Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Selasa, 12 Januari 2010

Toyota Incar 20% Pasar Truk Ringan

12/01/2010 14:59:56 WIB

JAKARTA, INVESTOR DAILY
PT Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota, mengincar 20% pasar truk ringan (kategori II) pada 2010 seiring dilepasnya lima varian baru Toyota Dyna. Pada 2009, Toyota menguasai 17% pasar truk ringan dengan volume penjualan 7.800 unit (ritel).

"Dyna terbaru adalah major change dengan banyak variasi dan bisa diberi tambahan AC. Kami harap pemerintah bisa pacu infrastruktur sehingga pasar kendaraan komersial dapat bergairah," ujar Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan di sela peluncuran New Dyna di Jakarta, Senin (11/1).

Johnny menjelaskan, pasar mobil domestik tahun ini diperkirakan mampu meningkat didorong stabilnya kondisi perekonomian. Ini terlihat dari rendahnya inflasi, suku bunga dan stabilnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Berdasarkan hitungan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar mobil diperkirakan naik 15% menjadi 550 ribu unit pada tahun ini.

Menurut Johnny, dari tren penjualan pada tahun sebelumnya, pasar kendaraan komersial langsung melejit begitu perekonomian membaik. Atas dasar ini TAM memutuskan melepas Dyna baru. "Ini merupakan langkah untuk memperkuat posisi kami di pasar kendaraan komersial," ujarnya.

Johnny meyakini Toyota mampu bersaing secara sehat dengan Hino yang menjamah segmen ini lewat Dutro. Seperti diberitakan, Dyna dan Dutro adalah truk yang memiliki kesamaan platform. Dua kendaraan ini dirakit di pabrik PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) di kawasan Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas 35 ribu unit.

Sebelumnya perakitan dua truk ini dilakukan di pabrik PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN). Hino dan Toyota kini berada dalam satu grup dalam bendera Toyota Motor Corp.

"Kalau Hino saat ini lebih banyak menyasar ke segmen heavy truck. Makanya mereka di posisi ketiga sedangkan kami di posisi kedua setelah Mitsubishi. Kami akan utamakan aftersales kepada konsumen karena kami bukan hanya jual mobil, tapi juga menjamin layanan servis," jelasnya.

Mitsubishi lewat Colt Diesel menguasai sekitar 57% pasar truk ringan per November 2009. Sedangkan Isuzu berada di peringkat tiga dengan pangsa pasar 13,5%. Adapun Hino menduduki posisi keempat dengan pangsa pasar 8,2%.


Jaringan Penjualan


Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto menjelaskan, TAM akan mengoptimalkan jaringan penjualan yang sudah tersebar ke seluruh pelosok Tanah Air. "Saya yakin Dyna baru cukup kompetitif dan bisa bersaing," tegasnya.

Joko menerangkan, porsi kendaraan komersial terhadap total pasar dapat mencapai 30-32% saat perekonomian membaik. Dengan demikian total pasar kendaraan komersial tahun ini diprediksi mencapai 165 ribu unit. Sedangkan prosi truk ringan tahun ini dapat mencapai 14% dari tahun lalu sebesar 11%.

Toyota Dyna hadir dalam lima tipe yakni 130 HT, 130XT, 110 ET, 110 FT, dan 110 ST. Dyna dilepas di rentang harga Rp 181,15-237,35 juta.

Toyota adalah pemimpin pasar mobil domestik dengan penjualan 186.687 unit (wholesales). Pangsa pasar tercatat mencapai 38,4%. Tahun ini Toyota menargetkan dapat meraup 36-37% pasar mobil nasional.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar