Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Senin, 28 Maret 2016

Audit dealer untuk jaga kualitas layanan dealer

Hino rutin melajukan Audit di dealer untuk memastikan standar layanan prima.

Audit th 2016 berbeda dengan tahun lalu. Th 2016 lebih menitikberatkan di proses SOP.

Setiap proses layanan akan di cek dan dealer harus bisa berikan dokumen yg diperlukan. Hal ini untuk memastikan SOP dijalankan.

Dengan SOP maka customer akan mendapat layanan sesuai dengan standar Hino.

Hanya Hino yang selalu menjamin layanan prima di setiap dealer.

Hino diminta beri pelatihan di PPKD

Pusat Pelatihan Kerja Daerah mengunjungi Hino Training Center untuk terus beri latihan kepada para siswa.

Kerjasama dimulai th 2015 ketika pak gubernur DKI minta Hino bantu untuk mendidik siswa di PPKD. Hal ini untuk mem beri bekal kepada siswa agar siap kerja.

Bahkan 2 siswa dari PPKD bisa ikut training di Hino melalui program HTMT yaitu pelatihan bagi calon mekanik di dealer Hino. Ini menunjukkan kualitas siswa PPKD juga sangat baik.

Hino terus berkomitmen utk mensupport pembinaan siswa di PPKD untuk mencerdaskan generasi muda.


Sabtu, 26 Maret 2016

Game "Kursi Terakhir"

Masa paling menyenangkan adalah masa muda. Banyak kenangan karena pada masa itu kita bisa lepas tertawa...bercanda dan bermain.

Hino Training Center mengembangkan konsep pelatihan dengan memasukkan "game" atau permainan.

Peserta akhirnya tidak akan merasa bosan selama mengikuti training di Hino Training Center. Bergembira bersama rekan-rekan...dan juga menjaga kebersamaan sebagai Hino Family walupun dari dealer-dealer yang berbeda.

Dalam game "Kursi Terakhir" peserta akam diwakili oleh 2 orang dan akan berebut kursi. Awalnya mereka akan berjoget diiringi oleh musik. Ketika musik berhenti, maka peserta harus berebut mendapatkan kursi. Bagi yang tidak mendapatkan kursi, maka akan tereliminasi.

Makna dari game ini adalah:
1. Dalam dunia bisnis selalu ada PERSAINGAN. Kita dituntut untuk selalu SIAP untuk memenangkannya.
2. Untuk menjadi PEMENANG maka kita harus bisa selalu FOKUS pada setiap perubahan.
3. Menanamkan jiwa untuk selalu BERTARUNG sampai akhir dalam kondisi apapun untuk memenangkan persaingan.

Hino Training Center akan menjadi pusat pelatihan yang akan mencetak SDM berkualitas dengan jiwa PEMENANG.

Senin, 14 Maret 2016

Hino untuk Trans Padang mulai beroperasi



Pemerintah Kota Padang memastikan tambahan armada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Padang sebanyak 10 unit tahun ini untuk memaksimalkan moda transportasi umum di daerah itu.
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, keamanan dan kenyamanan penumpang merupakan prioritas layanan pemda melalui moda transportasi umum di kota wisata tersebut.

"Kami prioritaskan keamanan dan kenyamanannya, sehingga layanan transportasi Trans Padang makin diminati masyarakat. Tahun ini ada tambahan 10 unit armada baru lagi," katanya, belum lama ini.

Dengan tambahan jumlah tersebut, maka total armada Trans Padang mencapai 25 unit. Saat ini Trans Padang baru mengoperasikan 15 unit armada yang melayani angkutan umum di koridor I rute Pusat Kota – Lubuk Buaya sepanjang 19 km.

Pemerintah setempat menargetkan sampai 2019 sebanyak enam koridor Trans Padang sudah bisa operasikan seluruhnya.
Rudi Rinaldi, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Padang memperkirakan kebutuhan Trans Padang untuk enam koridor mencapai 250 unit.
"Animo masyarakat cukup bagus, selalu terisi penuh. Untuk koridor I saja kebutuhannya kira-kira 36 armada."

Dalam waktu dekat pemerintah setempat akan mengoperasikan secara permanen koridor II dan III. Untuk koridor II menempuh jarak 15 km rute Pusat Kota – Bungus, koridor III rute Pusat Kota – Air Pacah (kantor Walikota) sepanjang 18 km.

Selain itu, rute lainnya yang akan dikembangkan adalah koridor IV rute Bandara Minangkabau – Teluk Bayur sepanjang 26 km, koridor V rute Pusat Kota – Indarung sepanjang 17 km, dan koridor VI rute Pusat Kota – Limau Manis sepanjang 15 km.

Pemerintah setempat juga mengembangkan sistem pembayaran nontunai untuk Trans Padang menggunakan kartu Brizzi bekerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Sistem e-ticketing diyakini akan memudahkan masyarakat karena tidak harus menyiapkan uang receh untuk pembayaran ongkos Trans Padang.

"Sistemnya nontunai, cukup dengan kartu Brizzi sudah bisa bayar, sangat gampang dan memudahkan masyarakat."

Tidak hanya pembayaran Trans Padang, sejumlah lokasi parkir di wilayahnya juga akan akan menerapkan model pembayaran serupa, begitu pula dengan restoran-restoran di lokasi wisata.

Apresiasi Pelanggan Loyalnya di Pulau Sumatera, HMSI Gelar 'Hino Night' di Kota Bandar Lampung

  Selain di Pulau Jawa, Hino juga sukses menjadi market leader di pasar luar Jawa, seperti Pulau Sumatera dengan pencapaian market share total 65,4 persen di truk kelas medium duty.
Sebagai ucapan terima kasih ke pelanggan loyalnya, Hino pun menggelar malam apresiasi bertajuk 'Hino Night', ajang spesial yang khusus ditujukan kepada pelanggan di wilayah ini.
'Hino Night' dihadiri pimpinan teras PT HinoMotors Sales Indonesia (HMSI) seperti Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI; Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, dan Sugianto Azis, owner PT Persada Lampung Raya, dealer Hino di Bandar Lampung.
"Keberhasilan Hino menjadi market leader di Lampung tak lepas dari kepuasan pelanggan yang telah mempercayakan kepada Hino sebagai armada pilihan untuk mendukung aktivitas bisnis mereka lebih mudah," kata Santiko dalam keterangan persnya.

Menurut Santiko, HMSI rutin menyelenggarakan Hino Night setiap tahunnya. Di acara ini HMSI mengajak customer loyalnya berkumpul untuk mempererat hubungan kedua pihak sekaligus sebagai ajang sharing informasi antar-para pelaku bisnis,
"HMSI dan dealer siap menerima masukan dari para customer yang tentunya bermanfaat untuk menyediakan kendaran niaga yang lebih baik lagi kedepannya," kata Santiko.

"Kami selalu mendekatkan diri dengan customer, mendengar kebutuhan mereka dan memastikan customer mengerti bahwa kami akan selalu siap melayani kebutuhan mereka dalam kendaraan niaga. Ini salah satu bentuk Total Support Hino kepada customernya" imbuh Hiroo Kayanoki.
Di Hino Night di Bandar Lampung, HMSI juga mensosialisasikan layanan serta produknya, seperti Hino Dutro di kelas light duty truck dan New Generation Ranger di kelas medium duty truck. Masing- masing kategori dirancang khusus untuk menyesuaikan berbagai jenis kebutuhan dan usaha customer.
"Program ini diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan Hino dan akan terus berlanjut ke depannya. Tentunya ini semua untuk memperkuat market share kami yang tahun lalu mencapai 65,4 persen di kelas medium duty dan 12,3 persen di kelas light duty," ungkap Santiko.
"Di tahun ini kita targetkan dapat meraih 20 persen market share untuk kelas light duty truck dan mempertahankan market share untuk segmen medium," lanjut Santiko Wardoyo.

Bus Sekolah Hino Dutro 130 MDBL untuk SMK Mataram di Semarang



Hino mendonasikan satu unit bus mediom Hino Dutro 130 MDBL untuk SMK Mataram Semarang untuk dioperasikan sebagai bus sekolah.

Serah terima bus ini dilaksanakan di SMK Mataram Semarang dan dihadiri Presiden Direktur PT Hino Motors Sales IndonesiaHiroo Kayanoki dan J. Ralhan, Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia.

Acara dihadiri juga Walikota Semarang Hendrar Prihadi, S.E., M.M. serta jajarannya serta Dr. Ir. Gunadi Sindhuwinata, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Mataram dan tim Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia.


Sabtu, 12 Maret 2016

Hino akan hadir di GIASS 2016 pd 11-21 Agustus 2016


Total 33 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) telah resmi menyatakan keikutsertaannya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show yang akan digelar 11 – 21 Agustus 2016. Dari daftar peserta yang dibeberkan Gaikindo, terlihat ada beberapa merek baru termasuk yang mengundurkan diri.

Tim Garansindo yang sebelumnya memutuskan tidak ikut pada GIIAS 2015 kini menerjunkan tiga merek, yaitu Dodge, Fiat, dan Jeep. Merek Korea Selatan, Kia, juga memutuskan untuk ikut pameran otomotif yang akan digelar di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), di kawasan BSD City, Tangerang ini.

Wulling, merek baru asal China yang berinvestasi mendirikan pabrik di dalam negeri untuk pertama kalinya bakal ikut pameran otomotif. Merek China lainnya Dongfeng Sokon Motor (DFSK) juga melakukan hal yang sama melalui segmen mobil komersial.

Peserta lainnya di segmen mobil penumpang adalah Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Peserta dari segmen komersial yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck.

Ketua Penyelenggara GIIAS 2016 Johnny Darmawan menjelaskan seluruh peserta ikut dalam gelombang pendaftaran pertama. Jadi masih ada kemungkinan beberapa merek akan menyusul menyatakan ikut serta.

Dua merek yang disebut masih menunggu keputusan yakni Dyna dan Iveco. Gaikindo mengatakan Ford Motor Indonesia sudah melayangkan surat resmi pengunduran diri dari GIIAS 2016.

Tahun lalu, GIIAS digelar bersamaan dengan waktu penyelenggaraan Indonesia International Motor Show. Hal ini sempat menimbulkan dilema di kalangan ATPM karena ikut dua pameran bersamaan berarti butuh dua kali biaya dan sumber daya manusia.

Tahun ini para ATPM lebih leluasa sebab IIMS digelar pada 7 – 17 April 2016 sedangkan GIIAS tepat pada saat hari Kemerdekaan Indonesia.   

Kamis, 10 Maret 2016

Hino Bidik Kenaikan Penjualan 10 Persen



Pasar otomotif di Indonesia pada tahun ini memang diprediksi akan stagnan. Namun, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) cukup optimistis penjualan kendaraannya di segmen truk dan bus akan meningkat. Karenanya, Hino berani memasang target peningkatan penjualan sekitar 10 persen.

"Targetnya bisa menjual 25.300 unit, naik 10 persen dibandingkan tahun 2015. Untuk segmen medium duty truck, targetnya bisa menguasai 65 persen pangsa pasar. Lalu di segmen light duty truck menguasai 20 persen pangsa pasar," ujar Direktur Sales dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo di acara Media Gathering Hino, di Jakarta.

Untuk mencapainya, Hino berencana memperluas jaringan penjualan hingga lebih dari 170 outlet di tahun 2016. Hingga akhir 2015, sudah ada 164 jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data penjualan secara retail sales yang dikeluarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar kendaraan komersial nasional untuk medium duty truck sepanjang 2015 sebanyak 17.605 unit, turun 27 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meskipun pasar kendaraan komersial menurun, perolehan pangsa pasar Hino justru mengalami kenaikan dengan menguasai 62 persen pangsa pasar atau setara dengan 10.856 unit, dibandingkan tahun 2014 yang memperoleh 60,3 persen.

Hal serupa juga terjadi di segmen light duty truck, di mana produk Hino Dutro yang menjadi unggulan di segmen ini berhasil meraih market share 17,25 persen dengan penjualan 11.158 unit, naik satu persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hino FC tipe bus sedang dengan kapasitas 40 tempat duduk



Untuk melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya terdapat bus besar dengan kapasitas 59 tempat duduk dan bus kecil dengan kapasitas 30 tempat duduk, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah menghadirkan FC 190 Bus yang memiliki kapasitas 40 tempat duduk.

Direktur Sales dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo menjelaskan, FC Bus memang dihadirkan Hino guna memenuhi kebutuhan di segmen bus sedang. Karena selama ini kapasitas tempat duduk di bus besar jarang sekali terisi penuh, sehingga biaya yang harus dikeluarkan menjadi tidak sebanding.

"FC bus memang kita desain berada di tengah-tengah bus besar dan kecil untuk melayani jarak yang radiusnya sekitar 100 km. Kalau bus besar kan ngetam-nya lama, nunggu sampai 59 penumpang. Tapi kalau FC Bus tidak akan lama karena hanya memiliki kapasitas 40 tempat duduk. Dengan engine yang tidak terlalu besar, tentunya jadi lebih efisien bahan bakar," ujar Santiko Wardoyo, di acara Media Gathering Hino, di Jakarta, baru-baru ini.

Hino FC Bus didukung mesin sistem Common Rail 4 silinder. Bus ini mampu menghasilkan tenaga 190 PS dengan torsi maksimum 56kgm, serta dilengkapi Turbo Charger Intercooler. Kendaraan ini menurutnya juga sangat cocok untuk industri pariwisata, mengingat kondisi jalanan di tempat-tempat pariwisata di Indonesia belum begitu baik, sehingga bisa menyulitkan apabila memakai bus besar.

Untuk bus barunya ini, HMSI tak memasang target terlalu tinggi, mengingat selama ini kendaraan di segmen bus hanya memberi kontribusi sekitar 8 persen dari total penjualan Hino. "Untuk FC Bus, karena ini model baru, kita proyeksikan penjualannya sekitar 20 unit per bulan," kata Santiko Wardoyo.

Untuk mencapai target tersebut, HMSI juga menggelar program FC Bus Road Show di Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bandung. Kegiatan ini menghadirkan para pengusaha Otobus yang menjadi konsumen loyal Hino.

Untuk informasi detil, hubungi dealer Hino terdekat.

Rabu, 09 Maret 2016

Pangsa pasar Hino terus menjulang



Kendati pasar retail kendaraan komersial untuk kelas medium duty truck mengalami penurunan 27 persen secara nasional selama 2015, akan berbanding terbalik dengan apa yang dicapai PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Agen pemegang merek (APM) Hino itu malah mendapatkan hasil penjualan gemilang.

Selama 2015 HMSI sukses menjual retail sales (penjualan langsung ke konsumen) kelas medium duty truck mencapai 10.856 unit dengan meraup market share sebanyak 62 persen.

Sementara secara nasional penjualan secara retail, pasar kendaraan komersial nasional untuk kelas medium duty truck hanya sebanyak 17.605 unit.

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki menuturkan pasar kendaraan komersial tengah mengalami penurunan. Bahkan saat ini penjualan di sektor truk tambang turun drastis karena lesunya industri pertambangan di Indonesia.

Namun, perolehan pangsa pasar Hino justru mengalami kenaikan. Ini memperkuat posisi Hino sebagai market leader di segmen ini sejak tahun 2000 atau selama 16 tahun berturut turut.

"Hino selalu memberikan total support kepada para customer untuk membantu mereka menjalankan bisnis lebih mudah. Sehingga kami memperoleh kepercayaan yang lebih dari para customer. Market share kami pun tetap meningkat walaupun pasar kendaraan komersil menurun" ungkap dia dalam media gathering.

Hal serupa juga terjadi untuk segmen light duty truck, Hino Dutro berhasil terus tumbuh dari tahun 2014 yang tercatat sebesar 16 market share.

 

Truk bekas import vs Truk baru

Peraturan Menteri Perdagangan No 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru mulai berlaku pada Januari 2016. Hal tersebut membuat impor langsung truk bekas ke Tanah Air telah diperbolehkan.

Kebijakan tersebut ternyata mendapatkan banyak tanggapan negatif dari para perusahaan otomotif di segmen truk. Salah satunya datang dari Direktur Penjualan dan Promosi Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo.

Santiko mengungkapkan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian saat ini tengah mendorong produsen mobil untuk berinvestasi mendirikan pabrik, di sisi lain Kementerian Perdagangan justru membuka kebijakan impor truk bekas.

"Kita sudah melakukan investasi besar di Indonesia. Hal ini adalah hal yang harus kita bicarakan kembali. Kementerian Industri harus memproteksi kami," ungkapnya saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta.

Selain itu, Santiko mengakui pihaknya memiliki kekhawatiran penurunan penjualan akibat kebijakan tersebut. "Kekhawatiran pasti ada, sebelumnya hal ini pernah terjadi juga di 2001 sampai 2006. Setelah hal tersebut terhenti, penjualan tentu saja meningkat," tambahnya.

Konsumen Indonesia dihimbau oleh agen pemegang merek (APM) Hino di Indonesia untuk lebih bijak dalam memilih kendaraan yang akan digunakan.

"Kalau kendaraan seperti itu kita engga tahu siapa yang bertanggung jawab, bagaimana after salesnya, spare part-nya, perawatannya, bahkan safety-nya. Ingat ya truk itu berbeda dengan mobil biasa dalam segi purna jualnya," kata Santiko.

Selasa, 08 Maret 2016

Pasar Hino tumbuh 20%



PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bertekad menjual lebih banyak lagi truk dan bus di pasar Indonesia sepanjang 2016 ini di tengah permintaan pasar yang lesu akibat perlambatan ekonomi global yang berimbas pada perekonomian Indonesia.

Di truk kategori III (medium duty) yang diisi oleh segmen truk New Ranger, termasuk bus besar, HMSI tahun ini bertekad bisa menjual 12.500 unit.

Sementara, di truk kategori II (light duty) yang diisi truk Hino Dutro dan bus medium, HMSI bertekad bisa menjual 12.800 unit. Total target penjualan di 2016 mencapai 26.300 unit.

"Kita proyeksikan tahun ini bisa menjual 26.300 unit truk dan bus Hino atau naik 10 persen dari pencapaian penjualan kita di 2015 lalu," kata Santiko Wardoyo, Director Sales & Marketing PT HMSI di media gathering Hino di Jakarta.

Santiko menjelaskan, pasar truk di sektor tambang yang selama ini menjadi tumpuan Hino Indonesia mendulang penjualan memang sedang lesu, setelah harga komoditi batubara anjlok di 2013 yang kemudian berlanjut di 2014 dan 2015. Di sektor ini, Hino sangat mengandalkan penjualan dump truck 6x4 Hino Ranger.

Karena permintaan di sektor ini lesu, Hino kini serius menggarap pasar truk untuk kebutuhan sektor konstruksi dan infrastruktur seperti properti, jalan dan jembatan, pelabuhan dan lain-lain. HMSI juga menggarap pasar truk on road untuk kebutuhan angkutan kargo dan logistik.

"Permintaan truk 6x4 jenis dump truck saat ini lebih banyak berasal dari sektor infrastruktur, antara lain untuk angkutan pasir dan batu. Ada juga sebagian kecil untuk memenuhi kebutuhan internal komoditi terkait produk tambang. Misalnya, untuk kebutuhan pengangkutan batubara di power plant (pembangkit listrik) yang menggunakan bahan bakar batubara," kata Santiko.

Mengutip data Gaikindo, Santiko menyebutkan, sepanjang 2015, data penjualan ritel truk medium duty nasional mencapai 17.605 unit, atau turun cukup tajam hinga minus 27 persen jika dibandingkan realisasi penjualan truk medium duty di 2014.

Meski permintaan pasar turun, market share Hino di truk segmen ini naik 62 persen, setara dengan 10.856 unit, atau naik 1,7 persen jika dibandingkan market share Hino di 2014 di pasar truk segmen yang sama.


Sabtu, 05 Maret 2016

Komitment untuk lakukan Kaizen

Kaizen merupakan daily activity di setiap dealer Hino. Tujuannya agar proses bisa jadi lebih efisien, mengurangi waktu tunggu, proses menjadi lebih cepat, dll.

Hino Training Center sebagai wadah untuk pembekalan SDM dealer juga memberikan pelatihan tentang pentingnya Kaizen di gudang.

Rata-rata ada sekitar 1.000 item spare parts di tiap dealer Hino. Bayangkan jika gudang tidak ditata dengan baik. 

Berapa lama proses pengambilan spare parts? Kecepatan pengambilan parts menjadi sangat penting karena tanpa spare parts maka proses perbaikan di bengkel tidak bisa dilakukan.

Untuk itu, Warehouse Management menjadi begitu penting. Bagaimana mengatur atau menyimpan spare parts yg efisien. Sehingga pengambilan parts menjadi lebih cepat dan benar.

Dalan training Warehouse Level-1 atau Basic para peserta akan dididik tentang pentingnya gudang. Peran gudang sebagai tempat menyimpan aset perusahaan dan yang tak kalah pentingnya adalah Kaizen.

Sekembalinya peserta training ke dealer maka mereka akan menerapkan Kaizen. Setiap laporan Kaizen akan dimonitor oleh PT HMSI sehingga evaluasi langsung di monitor.

Mari kita terus lakukan Kaizen untuk proses layanan yang makin cepat...


Sent from Samsung Mobile.

Jumat, 04 Maret 2016

Nasional Service Campaign untuk pelanggan Hino

Beli  Hino nggak pusing lagi dengan Service karena PT HMSI kembali beri program Layanan Total Support terbaru yaitu NASIONAL SERVICE CAMPAIGN.

Apa itu National Service Campaign?

National Service Campaign adalah program Service Campaign yang berlaku secara national, mendapatkan diskon jasa dan spare parts yang sama di dealer Hino seluruh Indonesia.

Apa ketentuan National Serbice Campaign?

1. Service dilakukan di dealer Hino

2. Ada 18 pilihan paket Service di 6 grup bagian kendaraan (Brake System / Electrical / Steering System / Engine Overhaul / Transmission Overhaul / Clutch Overhaul)

3. Diskon Spare Parts 50% (tetap) selama 1 tahun

4. Diskon Jasa hingga 20% selama 1 tahun

5. Berlaku di seluruh Indonesia

6.Periode Campign : 1April 2016 ~ 31 Maret 2017

Manfaatkan selalu program - program layanan Purnajual Program Total Support Hino.