untuk itulah, melalui pameran ini, Gaikindo mengajak seluruh pelaku industri otomotif maupun pemakai mobil di tanah air untuk terus secara konsisten meminimalkan dampak negatif dari pemanasan global, melalui penerapan teknologi otomotif yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Karena kami yakin, usaha-usaha pelestarian lingkungan adalah merupakan tanggung jawab kolektif antara pelaku industri otomotif, pemerintah dan juga masyarakat umum.

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2010 pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa pameran IIMS 2010 diikuti oleh 203 perusahaan, dimana ada 18 merek mobil dan 4 truk antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Ford, Foton, Fuso, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Mazda, Mercedes Benz, Mitsubishi, Nissan, Nissan Diesel, Proton, Subaru, Suzuki, Toyota dan VW.

Untuk memanjakan para pengunjung dan pecinta otomotif, panitia penyelenggara telah menyiapkan beragam program antara lain Night Drag Race, Achilles Drift Show & Battle, Subaru Achilles Russ Swift Stuntmant Show, Subaru Palm Challenge 2010, BMX Jam, Miss Motor Show, Student’s Day, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Tour for Disabled, Lomba Penulisan untuk Wartawan, serta beragam program dari iB (Islamic Banking) selaku sponsor utama IIMS 2010. Pengunjung yang datang dengan membeli tiket juga berkesempatan mendapatkan grand prizes berupa 1 unit Ford Fiesta dan 1 unit New Kijang Innova yang akan diundi di akhir acara penutupan pameran.

IIMS 2010 juga terasa berbeda karena mendapat dukungan sponsor utama dari iB Perbankan Syariah yang menghadirkan sembilan bank syariah terkemuka yang didukung oleh Bank Indonesia akan hadir di IIMS 2010, yaitu: Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Danamon Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah, HSBC Amanah dan Bank Syariah Bukopin. Kesembilan bank syariah tersebut akan siap melayani masyarakat pengunjung dengan beragam produk dan layanan iB,seperti: fasilitas pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor KKB iB yang ringan dan menguntungkan, pembiayaan modal kerja dan investasi termasuk untuk sektor otomotif/transportasi, mobile banking dan internet banking, kartu kredit iB, KPR iB, tabungan, deposito serta layanan pengelolaan keuangan (wealth management). iB Juga menyediakan 3 unit Mobile Banking dan mesin ATM di dalam area IIMS, untuk membantu kebutuhan masyarakat pengunjung akan uang tunai.

Senin, 19 Juli 2010

Sparepart dulu...atau unit dulu?

Bagi seorang sales unit, ketersediaan sparepart menjadi salah satu faktor, apakah customer mau beli unit atau tidak. Artinya, customer bisa jadi,batal melanjutjan negisiasi karena ketidaktersediaan sparepart.

Bagaimana dengan sales sparepart? Ketika,dia menawarkan sparepartnya ke partshop, pemilik partshop akan menolak untuk membeli karena jumlah unitnya yang belum banyak. Sehingga, jarang yg minta barang tsb.Buat apa dia sedia barang yg kurang laku.

Jadi, yg mana yg lebih penting? Unit dulu...atau sparepart dulu? Tentu, keduanya,penting dan saling mendukung.Memang tidak mudah untuk memasarkan barang yg baru dipasar. Akan banyak hambatan yg dihadapi. Hanya dgn ketekunan untuk meyakinkan,bahwa Hino tidak hanya menjual unit saja, tapi didukung dgn After Sales Service yg prima. Sehingga, customer akan mudah untuk mendapatkan sparepart Hino di seluruh Indonesia.

Jumlah Network Sparepart Hino di Indonesia telah mencapai 1.200 outlet. Itulah,bukti komitmen Hino terhadap pentingnya After Sales Service.

Regional Dealers Meeting area Jabotabek dan Jawa Barat

Selasa,20 Juli 2010 bertempat di Hilton Hotel Bandung akan diadakan Regional Dealers Meeting untuk area Jabotabek dan Jawa Barat. Merupakan acara rutin tahunan yg diadakan oleh PT. HMSI. Pada meeting ini, dihadiri oleh para dealer dan juga manajemen PT. HMSI untuk menyamakan visi.
Pertumbuhan penjualan unit Hino harus diikuti dengan kesiapan dealers Hino untuk terus neningkatkan pelayanannya. Sehingga, para pemakai kendaraan Hino makin percaya, bahwa Hino adalah jagoan cari duit.

Minggu, 18 Juli 2010

Hino Rangkul Toko Spare Part Demi Pertahankan Market Leader


Steven Lenakoly : detikSurabaya

Sebagai langkah mempertahankan market leadernya, Hino menggelar gathering pemilik toko spare part. Hal ini sebagai penunjang penjualan perusahaan yang banyak bergerak di alat transport niaga ini.

"Semakin banyak unit yang kita jual, berarti kita harus memperkuat ketersediaan spare part di masyarakat," kata Dealer Sales Sect Head PT Hino Motors Sales Indonesia, Harjono Swanopati, kepada wartawan di sela-sela gathering di Hotel JW Marriott, Jalan Embong Malang, Sabtu (17/6/2010).

Pria berkacamata ini menjelaskan bahwa pentingnya spare part ini sangat vital dalam penjualan Hino. Tanpa ketersediaan spare part di pasaran berarti juga akan mengecewakan konsumen.

Secara nasional, berdasarkan data yang tercatat, penjualan Hino untuk truk kategori 3 atau truk tronton hingga bulan Juni mencapai 6.477 unit atau market share sebesar 63,8 persen. Sebagai perbandingan pada tahun 2009 penjualan sebesar 7.300 atau market share 61,4 persen.

Peningkatan yang membanggakan ini, lanjutnya, harus disertai dengan pelayanan spare part dan pelayanan purna jual. Di Jatim terdapat 180 toko spare part yang siap melayani konsumen Hino secara maksimal.

"Kami harus meningkatkan pelayanan ini agar konsumen semakin percaya pada Hino. Pertemuan ini adalah salah satu cara untuk memanjakan pemilik toko spare part," tambahnya.

Jumat, 16 Juli 2010

Dinner di Hanamasa Cibubur

Untuk mengakrabkan dgn teman-teman dari Mayasari, semalam diadakan dinner bersama. Lokasinya yg nggak jauh dari kantor Mayasari, yaitu Hanamasa, Cibubur.

Dari Purchasing, keuangan dan gudang dgn jumlah 16 orang hadir. Wah, rasanya makin akrab...senang bisa silaturahmi...
Sering-sering ya begini....

GA306: Waktunya go to Surabaya

Dengan pesawat GA306 jurusan Jakarta-Surabaya, jam 08.00 kami berlima akan mempersiaokan acara Hino Network Gathering.

Semoga, persiapannya lancar dan acaranya berlangsung sukses.

Hino Buka Cabang Baru di Jakarta

detikcom - Jakarta,

Besarnya peluang usaha di segmen truk saat ini membuat PT Hino Motors Sales Indonesia dan dealer Hino yakni PT Armindo Perkasa dengan membuka outlet baru Hino.

Outlet yang terletak di jalan Outer Ring Road Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Utara.
Outlet Hino yang mempunyai fasilitas 2S yaitu Sales dan Sparepart ini berdiri di atas tanah berukuran 5 x 15 m2 yang diharapkan dapat melayani permintaan konsumen di daerah Jakarta Barat.

Presiden Direktur HMSI Toshiro Mizutani berkeyakinan, jika outlet tersebut dapat meningkatkan penjualan dan pelayanan kendaraan Hino khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.

"Saya optomis penambahan outlet baru ini dapat turut meningkatkan penjualan dan pelayanan kendaraan Hino," ujarnya

"Saya senang akhirnya dapat menambah outlet Hino di Jakarta, semoga fasilitas 2S ini meningkatkan penjualan kami dan dapat memenuhi permintaan konsumen," kata Pemegang Saham PT Armindo Perkasa, David Herman Jaya kepada detikOto, Senin (15/6/2009).

David yakin dengan adanya outlet tersebut, konsumen yang ada di daerah Bogor, Jawa Barat dapat terpenuhi permintaannya.

"Tidak saja konsumen di daerah Jakarta Utara, konsumen Bogor juga dapat kita cover dari outlet ini," ujarnya.

Kamis, 15 Juli 2010

Regionsl Dealers Meeting

Adalah meeting secara regional/area. HMSI selalu melakukannya secara rutin sebagai meeting koordinasi antara HMSI dgn Dealer
Siapa saja yg hadir?
Perwakilan dealer terdiri dari 3S (Sales, Service,Sparepart) demikian juga dgn pihak HMSI.

Kiranya, gional Dealers Meeting ini, tdk hanya menjadi kegistan rutin ja tap benar2 sbg koordinasi shg dapat meningkatkan pelayanannya kod customer.

Hari ini, 16 Juli 2010, Regional Dealers Meeting area Sulawesi dan Kalimantan berlangsung di Shangrila Hotel, Surabaya.
Have a nice meeting....

Penempatan Gasket Cylinder Head

Ini adalah cara penempatan yang SALAH. Karena dengan cara ini, sangat tidak efisien tempat. Untuk Gasket Cylinder Head, akan memakai 2 tempat.
Sebaiknya, di tempatkan dengan cara BERDIRI.

Cara Penempatan Van-Belt

Inilah contoh yang benar, cara menempatkan Van-belt. yaitu dengan di gantung. Sehingga efisien tempat dan mudah dalam masuk-keluarnya barang.

Warehouse: Cara Penempatan Pipa


Penempatan pipa-pipa yang benar adalah tidak di letakkan didalam Bin BOx tetapi di gantung seperti terlihat di gambar. Dengan di gantung sehingga akan lebih efisien, tidak mudah rusak.
Silahkan coba!

Gudang DGMI


Banyak pengusaha yang berpikir, untuk apa sih gudang? Khan hanya untuk simpan barang saja. Nggak perlu diatur. Bahkan mungkin, banyak pengusaha yang nggak pernah masuk ke gudangnya sendiri.
Dayaguna Motor Indonesia sebagai dealer Hino justru sebaliknya. Gudang, punya peran penting! Bagaimana suapaya spareparst bisa diberikan dengan cepat, benar dan meminimalkan terjadinya kehilangan. Untuk itulah, DGMI telah membangun gudang baru yang sangat ideal untuk memenuhio kebutuhan sparepartsnya.
HMSI sendiri, turut memberikan saran/masukan agar proses pemindahan spareparst dari gudang lama ke gudang baru bisa berlangsung dengan baik dan juga memberika masukan tentang lay out, bin box, penempatan spareparts, dll.
Kiranya, gudang juga berperan penting dalam bisnis spareparts tidak hanya sebagai penyimpan saja tapi berperan juga dalam menunjang ketersediaan sparepart.

Hino : Varia Usaha

Salah satau pemakai setia Hino adalah Varia Usaha, yang merupakan perusahaan angkutan Semen Gresik. Peluncuran kendaraan Hino sebagai kendaraan angkutan untuk mengantisipasi pertumbuhan penjualan Semen Gresik telah di lakukan di kantor pusat Varia Usaha. Semoga, Varia Usaha terus percaya dan terus menambah kendaraan Hino.

Tak lupa, After Sales Service juga merupakan hal yang sangat penting sebagai pendukung kelancaraan beroperasinya kendaraan. Untuk itu, HMSI terus meningkatkan ketersediaan sparepartsnya dengan dibantu oleh pihak dealer, yaitu Indomobil Prima niaga Surabaya.

Hino Network Gathering

After Sales Service merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis otomotif. Pelayanan yang prima dari Service dan ketersediaan sparepart adalah kebutuhan mutlak bagi para pelanggan. Untuk itulah, Hino melalui JARINGAN atau NETWORKnya yang dimiliki terus berbenah, terus menambah jumlahnya. Sehingga, para pelanggan Hino semakin mudah untuk mendpatkan pelayanan service dan mudah untuk mendapatkan sparepart yang dibutuhkan.

Sabtu, 17 Juli 2010 merupakan acara dari Sparepart Division untuk mengundang Partshop, Autorized Workshop berkumpul bersama di JW Marriot Hotel Surabaya. Ini, merupakan pertemuan pertama kalinya diadakan. Pada Hino Network Gathering ini mengusung tema "Kemitraan Sepanjang Masa" artinya kerjasama ini bisa berlangsung terus, abadi. Tidak hanya jangka pendek tapi jangka panjang.

Semoga, Hino terus dicintai para pelanggannya dan menjadikan Hino tetap Nomor 1 !

Kamis, 01 Juli 2010

Hino Family Day 2010

Hino Family Day akan diadakan pd Sabtu,3 Juli 2010 di Istana Anak-anak TMII. Merupakan acara rutiin tahunan dgn tujuan mengakrabkan rekan-rekan kerja HMSI berserta keluarganya.
Yg paling ditunggu-tunggu tentunya acara pengundian Door Prize. Wah, apa ya hadiah 10 besarnya? Grand Prize-nya tentu SEPEDA MOTOR. Untuk hadiah lainnya, ada TV LCD Sony 40", Emas Batangan,Lemari Es,AC,Blackbarry Onyx, TV KCD SONY 32".
Pokoknya , setiap karyawan pasti dapat! Asyikkan...