Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Senin, 05 Oktober 2009

PATAHKAN “TRADISI” YANG MENGHAMBAT MAJU

Jujur saja, kita tidak mungkin mengalami terobosan yang luar biasa di dalam hal bisnis maupun karir kita, kalau kita masih terbelenggu dengan TRADISI

Para pemikir yang mampu membuat terobosan-terobosan yang luar biasa, biasanya berpikir secara acak, berlompat-lompat dan mengaktifkan otak kanan secara maksimal. Mereka yang berhasil mebuat “ide gila” dan inovasi-inovasi yang luar biasa,seringkali adalah orang-orang tidak terbelenggu dengan tradisi.

John C Maxwell, seorang penulis best seller dan pembicara terkenal, pernah menceritakan cerita menarik tentang konyolnya orang-orang yang terkungkung dengan tradisi.

Seorang kapten memerintahkan kepada anak buahnya untuk menyiram rumput setiap sore. Tradisi itu sudah berjalan bertahun-tahun lamanya dan tidak ada hari tanpa menyiram rumput di sore hari. Hingga suatu saat turunlah hujan sangat deras di sore itu. Ketika kapten tersebut melakukan inspeksi ternyata ia melihat anak buahnya tidak menyiram rumput. Ia segera menghardik, “Mengapa tidak menyiram?!!!” Petugas tersebut menjawab, “Tapi Kapten, bukankah ini sedang hujan?” Sang kapten menjawab sambil berteriak marah,”Memangnya kenapa? Kamu’kan bisa menyirami rumput sambil pakai jas hujan!”

Tradisi yang terlanjur membelenggu dan mengungkung pikiran kita memang bisa mematikan akal sehat kita. Kita tidak bisa menganalisa masalah dengan jernih, tapi hanya bertindak karena RUTINITAS saja.
Sering terdengar seorang pekerja berkata,”Dari pertama kali saya masuk kerja, caranya ya sudah begitu.” Padahal jika dia menerima cara yang baru, pekerjaaannya bisa di selesaikan dengan lebih EFEKTIF dan EFISIEN. Hanya gara-gara terkukung dengan TRADISI, ia menolak hal-hal yang baru, seperti :
1. Tradisi Tidak Ada Partsales
Banyak dealer, yang sekarang ini belum mempunyai orang yang khusus menjadi PARTSALES. Artinya orang ini akan keluar kantor untuk kanvas, mengadakan kunjungan ke partshop/customer secara rutin. Jadi bersifat aktif, tidak menunggu hanya di counter saja.
Pada awalnya, ketika HINO hanya menujal kategori 3 saja mungkin cukup tanpa seorang Partsales. Tetapi sekarang, engan memasarkan kategori 2, yaitu DUTRO , maka konsep organisasi juga perlu di ubah mengikuti trend bisnis yang ada.

2. Tradisi Gaptek (Gagap Teknologi)
Parts Manager Dealer harus paham dengan perkembangan teknologi seperti pembuatan laporan dengan microsof office semisal Excel, Word, dll. Sehingga bentuk laporan bulanan, surat menyurat sudah tidak menggunkan mesin ketik manual.
Pengetahuan tentang email, sebagai sarana untuk efisieni mengurangi biaya pemakaian telepon/fax. Bahkan HMSI sudah menerapkan DEALER CONNECT di seluruh dealer. Tidak ada yang sulit dalam pengoperasiannya, karena Dealer Connect di buat dengan tujuan User Friendly.

3. Tradisi hanya menjual parts untuk kat3 saja.
Perkembangan unit Dutro yang semakin pesat, perlu di tunjang dengan keberadaaan sparepartsnya. Ini merupakan PELUANG bagi dealer untuk mendapatkan profit karena belum banyak importir yang bermain di bisnis ini.

Bahkan HMSI sudah menyiapkan beberapa strategi seperti, One Price Policy, Discount Khusus, Free Delivery. Bahkam insentive yang lebih besar bagi dealer yang menjual spareparts Dutro dibandingkan kategori 3. Manfaatkan!

Para Parts Manager Dealer area Jawa-Bali yang budiman,
Bagaimana dengan Dealer Anda? Jangan sampai TRADISI memenjarakan dan mengukung carta berpikir kita. Selama penjara yang disebut TRADISI itu tidak diangkat dari pikiran kita, maka kita susah menerima hal-hal yang baru. Kalau kita susah menerima hal baru, maka kita pun sulit maju.

Oktober 2009
Harjono Swanopati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar