Untuk menarik konsumen - khususnya pemilik armada truk - PT Michelin Indonesia membandingkan untung rugi menggunakan ban bias dengan radial, khusus dari aspek konsumsi bahan bakar.
Dua unit truk Hino Dutro digunakan sebagai sarana penguji di jalan tol Jagorawi, Bogor, Jawa Barat.Kedua truk menggunakan ban bias dan Michelin Agilis (radial). Area pengetesan ruas jalan tol Sentul-Bogor dengan jarak tempuh 60 km/jam. Kedua truk harus membawa bobot yang sama.
Dua unit truk Hino Dutro digunakan sebagai sarana penguji di jalan tol Jagorawi, Bogor, Jawa Barat.Kedua truk menggunakan ban bias dan Michelin Agilis (radial). Area pengetesan ruas jalan tol Sentul-Bogor dengan jarak tempuh 60 km/jam. Kedua truk harus membawa bobot yang sama.
Cara menghitung konsumi bahan bakar, tangki diisi dari penuh dan dipenuhi lagi (full to full). “Kami berusaha agar kondisi kedua truk sama, mulai dari bobot dan teknik mengemudi. Kami melatih pengemudi sebelumnya. Hasilnya terbukti," jelas Alfons Abikaryono, Customer Engineering Support-Truck & Bus Tires Michelin Indonesia. Hasilnya, Michelin mengklaim, bila menggunakan ban radial, konsumsi bahan bakar lebih irit 7 persen.
Jean Charles Simon, Presiden Direktur Michelin Indonesia menambahkan, truk dan bus yang menggunakan ban radial juga lebih aman, lama dan ramah lingkungan. "Dengan menggunakan ban radial, usaha menjadi lebih kompetitif dan efisien," tutup Jean.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar