Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Selasa, 22 September 2020

Mengenal Sasis Hino RG yang Terkenal Kencang

Sasis dari merek Jepang, Hino memang banyak digunakan oleh perusahaan otobus (PO) di Indonesia. Saat ini, sasis bus bermesin belakang, Hino RK8 R260 tercatat menjadi salah satu favorit operator.

Namun yang akan dibahas sekarang bukan lah Hino RK8, melainkan kakaknya, yaitu Hino RG yang terkenal sebagai sasis balap pada zamannya. Julukan sasis balap ini dikarenakan Hino RG yang memang terkenal kencang di trek lurus.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, bus dengan sasis Hino RG memang memiliki tarikan yang lumayan kencang, serta kecepatan puncak yang cukup tinggi.

"Top speednya cukup lumayan untuk zamannya, kecepatannya bisa dapat di atas 100 kpj," ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Sasis Hino RG yang masuk di Indonesia ada tiga model, RG2H pada tahun 1994-1995, RG1JN short wheel base di tahun 1996-2004 dan RG1JN long wheel base tahun 1996-2006. Untuk RG2H memiliki 222 tenaga kuda dan RG1JN memiliki tenaga yang lebih besar, yaitu 237 TK.

Selain kecepatan di trek lurus yang tinggi, Hino RG juga memiliki bantingan suspensi yang nyaman, padahal masih mengandalkan per daun. Malah kenyamanannya hampir menyamai Mercedes Benz OH 1521 atau Kuler yang terkenal nyaman.

"Kenyamanannya disebabkan oleh per daunnya yang panjang," kata Dimas.

Produksi sasis Hino RG dihentikan pada tahun 2007 dan digantikan dengan Hino RK8 R260. Dimas mengatakan, pada masa peralihan tersebut, masih banyak orang yang menyukai sasis Hino RG dibanding RK8.

"Awal-awal pas peralihan, banyak yang malah mencari RG dibanding RK8. Pas awal keluar, sasis RK8 lebih keras suspensinya kalau dibandingkan dengan RG," kata dia.

Dimas mengatakan, saat ini sudah tidak begitu banyak PO yang memakai sasis Hino RG, kebanyakan sudah dijual yang umurnya sudah tua. Saat ini yang masih menggunakan sasis RG paling di Jawa Timur, PO Akas.

"Dahulu hampir semua PO besar punya sasis Hino RG, kecuali yang fanatik dengan Mercy, dia lebih memilih OH 1521 Kuler," ucapnya.

#bus #bushino #hino #busmania #rg #akas #hargabus #kencang #aman #nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar