![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhad7mye74Jd6cWvU4Bz07UpQfZ1E3hS_DPNZUwcUhcgNVWM8BRYSJn6ayexErQQWvWeJva-ipYAjtJy4viR0V7hfYvfSHMeiYY5fUuttMOE1H0nnUSGvGljY9q29qnOMKsXTj533FLe70d/s320/Raymond+Kroc.jpg)
Kliennya bercerita bahwa di San Bernardino, ada restoran yang menggunakan mesin untuk mencampur empat puluh gelas susu secara bersamaan. Pada hal, restoran lain hanya mampu untuk mencampur lima gelas susu. Kemudian Kroc pergi ke San Bernardino untuk melihat restoran tersebut. Sesampainya di dua gerbang lengkung keemasan restoran yang gemerlapan, yang menerangi langit di senjakala, dan melihat antrian orang-orang yang berkelok-kelok seperti ular di luar restoran yang berbentuk segi delapan.
Melalui dinding bangunan yang seluruhnya terbuat dari kaca, Kroc melihat para karyawan pria yang memakai topi kertas dan seragam putih, sibuk di rest
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHVainlkVg2F3EilvOzJElCRWYjdFys_BppgR6pyVq-QVNZwW263-N0ZW9BqW1axGdJOqiBySaVmbTiWpuIbHtwuAzcSbbbEgz0Oph85wCXlN9hLAcO8RFf3cc2RNrYDT186jggdM2mwpZ/s320/RonaldMcDonald.jpg)
Kroc merasa yakin bahwa operasi kakak-beradik McDonald bisa sukses sekali kalau diperluas. Maka pada hari berikutnya, dia mengajukan usul kepada McDonald bersaudara. Kakak-beradik ini berkeberatan, karena sudah menjual waralaba di Phoenix dan Sacramento dengan harga murah dan tidak mendapat keuntungan besar. Tetapi Kroc adalah penjual veteran dengan pengalaman tiga puluh tahun, maka Kroc akhirnya mampu meyakinkan McDonald bersaudara untuk menjual waralabanya dengan harga rendah, yaitu 950 dolar. Sebagai imbalan, McDonald bersaudara akan mendapatkan 1,4 % dari semua penjualan dan mengembalikan 0,5 %. Dengan persetujuan di tangan, Kroc mulai memenuhi mimpinya tentang restoran McDonald yang meledak dari pantai ke pantai. Dia memulai dengan membangun mata rantai pertama kerjasama restoran ini dengan membuah sebuah model di Des Plaines, Illinois, di luar kota Chicago, yang menggunakan strategi harga rendah yang sama, menu terbatas dan pelayanan cepat seperti restoran di San Bernardino. Ini merupakan tonggak awal kesuksesan McDonald Corporation, yang idenya diperoleh ketika Raymond Kroc bepergian.
Sampai pada tahun 2004, McDonald’s memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 50.000.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1.700 orang.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgiJ0Gs1SpPIw78nutDGqUk6Z6k94jayRl7i3Q39TT5Ct_-ljyXrpgAiK4PR_raMngu0QBteHlOvfTbPEA_cocEQjIcDnMdgGUnEuqcxf1xq3li6Uq5FBh2ONBGgUzgWN8Ssr4CekBmNmF/s320/images.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar