Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Selasa, 25 Agustus 2009

Agustus 2009, puncak pasar mobil



JAKARTA: Penjualan mobil baru pada Agustus diperkirakan mencatat angka tertinggi sepanjang 2009, melampaui posisi bulan sebelumnya yaitu 41.599 unit, dipicu oleh permintaan kendaraan multi purpose vehicle (MPV) yang terus menguat.
Pasar otomotif domestik yang bergairah terlihat dari kenaikan volume pemesanan kendaraan yang terus mengalir ke agen tunggal pemegang merek (ATPM) menjelang Lebaran.
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto mengatakan sampai pekan terakhir Agustus, permintaan kendaraan yang dilaporkan oleh jaringan diler Toyota masih terus mengalami peningkatan. Produk Toyota yang meraih permintaan cukup besar masih didominasi jenis MPV yaitu Avanza, Kijang Innova, selain Rush, Fortuner, dan Yaris.
“Agustus ini, surat pemesanan kendaraan [SPK] tinggi. Ada kenaikan sekitar 20%-30% dibandingkan dengan Juli. Untuk total pasar diperkirakan lebih tinggi dibandingkan dengan Juli, tetapi belum menembus 45.000 unit,” katanya Senin malam.
Joko menambahkan lonjakan permintaan yang cukup signifikan pun terjadi untuk model sedan Camry. Permintaan sedan medium Toyota yang diimpor dalam kondisi utuh (completely built-up/CBU) ini melambung 300%, dari sekitar 120 unit.
Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan peningkatan penjualan menjelang Lebaran sebenarnya merupakan tren musiman. Namun, tahun ini terjadi lonjakan permintaan cukup signifikan karena penjualan pada semester I rendah.
“Bulan ini lebih tinggi dari Juli. Selain hasil pameran IIMS, yang ikut mendorong adalah konsumen umumnya merealisasikan pembelian setelah menahan untuk membeli kendaraan pada semester I.”
Kendati tidak menyebutkan prediksi angka penjualan secara terperinci, Jonfis menegaskan kenaikan produksi yang dilakukan beberapa produsen seperti Toyota, Daihatsu dan Honda tentu memicu peningkatan pasar mobil Agustus.
“Kami naikkan produksi jadi 4.000-an unit, melihat kemampuan perusahaan dan tetap jaga kualitas produk.”
Sementara itu, TAM berusaha memacu produksi mencapai 18.000 unit pada bulan ini, kendati hanya naik tipis dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 17.755 unit.
"Produksi pada September-Oktober tidak bisa berubah cukup tinggi. Untuk periode November-Desember saat ini kami meminta tambahan produksi ke pabrik,” ungkap Joko.
Joko mengakui penguatan permintaan oleh konsumen mulai dirasakan pada minggu terakhir Juli. Sentimen positif yang diduga mendorong kondisi tersebut adalah kepastian hasil pemilu presiden.
Sesuai dengan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan mobil nasional secara wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) pada Juli 41.599 unit, lebih rendah dibandingkan dengan penjualan ritel (distribusi dari diler ke konsumen) 43.334 unit.

Oleh Siti Munawaroh Bisnis Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar