Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Rabu, 26 Februari 2014

Hino Dutro warna kuning

Hino identik dengan warna hijau. Yang ini sangat istimewa karena sepintas bukan Hino Dutro.

Selasa, 25 Februari 2014

Latih Sopir Kopaja dan Metromini, Pemprov DKI Gandeng Hino


Pemprov DKI akan bekerja sama dengan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) untuk melaksanakan pelatihan terhadap sopir-sopir Kopaja dan Metromini. Sebab, bus-bus Kopaja dan Metromini yang sudah tidak laik akan diganti dengan bus-bus sedang Transjakarta, sehingga perlu peningkatan kualitas pengemudi.

"Secara perilaku mengemudi juga harus berbeda. Pelatihan nanti kerja sama dengan Hino sebagai produsen, mereka punya training center. Mungkin juga Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) lain," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar di Jakarta.

Ia mengatakan, pengetahuan teknis para sopir Kopaja dan Metromini belum sesuai dengan harapan, sehingga pihak Transjakarta merasa penting untuk memberikan pelatihan. Mengingat kualitas bus seharusnya sesuai dengan kualitas pengemudinya.

Mereka disiapkan untuk mengemudikan bus sedang, single, serta bus gandeng. Kemudian nantinya, sistem setoran tidak lagi berlaku melainkan para sopir tersebut akan menerima gaji setiap bulannya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun mengatakan hal senada. Namun, mengenai waktu pelatihan belum dapat ditentukan karena sambil menunggu pembelian bus oleh Pemprov DKI.

"Nanti kita akan minta dari Hino untuk latih. Waktunya nanti nunggu kita beli barang dulu," kata pria yang akrab disapa Ahok itu. 

Pembukaan Dealer Hino di Batam, Roda Mas Makmut

Para pejabat PT HMSI berfoto bersama.

Para pejabat PT HMSI berfoto bersama.

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dan PT Rodamas Makmur Motor (RMM), dealer resmi Hino di Batam meresmikan fasilitas 3S (sales, service, and spare part) Showroom Hino,  Kamis (20/2) siang. Tempat penjualan dan bengkel mobil Hino yang baru saja diresmikan tersebut berada tepat di samping Suzuki Indomobil Batam, Baloi.

Acara peresmian tersebut langsung dihadiri oleh President Direktor Hino Motor Sales Indonesia, Mr Toshiro Mizutani, GM Rodamas Makmur motor, Mr Abyad Hemori, Marketing and Dealer Development Direktor Hino Motor Sales indonesia, Mr Nobutaka Otani, Sales and Promotion Direktor Hino Sales Indonesia, Mr Santiko Wardoyo, Direktor Rodamas Makmur Motor, Bambang Subijanto, Direktor Hino Motor Sales Indonesia, Mr Shinji Yamasaki, dan Senior Excecutive Officer Servis and Spare Part Hino Motor Sales Indonesia, Irwan supriyono.

President Direktor HMSI Toshiro Mizutani, mengatakan Showroom dan fasilitas 3S yang didirikan di Batam sudah sesuai standar Hino. Sehingga semakin dapat meningkatkan pelayanan kepada  konsumen Hino di Kepri khususnya di wilayah Batam.  Sementara itu President Direktor RMM Bambang Subijanto menjelaskan, showroom 3S yang baru saja diresmikan penggunaannya tersebut dibangun sesuai dengan standar Hino. Dibangun di luas lahan 3.469 M2, dengan luas bangunan 2.203 M2. Showroom dilengkapi dengan fasilitas 3S, dengan 6 service bay dengan service unit mencapai 540 unit per tahun.

Selain meresmikan showroom 3S, dikesempatan yang sama juga diperkenalkan dua varian terbaru dari Hino. Yakni Hino Prestigo 110 SDBL dan Hino Ranger FG 235 JS.

Hino Prestigo atau Hino Dutro 110 SDBL dihadirkan bagi konsumen yang menghendaki microbus 4 roda dengan ruang kabin ekstra luas. 

Senin, 24 Februari 2014

Hino kuasai pasar di Lampung

PT Persada Lampung Raya, sebagai salah satu pemegang brand Hino Lampung kuasai penjualan produk angkutan niaga 76 persen dengan penjualan rata-rata sebanyak 100 unit/bulan.

Marketing Koordinator PT Persada Lampung Raya Hino Hajimena, Winarko mengatakan, selama ini Hino memang selalu memberikan penjualan yang baik. Karena semua produk sangat diminati para konsumen.

’’Untuk masalah prioritas semua produk Hino diprioritaskan, kebutuhan produk untuk angkutan semua ada di Hino, jadi tinggal konsumen mau pilih tipe yang seperti apa, untuk mesin Hino sudah mengunakan injeksi, namun juga ada yang komon rail,’’ ujarnya kepada Lampung NewsPaper, Rabu (19/2).

Dia melanjutkan, dalam kategori dua Hino truk Dutro 110 SD-110 HD banyak diminati konsumen, sedangkan untuk kategori tiga Hino engkel 6x4, dengan bak ukuran panjang 8 meter. 

Menurutnya, seiring persaingan yang ketat dalam bisnis penjualan produk niaga Hino, tahun ini berharap dalam penjualannya bisa menguasai pangsa pasar 80 persen di produk niaga. Karena pada satu tahun kemarin pihaknya telah mencatat penjualan Hino Lampung sebanyak 1.000 unit lebih. Maka peningkatan akan penjualanpun yakin akan terjadi pada tahun ini.

’’Ya, memang tahun ini masing-masing ingin saling menjadi nomor satu, sehingga bisa dikatakan untuk pasar otomotif khususnya di produk angkutan (niaga) semakin ketat persaingannya, kalau ingin menang kita harus tahu strategi pemasaran lawan,’’ terangnya.

Tambahnya, dalam bermain strategi tentu yang paling diutamakan adalah pelayanan, karena hanya dengan kepuasan konsumen, Hino akan terus berkembang dan menjadi produk angkutan yang semakin jadi prioritas konsumen.

’’Yang pasti, Hino tetap menjalin kedekatan pada konsumen dan memprioritaskan semua produk dalam penjualannya, langkah penggebrakan, ini harapannya Hino bisa menjadi yang terbaik untuk penjualan produk niaga di Lampung,’’ tuntasnya. 

Jumat, 21 Februari 2014

Hino Klaten melayani service dan spare parts

Seiring dengan tuntutan dan harapan pengguna light truk di wilayah Klaten dan sekitarnya, per tanggal 1 Maret 2014 dealer PT Mitra Pratama Mobilindo Klaten telah resmi melayani service dan spare part kepada pada konsumen truk Hino.

Sales Manager PT MPM Agus Suprayitno ST mengatakan bahwa dibukanya jaringan service dan spare part ini merupakan jawaban atas keinginan masyarakat akan pemenuhan service berkala untuk perawatan kendaraannya.

“Selama ini konsumen di wilayah Klaten melakukan perawatan kendaraan Hino di wilayah dealer Yogyakarta ataupun di dealer Solo. Dengan jarak tempuh yang terlalu jauh ini membuat pengusaha truk enggan melakukan perawatan rutin sesuai buku petunjuk service yang ada, terkecuali memang ada trouble yang sulit tertangani,” papar Agus, Kamis (20/2).

Padahal, kata Agus, wilayah Klaten merupakan daerah jalur truk ke berbagai wilayah Solo, Boyolali, Sukoharjo dan sekitarnya karena berkah Merapi masih menjadi rejeki bagi para pengusaha.

Disamping melayani advisor konsultan bagi para pemilik truk, dealer MPM Klaten juga melayani booking service untuk para pengusaha sehingga para pengusaha tidak terlalu lama menunggu service dan penggantian suku cadang.

Dikatakan Agus, keberadaan mobil car service yang dimiliki oleh MPM klaten juga akan sangat membantu bagi para pengusaha yang tidak dapat datang ke dealer, cukup dengan telpon di hotline0272 326222 mekanik akan datang ke tempat yag dikehendaki, sehingga kendaraan akan tertangani dan usaha akan lancar.

Tidah hanya itu, untuk pemilik kendaraan Hino baru dapat memanfaatkan proggram FSP (free service program) dimana gratis 1 tahun biaya perawatan dan suku cadang Hino.
Menurut Agus para pengusaha di jalur lingkar dan di Kemalang menyambut baik sudah beroperasinya service di dealer MPM Hino Klaten ini, karena akan sangat memudahkan perawatan secara periodik.

“Bagi para pengusaha yang akan melakukan service rutin atau konseling service bisa datang di PT MPM Klaten Jalan Dr Soeraji Titonegoro 19 Bendo Gantungan. Kami juga melayani penjualan dengan proggram DP murah dan angsuran yang terjangkau,” imbuhnya.

Rabu, 19 Februari 2014

Tips Hino menghadapi banjir

Bencana banjir yang banyak terjadi di Indonesia, juga mengakibatkan banyaknya kendaraan yang tidak bisa beroperasi karena terendam atau diterjang air banjir.

Menurut Executive Officer Service and Spare Part Division Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Irwan Supriyono jika bertemu dengan banjir, sebaiknya perjalanan dihentikan atau mencari alternatif jalan lain.

"Banjirnya jangan diterabas," kata Irwan saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa.

Terutama jika ketinggian banjir sudah melebihi tinggi knalpot dan filter mobil. Karena bisa berakibat, air masuk ke dalam mesin dan menyebabkan mesin mati.

"Kalau airnya terhisap nanti masuk dan dengan kompresi tinggi di mesin, batang piston bisa bengkok dan bahkan bisa menyebabkan mesin meledak," katanya.

Ia menyebutkan bahwa jika memang menemui banjir, hal yang paling mudah dilakukan adalah mencabut aki dari mobil.

"Jadi tidak terjadi korslet. Selain itu, perbaikannya lebih mudah karena hanya mengganti serta membersihkan beberapa spare parts saja," katanya.

Menghadapi bencana banjir tersebut, Hino mengadakan program Service Campaign Hino Peduli Banjir yakni pemberikan gratis pemeriksaan mobil-mobil niaga Hino yang terkena banjir.

"Pemeriksaannya gratis, tapi kalau ada yang perlu diganti ya diberi potongan 50 persen untuk parts," katanya.

Program ini sudah berjalan sejak 27 Januari lalu hingga Maret nanti.  

Jumat, 14 Februari 2014

Kuis Hino

Apa tipe kend Hino TERLARIS di 2013?

Jawaban benar akan diundi utk dapat 3 Souvenir menarik dari Hino.

Jawaban terakhir : 20 Feb 2014

Kirim jawaban ke email: partshino@ gmail.com

(Tulis nama, alamat lengkap, kode pos)

Memory 1991

Saya menemukan foto ketika Hino mengadakan Family Day tahun 1991.

Mungkin ada yang masih kenal di foto ini?...

Rabu, 12 Februari 2014

Omzet suku cadang Hino capai Rp 518 miliar

Meski pertumbuhan penjualan unit tidak terlalu besar, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) masih mendapat hasil lebih baik dari penjualan suku cadang. Omzet mencapai Rp 518 miliar, naik 12 persen dibandingkan perolehan tahun sebelumnya hanya Rp 461 miliar. 

"Hasil ini sebenarnya di bawah target yang kami tetapkan tahun lalu yakni Rp 540 miliar, tetapi masih oke," jelas Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Service & Spare Part Division HMSI di Kuningan, Jakarta, Selasa (11/2). 

Penurunan pasar di pertambangan membuat banyak truk Hino berhenti beroperasi. Kondisi ini otomatis memperlambat perputaran penggantian suku cadang. "Padahal kalau di pertambangan, truk digunakan sampai 24 jam nonstop. Jadi pasti ada pengaruhnya," papar Irwan. Tahun ini, Hino menargetkan bisa mencapai omzet Rp 614 miliar. 

Banjir

Untuk membantu konsumen yang terkena musibah banjir, Hino menggelar program nasional berupa potongan harga suku cadang sampai 50 persen. Program ini berlaku sejak akhir Januari-Maret 2014. "Pemeriksaan kami berikan gratis, tapi kalau ada yang harus diganti, ada potongan sampai setengah harga," lanjut Irwan.

Sampai saat ini, Hino mengaku sudah banyak menangani konsumen korban banjir terutama di Jakarta dan Manado. Tapi, berapa jumlah pastinya masih belum dihitung. 


Infomobil Cahaya Prima dealer 3S di Lombok

PT Indomobil Cahaya Prima merupakan Authorized Dealer Hino dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part) untuk area Nusa Tenggara.

PT Indomobil Cahaya Prima merupakan outlet ke 19 dari INDOMOBIL HINO GROUP yang didirikan pada tanggal 7 Maret 2012, di atas tanah seluas 3.200 meter persegi, di kawasan Jl. Ahmad Yani km 9 Dasan Tereng, Narmada, Lombok Barat.

Luas bangunan 1.555 meter persegi dilengkapi fasilitas show room indoor dan outdoor, ruangan kerja, ruang pelatihan & rapat, fasilitas layanan purna jual yang terdiri dari gudang suku cadang seluas 120 m2, ruangan penerimaan service, ruang tunggu dan area service dengan 5 bay.

Gedung Indomobil Hino Lombok juga dilengkapi dengan ruangan istirahat & musholla untuk sopir atau konsumen yang melakukan perjalanan jauh, maupun yang sedang menunggu servis. Ruangan istirahat ini menyediakan minuman hangat dan makanan instant bagi driver.

“Dengan beroperasinya Indomobil Hino Lombok ini, bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terkait dengan penjualan serta layanan purna jual Truk dan Bis Hino,” kata representatif Indomobil Hino Lombok, Nana Diana, melalui rilis yang diterima redaksiLomboktoday.co.id, Senin (10/2).

Menurut dia, pada tahun 2013 lalu, Indomobil Hino Lombok berhasil meraih penjualan sebanyak 353 unit. Pada tahun 2014 ini Indomobil Hino Lombok optimis untuk mencapai target penjualan sebanyak 470 unit, terdiri dari 169 unit Ranger dan 301 unit Dutro.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak ibu konsumen Truk dan bis Hino yang telah mempercayakan armada transportasi kepada kami sehingga tahun 2013 Hino Ranger di kelas kategori 3 telah menguasai market share mayoritas di Nusa Tenggara sebesar 76,43% dan Hino Dutro di kelas kategori 2 semakin menguasai pasar dengan market share 20,94%,” katanya.

Untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar komersil yang terus meningkat di Nusa Tenggara, Indomobil Hino Lombok menyediakan paket penjualan, garansi hingga 1 tahun/60.000 km, layanan kontrak service, dan lain-lain.

“Untuk pelayanan Sales, Service, Spare Part dapat menghubungi kantor kami yang beralamat di Jl. Ahmad Yani km 9 Dasan Tereng  Narmada Lombok Barat, tlp 0370 673898/673900, fax 0370 673897,” 

Selasa, 11 Februari 2014

Hanya Hino yang mampu bawa 70 ton!

Inilah tampang Hino traktor head...

Dengan rute melewati nagreg, muatan pasir 70ton ... dan panjang bak 17mtr.

Bukti "Hino Jagoan Cari Duit"...

Tunggu apalagi... hubungi dealer Hino terdekat!

Hino Akan Tambah 16 Jaringan Penjualan di Tahun 2014


Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menargetkan memiliki 160 jaringan penjualan 3S di seluruh Indonesia hingga akhir 2014.
"Kami targetkan 2014 ada 160 jaringan penjualan. Sampai 2013 kami punya 144 jaringan penjualan," ujar Sales & Promotion Director HMSI Santiko Wardoyo. 
Berarti pada tahun ini HMSI akan menghadirkan sebanyak 16 jaringan penjualan 3S, yang kebanyakan berada di Pulau Jawa. Seiring pertambahan jaringan penjualan, juga akan bertambah armada mobile workshop.
"Tentu mobile workshop akan bertambah, setiapdealer paling tidak memiliki 1 Dutro dan 1 APV. Tentu seiring pertambahan akan bertambah juga armadanya," ujar Senior Executive Officer Service & Spare Part Division HMSI Irwan Supriyono.
Irwan menambahkan hingga saat ini HMSI memiliki 116 unit. Dimana mobile workshop ini meliputi untuk emergency service and service campaign, home service, dan service on site.
Sampai 2013 HMSI memiliki 2.101 toko suku cadang dimana akan bertambah menjadi 2.400 toko suku cadang atau bertambah 299 toko lagi di tahun ini yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hino Peduli Banjir, bukti Hino berikan layanan prima



Sebagai wujud kepedulian PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dengan adanya musibah banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, HMSI mengadakan Service Campaign Hino Peduli Banjir.
"Bagi para kostumer yang kendaraannya mengalami kerusakan akibat banjir akan mendapatkan pemeriksaan kendaraan gratis," ujar Senior Executive Officer Service & Spare Part Division HMSI, Irwan Supriyono.
Selain itu menurut Irwan lewat program ini HMSI memberikan diskon 50 persen khusus untuk suku cadang bagi para pemilik kendaraan Hino yang kendaraannya terkena banjir.
Program Service Campaign Hino Peduli Banjir yang berjalan sejak 27 Januari ini akan berlangsung hingga akhir Maret mendatang.
Hingga saat ini menurut Irwan banyak pemilik kendaraan yang terkena banjir memasukkan kendaraan Hino ke dealer-dealer. Namun Irwan belum dapat memberikan angka pasti mengenai jumlah kendaraan Hino yang di service melalui program ini karena masih berjalan.

Hino mengandalkan bisnis kargo di tahun 2014


PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memprediksi di tahun ini sektor kargo khususnya consumer good akan memberikan kontribusi terbesar di penjualan Hino 2013.
"Tahun 2014 sektor kargo, terutama consumer good akan memberikan kontribusi besar ke Hino, bisa capai 50 persen," ujar Sales & Promotion Director HMSI Santiko Wardoyo.
Menurut Santiko, sebelum sektor pertambangan terpuruk, sektor ini memberikan kontribusi terbesar pada penjualan Hino.
"Dulu di mining, kami dengan tipe 6x4 bisa porsi penjualannya 50 persen, namun di tahun ini hanya 30-35 persen," tambah Santiko.
Pada tahun 2013 lalu, walaupun sektor pertambangan turun, namun HMSI berhasil mencatat penjualan 34.391 unit dikarenakan produk Hino tipe 6x4 yang biasa dipakai di sektor pertambangan masih dipakai untuk infrastuktur dan sektor kargo terutama consumer good.
"Saat itu mining turun, penjualan bisa terganggu. Namun produk range kami yang besar memungkinkan penurunan mining bisa beralih ke kargo, semen, infrastuktur. Ini agak membantu kami sehingga penjualan lebih tinggi," ujarnya.
Adapun untuk target penjualan tahun ini, ada beberapa faktor seperti pemilu, kurs rupiah yang masih belum pulih dibanding dollar Amerika, serta tingginya suku bunga.
"Kami coba challenge untuk bisa achieve angka penjualan lebih besar dari penjualan di tahun 2013," ujarnya.
Untuk tahun 2014, Santiko menargetkan kategori 3 market share Hino sebesar 60 persen. Adapun untuk kategori 2 ditargetkan market share Hino sebesar 16 persen.
Adapun pada tahun 2013 lalu, market share Hino di kendaraan niaga kelas medium/Cat 3 mencapai 59,6 persen dan kategori 2 di tahun 201Truk Hino3 lalu Hino menguasai market share sebesar 13,4 persen.

Rabu, 05 Februari 2014

Hino FL240 wing box

Pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang sangat pesat mempengaruhi bisnis kargo. Perusahaan memerlukan sarana transportasi yang handal.

Kendaraan yang bisa angkut lebih banyak, konsumsi bahan bakar yang irit sangat didambakan para pengusaha dan juga para sopir.

Hino sebagai pakarnya bus dan truk yang telah berpengalaman, mempunyai berbagai macam tipe kendaraan.

Untuk kargo, FL240 adalah salah satunya. Sangat cocok untuk angkutan kargo.

Karoseri yang bisa dipakai adalah model wing. Sehingga akan memudahkan dalam bongkar muat barang karena busa dilakukan dari samping kendaraan.

Tunggu apa lagi... segera hubungi Dealer Hino terdekat!

Dapatkan promo FSP ( Free Service Program) yaitu bebas perawatan setahun. Suku cadang dan biaya jasa GRATIS!

Hanya Hino yang berani .....

Genuine parts bring out the best in HINO

No matter how small the part, it must pass our own quality control standards to be recognized as a genuine HINO part. That's why these parts are able to bring out the best performance in HINO trucks.



Quality service for all of our customers

We want our customers to feel satisfied purchasing a HINO, and we want HINO products to fulfill the mission they have been charged with. Based on our "Customer comes first" philosophy, we are committed to providing high-quality services to all our customers.

Hino Salurkan Bantuan 10 Unit Reaktor Biogas












PT Hino Indonesia memberikan bantuan 10 unit reaktor biogas beserta peralatan instalasi melalui Corporate social Responbility (CSR) ke empat desa, Kamis (30/1). 
Bantuan ini diberikan untuk warga di empat desa di Kecamatan Campaka diantaranya adalah Desa Nagrok, Desa Wanawali, Desa Wanayasa dan Desa Benteng.
Serah terima instalasi dan 10 rektor biogas diserahkan secara simbolis oleh Presiden Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia, Akhito Yamanaka kepada kelompok tani Mekar Sejahtera Desa Benteng.
Menurut Akhito Yamanaka, CSR ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, serta pemanfaatan limbah ternak yang bisa dijadikan energi alternative. “Kami berharap kegiatan Corporate Social Responbility Hino Indonesia memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam menekan pengeluaran kebutuhan rumah tangga khususnya ditengah kelangkaan dan kenaikan harga LPG serta kebutuhan pokok lainnya. 
Selain itu adalah dengan memanfaatkan kotoran ternak yang bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif berupa biogas yang terkenal ramah lingkungan.
Sedangkan menurut Asisten Daerah (Asda) I bidang pemerintahan, M Rifai SH mengapresiasi Hino Indonesia. “Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan masyarakat akan energi khususnya LPG sangatlah tinggi, sehingga perlu mencari energi alternatif yang murah dan mudah. Saya sangat apresiasi PT Hino yang memberikan bantuan berupa reactor biogas yang dimana bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkapnya.
Reaktor biogas bantuan Hino sendiri adalah bantuan yang memanfaatkan kotoran sapi milik peternak yang tinggal di keempat desa tersebut. Hasilnya, biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar rumah. Sedangkan penggunaan Biogas sendiri akan mengaliri 20 kepala keluarga dan satu sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.
Agus (36) warga Desa Manawali mengaku cukup puas atas bantuan yang diterimanya dan dirasanya sangat membantu warga sekitar.  “Bantuan ini jelas sangat membantu kami para warga. Saat ini ekonomi kami memang sedikit tersendat dengan bermasalahnya pencarian kami, khususnya pertanian. Cuaca memaksa kami harus berpikir keras untuk menutupi kebutuhan kami,” ujarnya.
Program sendiri terlaksana atas arahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Purwakarta, Dinas Peternakan Purwakarta, Yayasan Rumah Energi dan Yayasan Mitra sejati.(mas/man)

Truk Hino Tenaga Hybrid dengan Teknologi Pendinginan

Hino bermitra dengan perusahaan Denso Corporation telah menciptakan truk yang digerakkan oleh tenaga hibrida. Ini tercatat sebagai truk pertama di dunia dengan teknologi pendinginan dan akan mendebut di Jepang melalui Hino Profia (dikenal di Jepang Seri 700).

Pada teknologi ini, Hino dan Denso coba memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh hybrid - baik saat mengemudi atau dari pengereman - untuk mengoperasikan kompresor. Beda dengan sistem konvensional, untuk menjalankan kompresor butuh mesin tambahan atau tenaga dari mesin.

Dengan cara yang baru ini, keuntungannya efisiensi bahan bakar meningkat, kinerja pendinginan lebih konsisten dan saat jalan lebih tenang. Tak cuma itu. Bobot kendaraan pun menyusut 150 kg.

Sistem hybrid ini berisi unit stand-by yang dapat dihubungkan ke sumber daya eksternal untuk menjaga pendingin ketika mesin truk dimatikan untuk waktu yang lama. Selain itu, unit stand-by ini punya fungsi lain, secara otomatis dapat sebagai timer sebelum membekukan ruang pendinginan.

"Teknologi hybrid Hino telah meningkatkan ekonomi bahan bakar truk untuk beberapa waktu. Insinyur Hino terus-menerus mencari cara yang lebih baik untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kendaraan," sebut Alex Stewart selaku Manager Strategy, Marketing & Customer Care Hino Australia. 

Minggu, 02 Februari 2014

Hino Sukses Jual 34.235 Truk Selama 2013

PT Hino Motors Sales Indonesia, agen tunggal pemegang merek Hino, membukukan penjualan secara retail sales sebanyak  34.235 unit pada periode Januari-Desember 2013, terdongkrak tingginya permintaan pasar domestik.

Ardiyasa Dwisaputra, Promotion and Public Relations PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan penjualan Hino secara retail sales pada 2013 banyak berasal dari truk ringan (light truck) Dutro 130 DH mencapai 8.440 unit.

“Sedangkan khusus untuk kategori truk sedang yang paling banyak adalah truk Hino FM-260 JD yang terjual sebanyak 3.708 unit,” katanya di Jakarta, Minggu (2/2/2014).

Dia menjelaskan permintaan pasar truk berat dan sedang sempat menurun secara menghawatirkan akibat melemahnya kinerja industri pertambangan dan pertanian yang dipicu gejolak harga komoditas tersebut di tingkat pasar dunia.

Namun, lanjutnya, ketika permintaan truk dari industri pertambangan turun, strategi pemasarannya dialihkan ke kebutuhan pembangunan proyek infrastruktur dan hasilnya cukup efektif guna mendongkrak penjualan Hino. 

Menurutnya, strategi pemasaran yang ditempuh Hino Motors Sales Indonesia cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dan sekaligus dalam mempertahankan pososisinya sebagaimarket leader hingga 2013 untuk truk yang kelasnya sama.

Adapun data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima Bisnismenyebutkan selama 2013 penjualan Hino untuk kategori truk berat secarawholesales mencapai 11.495 unit, disusul Mitsubishi-Fuso 2.918 unit, UD Trucks 739 unit, MAN Trucks 76 unit dan Foton sebanyak 45 unit.

Hino juga memimpin pasar untuk jenis truk sedang (medium heavy truck) dengan penjualan whole sales sebanyak 7.483 unit, diikuti Mitsubisi-Fuso terjual 3.168 unit, Isuzu 3.323 unit, Mercedes Benz 1.467 unit,  UD Trucks 1.226 unit, FAW Truck 428 unit dan MAN Truck sebanyak 109 unit.

Adapun pasar truk ringan (light truck) pada tahun yang sama sebagai market leader adalah Mitsubishi dengan total penjualan wholesales 60.175 unit, disusul Isuzu terjual 19.181 unit, Toyota Dyna 16.506 unit dan Hino sebanyak 15.229 unit.