Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Rabu, 18 November 2009

Mobil-mobil TERLARIS 2009

Jumat, 13 November 2009 06.41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil dan kendaraan komersial secara ritel – dari dealer ke pemakai - selama Oktober 2009, berdasarkan data terakhir yang diterima KOMPAS.com mencapai 48.921 unit. Dengan ini pula, total penjualan ritel selama 10 bulan 2009 telah mencapai 390.879 unit.
Dengan prestasi tersebut, perkiraan para anggota GAIKINDO bahwa penjualan mobil pada tahun ini berkisar 470.000 unit, akan tercapai. Pasalnya, sisa dua bulan, para pelaku cukup hanya menjual 80.000 unit atau setiap bulannya 40.000 unit.


Karena hari kerja Desember lebih sedikit, tampaknya pada November ini, ATPM bersama distributornya akan mengenjot penjualan untuk mencapai target tersebut. Ini bisa dilihat penjualan dari ATPM ke dealer pada bulan lalu mencapai 52.241 unit.

MPV. MPV (multi purpose vehicle) - mobil dengan postur dua box - menguasai pasar Indonesia. Selama Oktober, penjualannya mencapai 23.755 unit atau 48,6 persen. Dibandingkan bulan sebelumnya, terjadi kenaikkan hampir 30 persen atau 18.285 unit. Pencapai tersebut merupakan yang tertinggi selama 10 bulan terakhir. Penjualan yang tinggi lainnya dicapai pada Agustus, 23.359 unit.
Selama 2009 (10 bulan), kategori ini telah mencapai penjualan 188.244 unit. Tahun lalu total penjualan MPV 239.478 unit atau menguasai pangsa sekitar 40 persen.

Komersial.
Sementara itu, untuk komersial penjualan ritel telah mencapai 103.362 unit atau 26,4 persen pada 2009. Selama Oktober, penjualan kendaraan komersial mencapai 13.275 unit. Ini juga merupakan penjualan tertinggi selama 2009.
Dibandingkan bulan sebelumnya, terjadi kenaikkan yang cukup tinggi, yaitu dari 8.364 unit. "Biasa lebaran turun, namun itu paling cepat pulih," jelas Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, yang menguasai pasar komersial, terutama untuk kategori truk ringan.
Terlaris. Dari model, selama Oktober, posisisi Avanza sebagai kendaraan penumpang terlaris tak tergoyahkan. Avanza yang terdiri dari beberapa tipe dengan perbedaan pada kapasitas mesin, total penjualannya mencapai 9.886 unit. Komposisinya, Avanza bermesin 1,3 liter terjual 8.283 unit dan mesin 1,5 liter, 1.603 unit.
Tentang hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto menjelaskan, masih besarnya permintaan terhadap MPV mencerminkan karakteristik kebutuhan konsumen Indonesia.
"Konsumen Indonesia masih membutuhkan kendaraan dengan daya muat banyak dan nilai jual kembalinya tinggi. Avanza memenuhi kebutuhan khas Indonesia tersebut," terang Joko.
Toyota Avanza menikmat hampir 20 persen pangsa pasar dari seluruh penjualan kendaraan penumpang dan komersial di Indonesia. Untuk periode 2009, total pangsa pasar yang dinikmati Avanza adalah 21 persen. Berarti, akhir-akhir terlihat pangsa pasar Avanza mulai digerogoti.
Nah, kalau digabungkan dengan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia, pangsa pasar keduanya 28,7 persen. Sedangkan total untuk 2009 atau 29.5 persen. Ini juga memperlihatkan trend penurunan.
Toyota maupun Daihatsu ingin mempertahankan dominasi dengan rencana peluncuran Avanza dan Xenia bermesin 1,3 liter transmisi otomatik bulan ini juga.

10 model pada "Oktober 2009"
No. Merek Unit
1. Toyota Avanza 9.886
2. Daihatsu Xenia 4.167
3. Kijang Innova 4.137
4. Honda Jazz 1.560
5. Toyota Rush 1.346
6. Suzuki APV 1.117
7. Daihatsu Terios 1.116
8. Honda Freed 985
9. Honda CR-V 916
10. Toyota Yaris 907


10 model terlaris 2009
No. Merek Unit
1. Toyota Avanza 82.742
2. Daihatsu Xenia 32.659
3. Kijang Innova 29.197
4. Honda Jazz 12.832
5. Toyota Rush 10.534
6. Suzuki APV 10.081
7. Daihatsu Terios 9.870
8. Honda CR-V 8.436
9. Nissan Grand Livina 7.132
10. Toyota Yaris 6.285


Tidak ada komentar:

Posting Komentar