Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Kamis, 27 September 2012

Inilah Mobil Niaga yang Mengharu-biru di IIMS 2012

Kondisi perekonomian Indonesia yang tumbuh berdampak pada sektor otomotif, terutama sektor kendaraan niaga. Apalagi bagi kendaraan niaga yang menyasar segmen pasar pertambangan, agrobisnis, serta komoditas lain yang menjadi penyokong ekonomi Indonesia.

Pertumbuhan komoditas tersebut membuat permintaan kendaraan niaga tumbuh 10%-15% beberapa tahun terakhir. Sebagai catatan, penjualan kendaraan niaga jenis pikap dan truk tahun lalu sudah mencapai 270.205 unit.

Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan kendaraan jenis ini juga dipastikan akan meningkat dari tahun ke tahun. Gairah industri kendaraan niaga tersebut terasa dengan kehadiran Agen Pemegang merek (APM) yang ikut dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Kemayoran, Jakarta.

Lihat saja di area outdoor, setidaknya ada 10 merek kendaraan niaga anggota Gaikindo yang unjuk gigi menampilkan kendaraan andalan mereka. Mulai dari FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks.

PT Gaya Makmur Mobil sebagai pemegang merek dari China, FAW misalnya, mendatangkan 6 kendaraan truknya mulai dari jenis Prime Mover atau Tractor Head, Long Chasis atau Cargo, hingga Truck Mixer.

Sementara itu, Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan dua produk terbarunya, yaitu AXOR 2633S dan AXOR 2628 serta mendatangkan tiga truk Actros lainnya. Sedangkan PT Hino Motor Sales Indonesia tak mau kalah dengan memboyong dua teknologi khusus hybrid melalui S’elega Hybrid Premium Bus (impor dari Jepang) dan CNG/gas melalui Ranger FM2PKMA NGV (impor dari Thailand). Selain itu, Hino juga membawa 5 unit kendaraan unggulan lainnya di area IIMS 2012.

Sementara itu, UD Trucks membawa 4 model truk kebanggaan mereka, antara lain PK215R, CWM330HM, CWA260M, dan CWA260HT. Sedangkan PT Duta Sumatera pemegang merek MAN Truk & Bus yang berasal dari Jerman memperkenalkan truk tipe terbaru TGS 33.360 dengan sistem penggerak 6x4. Selain itu, mereka juga menghadirkan truk CLA 26.280, CLA 31.280, TGS 40.400.

Sedangkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai pemegang merek Mitsubishi Fuso membawa 5 kendaraan niaganya  baik untuk segmen mulai dari Light Truck dengan datangnya “Si Kepala Kuning” Mitsubishi Colt Diesel FE 71 dan Colt Diesel 4x4.

Di segment Medium Truck, Fuso mendatangkan Fuso FN 527 MS dan Fuso FN 627. Sedangkan di segmen Large Truck, hadir Fuso Tractor Head FV 51 JH.

Sementara itu, Isuzu mengusung tema Isuzu Otot Indonesia meluncurkan Isuzu GIGA FRR dan FTR, truk medium pertama di Indonesia dengan teknologi Heavy Duty Common Rail dengan mesin 4 silinder.

Selain itu, Isuzu juga mendatangkan Isuzu Panther Grand Touring, Isuzu D-max Rodeo, Isuzu D-max Mining Spec, Isuzu Elf Microbus LWB, Isuzu Elf NKR 71 Dump Truck, Isuzu Elf NPS, Isuzu GIGA FTR Wing Box, Isuzu GIGA FVM Wing Box, Isuzu GIGA FVZ Tractor Head, dan Isuzu GIGA FVZ OB Dump.

Sedangkan Toyota kembali mengusung Dyna, selain itu ada truk 110ST, 110FT, 130XT, 110ET, dan 130HT. Sementara, kendaraan komersial asal China, Foton juga tak ketinggalan menghadirkan Foton Auman Dump Truck, Truck Head, Synchronize, dan Mixer. Selain itu, Foton juga menghadirkan Foton VIEW STD, DLX, Blind Van, Ambulance STD, serta Ambulance International.

Sedangkan produsen mobil asal India melalui Tata Motors Indonesia, yang merupakan anggota termuda Gaikindo juga turut serta memajang mobil niaga kebanggaan mereka. Perusahaan otomotif dari India ini memajang Tata Xenon Pick-up double cabin, Tata Ace EX, Tata Super Ace, Tata LPK 258 Prima Tipper.

Selaras dengan tema IIMS Eco-Mobility, Tata juga memamerkan kendaraan CNG di area outdoor, mulai dari Tata Ace CNG, Tata Xenon CNG, Tata LPO 1623 dan RE LE CNG Bus.

Kendaraan Niaga Juga Tampil Semarak di IIMS 2012

Pameran otomotif The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 tak hanya menarik bagi masyarakat yang ingin menyaksikan atau membeli mobil-mobil penumpang. Sebab IIMS 2012 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran Jakarta selama 10 hari pada 20-30 September 2012 ini juga jadi ajang pameran kendaraan niaga.

Tak heran bahwa pameran otomotif terbesar di Indonesia ini juga menjadi sasaran pengunjung yang ingin mencari kendaraan niaga. Menurut pantauan Warta Kota, berbagai produk kendaraan niaga terlihat tampil meriah di area outdoor JIExpo.

Berdasarkan data yang ada pada Panitia Penyelenggara IIMS 2012, ada 10 merek kendaraan niaga anggota Gaikindo yang unjuk gigi dalam pameran ini. Mereka menampilkan kendaraan andalan mulai dari FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks.

Menurut Ketua Panitia IIMS 2012 Johny Darmawan kondisi perekonomian Indonesia yang terus bertumbuh, termasuk sektor-sektor pertambangan, agrobisnis, dan komoditas lainnya turut mendorong peningkatan kebutuhan alat angkut yang memadai.

"Industri tersebut memerlukan kendaraan komersial yang beragam, mulai dari yang lincah dan kuat untuk jalan raya hingga yang tangguh di medan berat," kata Johny Darmawan yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur Toyota Astra Motor di sela-sela pameran otomotif.

Berdasarkan catatan yang dimiliki panitia penyelenggara IIMS 2012 kebutuhan kendaraan di Indonesia beberapa tahun terakhir meningkat 10 – 15 persen. Hal ini tidak hanya terjadi untuk kendaraan penumpang melainkan juga untuk kendaraan niaga.

Sebagai catatan, penjualan kendaraan niaga jenis pikap dan truk tahun lalu mencapai 270.205 unit. Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan kendaraan jenis ini juga dipastikan akan meningkat dari tahun ke tahun.

 

Tingkatkan Motivasi Kerja, Hino Indonesia Gelar ESQ


Guna memotivasi dan meningkatkan kinerja para karyawannya, Jumat (27/4/2012), PT Hino Motors Manufacturing Indonesia menyelenggarakan in house training ESQ Character Building I angkatan perdana di Menara 165, Cilandak, Jakarta.
Output yang diharapkan adalah karyawan memiliki dedikasi yang tinggi kepada perusahaan, jadi bekerja dipandang tidak hanya money oriented saja tetapi bekerja untuk tujuan bersama. Jika itu tercapai, tentunya akan memberikan kontribusi bagi karyawan juga,” ucap Deputy Associate Director HRGA PT Hino Indonesia, Budiman Sugih kepada ESQ-News.
Budiman mengungkapkan bahwa training manajemen berbasis spiritual (SQ) ini sangatlah penting. Pasalnya sebagai perusahaan pembuat truk dan bus yang terdepan, Hino Indonesia baru memberikan pelatihan sebatas skill atau intelektual saja.
“Selama ini kita memberikan hanya dalam skala skill dan kita memang belum menyentuh hal spiritual,” paparnya.
Menurut Budiman, kecerdasan spiritual juga dapat digunakan untuk  mengatasi krisis moral yang tengah melanda Indonesia. Dengan begitu, akan mewujudkan harapan para pendiri bangsa yaitu Indonesia yang religius dan sejahtera.
 “Dengan krisis moral ini, bagaimana kita menuju bangsa yang adil dan makmur, kita mungkin sudah lupa founding fathers membangun untuk menuju bangsa yang adil dan makmur. Di sinilah, kita-kita semua, bukan hanya SBY, menteri-menteri, yang bertanggung jawab tetapi kita semua,” ujarnya.
Budiman yang juga hadir dalam peserta training dua hari ini, mengungkapkan bahwa training yang dipandu oleh Legisan Sugimin, Ade Armand, dan Agung Solihin benar-benar luar biasa. Oleh karena itu, ia merencanakan akan melanjutkan training ke tahapan selanjutnya.
“Training ini ibarat membuka kunci gembok hati kita, luar biasa sekali. Selain itu, materi yang diterima sangat mudah kita tangkap dan sangat tepat sasaran. Materi yang disusun sangat baik sekali. Kita memang ada rencana untuk melanjutkan training ke tahap selanjutnya. Insya Allah akan disetujui oleh pimpinan perusahaan,” imbuhnya.
Ketua Serikat Pekerja PT Hino, Prihantoro Pamungkas menyambut baik langkah manajemen PT Hino untuk melanjutkan training ini bagi karyawan Hino yang lain karena baik untuk merubah karakter rekan-rekannya.
“Training bagus untuk mendorong perubahan karakter di teman-teman Hino, seperti intelejensi, emosional, dan spiritual. Kalau di dunia kerja kan hanya intelektualnya saja yang diutamakan, emosionalnya kurang dan bahkan spiritualnya jauh dari kurang. Dari saya sendiri pesannya training ini bisa berkelanjutan,” paparnya.
PT Hino Indonesia Manufacturing didirikan pada tahun 1982 oleh Hino Motors Ltd, Jepang, Sumitomo Corporation Jepang dan Indomobil Group. Hino Indonesia terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan cara memproduksi dan endistribusikan kendaraan komersil berkualitas tinggi yang ramah lingkungan.
PT Hino Motors Manufacturing Indonesia merupakan pangkalan produksi strategis untuk kawasan ASEAN yang terletak di daerah industri Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Penjualan Truk Batubara Hino Turun


Penjualan truk batubara PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pada periode Juli hingga Agustus 2012 menurun sekitar 40 hingga 50%.

"Penurunan penjualan truk kategori Ranger 6x4 sekitar 40 - 50% pada Juli hingga Agustus 2012, turun drastis," kata Direktur Promosi dan Penjualan PT Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo di Jakarta, Kamis  (27/9).

Santiko menjelaskan, jumlah penjualan truk untuk komoditas batubara per bulannya pada semester I-2012 mencapai sekitar 600 unit.

Dia menjelaskan penurunan tersebut masih bisa diselamatkan oleh pengalihan penjualan produk ke segmen truk untuk komoditas non-tambang.

PT HMSI mengaku mengalihkan jalur produksinya kepada truk untuk muatan atau "cargo", truk mixer semen kemudian truk tangki dan komoditas kelapa sawit.

"Jadi Hino masuk ke produk di luar pertambangan, dan potensi pasarnya besar melihat pemesanan kendaraan tersebut masih inden selama sekitar satu hingga dua bulan," jelas Santiko.

Dengan pengalihan produk tersebut, Santiko berharap penjualan kendaraan niaga untuk komoditas non-batubara bisa menutupi penurunan sebesar 40 persen.

"Jumlah target kami hingga akhir 2012 masih belum berubah kendati ada penurunan tersebut, masih di 35 ribu unit," jelas Santiko.

PT HMSI juga mengekspor kendaraan niaga ke tiga negara seperti Vietnam, Bolivia dan Haiti.

Hino telah menggunakan komponen lokal di kendaraannya sebesar 60 persen, dan sisanya masih diimpor dari Thailand serta Jepang.

Pada Januari hingga Mei 2012, PT HMSI mencatat penjualan kendaraan truk Ranger dan bus sebanyak 8.862 unit sedangkan pada Januari hingga Desember 2011 jumlahnya sebanyak 14.344 unit.

Minat truk Hino gunakan gas terhalang infrastruktur


Direktur Promosi dan Penjualan PT Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo mengatakan besarnya minat konsumen terhadap kendaraan niaga berbahan bakar Compressed Natural Gas (CNG) terhalang oleh kesiapan infrastruktur Indonesia.

"Mereka minat melihat kendaraan CNG, namun khawatir infrastruktur seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) belum banyak," kata Santiko kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Perusahaan truk Hino dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Arena Pekan Raya Jakarta menampilkan inovasi kendaraan tractor head berbahan bakar gas asal Thailand, Ranger FM2PKMA NGV.

Menurut Santiko, potensi pasar kendaraan niaga berbahan bakar CNG bagus karena murahnya harga gas serta mendukung kadar emisi gas buang yang lebih rendah.

Kendati demikian, hal tersebut masih dihambat oleh kesiapan pemerintah dalam menyediakan SPBG di sejumlah kawasan industri yang sangat membutuhkan pasokan gas untuk kendaraan.

Banyaknya penggunaan kendaraan CNG untuk mendukung program kendaraan ramah lingkungan, kata Santiko, tergantung beberapa upaya yang akan pemerintah lakukan dalam memberikan jenjang harga yang besar antara CNG dengan solar.

Hal itu dimaksudkan agar mendorong perusahaan untuk menggunakan kendaraan CNG dengan bahan bakar yang lebih murah dan ramah lingkungan.

"Hal kedua adalah infrastruktur di wilayah Jabodetabek. Sewaktu saya ke Surabaya, Jawa Timur, jumlah SPBG lebih banyak ketimbang di Jakarta, namun untuk sementara ketika saya konfirmasi mereka lebih banyak pasok kepada industri," jelas Santiko.

Oleh karena itu, tambah dia, para pengusaha lebih memilih untuk menggunakan truk berbahan bakar solar ketimbang CNG karena masalah efisiensi penggunaan di Indonesia.

Untuk truk, Santiko menjelaskan, tidak bisa menggunakan alat pengubah bahan bakar mesin (converter kit) seperti pada kendaraan penumpang.

"Itu karena sistem pembakaran mesin di truk berbeda bila dibandingkan dengan kendaraan penumpang," jelas dia.

Sebelumnya, Direktur Gas PT Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan pihaknya sedang membangun 5 SPBG induk, 9 SPBG cabang, serta 14 SPBG yang terintegrasi dengan pipa gas dalam kurun waktu pembangunan pada 2012 hingga 2013.

Pemerintah telah menyiapkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp2,1 triliun untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

Untuk diketahui, harga Bahan Bakar Gas /liter mencapai Rp3.100 sedangkan harga bahan bakar solar mencapai Rp4.500/liter.

TRACTOR HEAD: Permintaan Meningkat, Hino Genjot Penjualan

PT Hindo Motors Sales Indonesia, ageng tunggal pemegang merek Hino, menggenjot penjualan kendaraan niaga jenis tractor head penarik trailer karena permintaan pasarnya di dalam negeri cenderung meningkat untuk mendukung kelancaran arus barang ekspor-impor di pelabuhan. 

Santiko Wardoyo, Sales and Promotion Director PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan penjualan kendaraan on the road seperti tractor head dan truk pengangkutan produk industri ditingkatkan untuk menutupi volume penjualan truk industri pertambangan yang sedang melemah hingga sekitar 40%.
 

"Penurunan penjualan armada untuk sektor pertambangan dapat tertutup oleh penjualan kendaraan niaga bagi pendukung kegiatan pembangunan infrastruktuf yang jenisnya relatif sama yaitu truk kategori tiga," katanya di arena IIMS 2012 JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (26/9/2012).
 

Menurutnya, armada truk yang dipakai untuk kegiatan pertambangan dan perkebunan relatif sama jenisnya dengan untuk pendukung pembangunan infrastruktur jalan tol maupun properti, sehingga penjualan truk untuk segmen tersebut dapat saling mengisi
 

Santiko menjelaskan pelanggan Hino dan kendaraan niaga merek yang lain, membeli kendaraan niaga sebagai investasi berupa alat kerja yang memiliki nilai ekonomis tinggi, menghasilkan, tidak merepotkan dari segi teknis dan perawatan serta memiliki life time yang lebih panjang.   
 

Untuk menjamin kepuasan pelanggan, Hino meluncurkan produk terbaru hasi pengembangan, seperti tractor head FM-20GT serta menambah depo di Surabaya, Balikpapan dan Medan guna pemasok kebutuhan spare part dan layanan perbengkelan. 
 

Ardiyasa Dwisaputra, Promotion and Public Relation PT Hino Motors Sales Indonesia,mengatakan banyak pengunjung boott Hino di IIMS 2012 yang menanyakan spesifikasi Hino Tractor  Head CNG, disamping kendaraan komersial lainnya.

Hino Tractor Head CNG dan bus Hino Selega Hybrid menjadi dua dari 17 unit kendaraan komersial yang ditampilkan, dan selalu mendapat perhatian dari para pengunjung, terutama mereka yang membutuhkan armada pendukung bisnisnya.

 

Selasa, 25 September 2012

Hino History

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Minggu, 23 September 2012

2013, Pemerintah realisasikan mobil BBG

JAKARTA. Pemerintah serius menggarap dan mengembangkan kendaraan berbahan bakar gas (BBG). Targetnya, mulai 2013, pemerintah dengan menggandeng perusahaan swasta untuk merealisasikan kebijakan ini.


"Saya mendorong sekali dengan industri otomotif, bersama-sama dengan pemerintah mulai tahun depan mengarah pada pemanfaatan gas khususnya di sektor transportasi," kata Wakil Presiden Boediono saat meresmikan Indonesia International Motor Show, Jumat (21/9).

Boediono berjanji di dua tahun masa pemerintahan kabinet, akan bekerja keras untuk mewujudkan dan mengembangkan green car khususnya berbahan bakar gas. Kebijakan ini bukan semata kebijakan jangka pendek, tetapi jangka panjang. "Semoga ini bukan menjadi policy on-off, kita serius. Kita semua tahu manfaatnya," katanya.

Ada sejumlah alasan kenapa pada akhirnya pemerintah serius untuk mendorong mobil BBG ini. Salah satunya lantaran sumber daya gas yang dimiliki Indonesia sangatlah besar. Sejauh ini sumber daya gas belum dimanfaatkan secara maksimal.

Selain itu, pemanfaatan BBG untuk lebih mengurangi penggunaan BBM yang akhir-akhir ini cenderung membebani keuangan negara. Satu lagi penggunaan BBG ini lebih ramah lingkungan alias green car. Ke depan pemerintah menginginkan produksi mobil jenis hybrid yang lebih terjangkau, tidak perlu mewah. Tidak seperti saat ini mobil hybrid yang cenderung mewah. "Dukungan ini kita arahkan pada mobil hibrida yang bukan mewah ya. Baiknya bila cc-nya rendah dan terjangkau oleh rakyat. Baik tentu kalau bisa dikembangkan dan diperluas penggunaannya," jelasnya





Arti Eco-Mobility di IIMS 2012

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 menandai bagaimana para pabrikan mobil berupaya membuat kendaraan yang semakin irit bahan bakar dan ramah lingkungan.


Di antaranya dengan membenamkan teknologi tertentu hingga mengubah desain serta memperkecil kapasitas mesin. Eco-mobility, tema utama IIMS 2012, adalah cara cerdas dalam bertransportasi. Inilah gaya hidup baru masyarakat perkotaan dalam mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil serta melakukan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Dengan lebih dari 13,4 juta kendaraan yang berlalu lalang di Jakarta (data Ditlantas Polda Metro Jaya) pada 2011,perilaku berkendara saat ini akan membawa dampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, serta dukungan infrastruktur kota yang belum sepadan. Masyarakat perlu solusi tepat untuk bertransportasi dengan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, termasuk menambah daya dukung pada lingkungan sekitar.

Dalam sambutannya di pembukaan IIMS 2012, Jumat (21/9),Wakil Presiden Boediono menyatakan dukungan pemerintah terhadap pengembangan teknologi kendaraan hibrida, listrik, serta gas yang memiliki potensi pengembangan jangka panjang. Semangat eco-mobility ini tidak hanya ditampilkan para peserta IIMS 2012 melalui boothmereka di IIMS 2012.

Namun, sudah banyak pula model mobil baru yang diciptakan dengan konsep ramah lingkungan atau memiliki teknologi ramah lingkungan. Hino sendiri sebagai Pakarnya Buis dan Truk menampilkan Hino Bus Selega.

Ayo segera kunjungi Hino Booth di Outdoor 2......

Hino Ranger Berbahan Bakar Gas Juga Tampil di IIMS 2012

Selain memamerkan bus mewah Hino Hybrid Selega R, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT Hino Motor Sales Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show 2012 juga menampilkan truk kategori 3 Hino Ranger yang menggunakan bahan bakar gas (CNG).

Tipe Hino Ranger CNG ini berkode tipe Ranger FM2PKMA NGV yang didatangkan PT HMSI dari pabrik Hino di Thailand. Sales and Promotion Director PT HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, IIMS 2012 menjadi ajang buat Hino memamerkan kelebihan teknologinya kepada masyarakat luas.

Di pameran ini Hino mengusung tema besar '30' menandai perayaan 30 tahun Hino di Indonesia dengan mengusung jargon 'Move to the Next Stage' serta memajang perjalanan panjang Hino selama 30 tahun beroperasi di Indonesia.

Di IIMS kali ini Hino menempati area pamer seluas 720 m2 di area Outdoor Jakarta International Expo Kemayoran. Hino juga memamerkan truk Hino Ranger FG 235T, Hino Ranger FL 260 JW yang merupakan Hino Original Wingbox, Hino 700 ZY1EWPD, Hino Dutro 110 LD Long dan Dutro 4x4 Mobile Service.

Di segmen truk kategori tiga di Indonesia, Hino saat ini menguasai 60 persen pangsa pasar dengan beragam model dan varian Hino Ranger yang mencapai puluhan. Di truk ringan atau di kategori 2, Hino menguasai pasar 12 persen dengan sejumlah model Hino Dutro

Hino mengambil momentum perayaan 30 tahun Hino di Indonesia dengan mengusung tema besar 30 pada IIMS 2012

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memeriahkan ajang Indonesia International Motors Show (IIMS) 2012, melalui dua teknologi yang secara khusus didatangkan dari negara asalnya, yakni Hybrid, yang tampil melalui unit S’elega Hybrid Premium Bus (Jepang), dan CNG (Gas), yang hadir melalui unit Ranger FM2PKMS NGV (Thailand).

Sales and Promotion Director HMSI Santiko Wardoyo, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, kepada wartawan, di JIExpo, Jakarta, Kamis, 20 September 2012, mengatakan, IIMS 2012 menjadi salah satu ajang bagi Hino untuk lebih mempromosikan kelebihan teknologi yang Hino miliki.
“Sejalan dengan tema IIMS 2012, ecomobility Hino juga menyoroti konsep ramah lingkungan melalui produksi kendaraan truk dan bus ramah lingkungan”, jelasnya kepada wartawan.

Ia menambahkan, Hino mengambil momentum perayaan 30 tahun Hino di Indonesia dengan mengusung tema besar 30 pada IIMS 2012. “Jargon Move To The Next Stage di areal booth Hino merupakan gambaran bahwa Hino selalu bergerak dan maju ke level berikutnya yang diikuti oleh pengingkatan fasilitas showroom dealer terstandarisasi”, ungkapnya.

Dalam IIMS 2012 kali ini, kata Santiko, Hino menampilkan 7 unit yang mewakili varian kendaraan Hino, yakni Hino Bus S’elega hybrid Premium, Hino Ranger FM2PKMA NGV, Hino Ranger FG 235 T, Hino Ranger FL 260 JW – Hino Original Wing Box, Hino 700 ZY1EWPD, Hino Dutro 110 THU, SEP 20, 2012 Long, dan Hino Dutro 4×4 Mobile Services.

Lebih lanjut Santiko mengatakan bahwa Hino tidak hanya menghadirkan kendaraan yang didatangkan khusus dari negara asalnya, namun juga memfasilitasi aktivitas kunjungan pabrik bagi costumer.
“Kegiatan ini menjadi sarana bagi Hino untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan costumer, dimana pengunjung pabrik dapat melihat proses produksi unit Hino di lokasi perakitan, sekaligus meninjau pusat services dan spare parts Hino”, pungkasnya.

Mengenal Teknologi Hybrid Hino Selega

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di antara deretan merek dan model kendaraan niaga yang dipamerkan Agen Tunggal Pemegang Merek (APM) di ajang Indonesia International Motor Show 2012, satu yang menarik perhatian adalah hadirnya bus besar Hino Hybrid Selega R.


Yang menarik dari bus ini adalah teknologi hybridnya. Bus ini digerakkan dengan tenaga listrik dan mesin diesel. Kolaborasi keduanya menghasilkan tenaga maksimum 240 hp (20 hp di bawah sasis ladder frame bus Hino tipe R260 yang saat ini diedarkan Hino di pasar Indonesia.

Tenaga maksimum ini bisa didapat di putaran rpm 2500 dengan torsi maksimum 834 Nm pada 1200 rpm. Mesinnya menggunakan tipe J08E-1M enam silinder segaris berkapasitas 7.684 cc high pressure common rail fuel injection system.

Sementara motor generatornya menggunakan model 1M bertenaga 55hp dan baterai tipe sealed nickel-hydrogem berkapasitas 13Ah dengan voltase 274 volts.

Sel baterai ini ditempatkan dibelakang roda depan. Jika pintu bagasi dibuka akan terlihat sebuah boks berukuran besar. Di dalam boks itulah tersimpan baterainya.

Bus ini menggunakan sasis tipe space frame dengan suspensi udara pada keempat titik rodanya. Kabinnya dirancang mewah dengan konfigurasi bangku 2-1 yang dipisahkan sebuah lorong cukup lapang di bagian tengah.

Setiap penumpang di bus ini dimanjakan dengan fasilitas hiburan personal berupa layar berukuran sekitar 10 inch dari Panasonic untuk menyimak film atau siaran televisi pada setiap bangkunya.

Setiap bangku menggunakan material kursi dan pelapis lembut dan berkualitas. Begitu juga material plastiknya. Bus ini juga dilengkapi toilet yang diletakkan di bagian belakang. Akses pintu masuk penumpang menggunakan pintu pneumatik.

PT Hino Motor Sales Indonesia yang mendatangkan bus ini ke IIMS 2012 mengimpornya langsung dalam wujud utuh (built-in) dari Jepang. Dengan spesifikasi interiornya yang demikian mewah, bus ini cocok dipakai untuk perjalanan jauh.

Sayangnya, bus ini belum akan masuk ke Indonesia secara komersial dalam waktu dekat lantaran masih ada kendala pada ketersediaan stasiun pengisian ulang baterai serta ketersediaan jaringan SPBU yang menyediakan bahan bakar solar berkualitas di Tanah Air mengingat mesinnya sudah bertipe commonrail.

Jumat, 21 September 2012

Dealer Hino di Cikokol Tangerang, Arimbi Jaya Agung

Salah satu dealer Hino yang mempunyai fasilitas 3S (Sales, Service dan Spare part) dan terletak di daerah Tangerang adalah Arimbi Jaya Agung.

 Logo Hino dengan warna merah dan nama dealer terpampang dengan jelasnya sehingga memudahkan para pelanggan Hino untuk mengenalnya.

Interior yang berkesan megah, modern, luas sehingga para pelanggan merasa betah. Walaupun kendaraan Hino adalah kendaraan niaga tetapi tidak berkesan kumuh.


Standar rak penyimpanan spareparts yang tersusun rapi. Setiap jenis spare parts mempunyai nomor lokasi.
Big Rack yang diperuntukkan untuk menyimpan pasrt yang besar ataupun dalam jumlah banyak. Ada 3 jenis rak, yaitu small, medium dan big. Dengan macam rak yang ada makan akan membuat efisien pemakaian ruang gudang.

IIMS 2012: Hino Tampilkan Hybrid dan CNG



Jakarta–PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memeriahkan ajang Indonesia International Motors Show (IIMS) 2012, melalui dua teknologi yang secara khusus didatangkan dari negara asalnya, yakni Hybrid, yang tampil melalui unit S’elega Hybrid Premium Bus (Jepang), dan CNG (Gas), yang hadir melalui unit Ranger FM2PKMS NGV (Thailand).

Sales and Promotion Director HMSI Santiko Wardoyo, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, kepada wartawan, di JIExpo, Jakarta, Kamis, 20 September 2012, mengatakan, IIMS 2012 menjadi salah satu ajang bagi Hino untuk lebih mempromosikan kelebihan teknologi yang Hino miliki.

“Sejalan dengan tema IIMS 2012, ecomobility Hino juga menyoroti konsep ramah lingkungan melalui produksi kendaraan truk dan bus ramah lingkungan”, jelasnya kepada wartawan.
Ia menambahkan, Hino mengambil momentum perayaan 30 tahun Hino di Indonesia dengan mengusung tema besar 30 pada IIMS 2012. “Jargon Move To The Next Stage di areal booth Hino merupakan gambaran bahwa Hino selalu bergerak dan maju ke level berikutnya yang diikuti oleh pengingkatan fasilitas showroom dealer terstandarisasi”, ungkapnya.

Dalam IIMS 2012 kali ini, kata Santiko, Hino menampilkan 7 unit yang mewakili varian kendaraan Hino, yakni Hino Bus S’elega hybrid Premium, Hino Ranger FM2PKMA NGV, Hino Ranger FG 235 T, Hino Ranger FL 260 JW – Hino Original Wing Box, Hino 700 ZY1EWPD, Hino Dutro 110 THU, SEP 20, 2012 Long, dan Hino Dutro 4×4 Mobile Services.

Lebih lanjut Santiko mengatakan bahwa Hino tidak hanya menghadirkan kendaraan yang didatangkan khusus dari negara asalnya, namun juga memfasilitasi aktivitas kunjungan pabrik bagi costumer.

“Kegiatan ini menjadi sarana bagi Hino untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan costumer, dimana pengunjung pabrik dapat melihat proses produksi unit Hino di lokasi perakitan, sekaligus meninjau pusat services dan spare parts Hino”, pungkasnya.

Kamis, 20 September 2012

Mengenal Interior Hino Hybrid Selega


Kalau mobil penumpang bermesin hybrid, rasa-rasanya merupakan hal yang tidak asing lagi di Indonesia . Namun kalau bus dengan teknologi Hybrid, masuk ke dalam negeri, seperti apa ya?




Diam-diam PT. Hino Motors Sales Indonesia telah menjawab tantangan tesebut. Hal ini diwujudkan dengan diluncurkannya bus berteknologi hybrid di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Diberi nama Hino Selega Hybrid, bus ini didatangkan langsung dari Jepang demi menjawab kebutuhan industri otomotif Indonesia yang haus akan mesin ramah lingkungan.





Bus ini memiliki mesin berkapasitas 7.684 cc dengan 6 silinder. Bus yang menggunakan mesin gabungan antara diesel dengan motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 240 HP dengan torsi maksimum 834 Nm pada 1200 rpm. Sedangkan sumber tenaga motor listrik disuplay dari baterai tipe sealed nickel-hydrogen berkapasitas 13Ah dengan voltase 274 V.


Meski terdengar menjanjikan, namun tampaknya para bus mania harus lebih sabar menanti kedatangan bus bermesin motor listrik ini di Indonesia. Karena tak dapat dipungkiri, meski telah diluncurkan dan diperkenalkan namun masalah infrastruktur yang menopang bis ini masih belum terjawab.





 

Inilah interior Hino Hybrid Selega yg ikut di pamerkan di IIMS 2012.

Hino Hybrid Selega Hadir di IIMS 2012

Ayo.....kunjungi booth HINO di OUT DOOR IIMS 2012.

Hybrid tidak hanya untuk mobil passenger saja tapi juga untuk kendaraan komersial. Hino Pakarnya Bus dan Truk...sudah memproduksinya di Jepang.

Anda bisa melihatnya di IIMS 2012....

Hino WING BOX FL235

Bisnis transportasi di Indonesia berkembang sangat pesat. Permintaan pasar akan kemampuan angkut kendaraan yang semakin besarpun bertambah.

Hino mempunyai kendaraan yang cocok untuk kargo yaitu FL235. Untuk memudahkan proses masuk dan keluar barang maka bentuk bak yang cocok "Wing Box".

Banyak karoseri yang sudah bisa membuat Wing Box. Tapi bahan yg digunakan berat sehingga menambah beban kendaraan dan sulit pengoperasiannya.

PT HMSI telah mengeluarkan WING BOX yang ORISINIL dari Jepang. Bahannya sangat RINGAN. Customerpun merasakan USER FRIENDLY karena dgn satu tanganpun bisa buka dan tutup.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut...silahkan hubungi DEALER HINO terdekat.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Pengunjung Membanjiri Booth Hino di IIMS 2012

Bertepatan dgn hari libur kota Jakarta krn pd tgl 20 Sept adalah hari pemilihan gubernur DKI tidak menyurutkan minat warga untuk mengunjungi IIMS 2012 di PRJ Kemayoran.

Hari pertama ini memang ditujukan bagi tamu-tamu VIP. Rekan-rekan Dealer yang menemani para customer berdatangan.

Mereka sangat antusias untuk menanyakan kendaraan yang di pamerkan dan juga spare part HOP.

Service Car Hino utk pertambangan Hino Dutro 4x4


Untuk mendukung kelancaran After Sales Service di daerah pertambangan dengan medan off road, Hino Sevice Car menggunakan unit Hino Dutro 4X4.

Tampak bodinya yang kekar dengan warna silver membalut Hino Service Car ini. Sapasang tangan yang sedang berjabat tangan, menggambarkan hubungan yang erat antara Hino dengan para peelanggannya. Hino peduli dengan Anda!Bahkan sampai pelosok daerahpun seperti di pertambangan, Hino selalu hadir.

Sebagai Service Car maka tak lengkap jika tidak menyediakan keperluan spare partnya. Untuk itu, logo "HOP" mewakili spare part sebagai pendukung After Sales Servicenya.


Hino sebagai "Pakarnya Bus dan Truk" benar-benar memahami keinginan para customernya agar Service Car ini bisa membantu para customer pertambangan.

Rabu, 19 September 2012

Behind the scene: Persiapan Pameran IIMS 2012

Persiapan pameran IIMS juga tak lepas dr peran para pendukung pameran. Mereka bekerja beberapa hari sampai larut malam bahkan di hari terakhir sampai menginap di booth.

Terima kasih buat rekan-rekan panitia yang sudah bekerja keras mempersiapkan pameran di IIMS 2012 ini.

Spare part HOP untuk KWALITAS PRIMA

Persaingan bisnis yg semakin ketat menjadikan beberapa alternatip pilhan. Utk spare part,banyak beredar barang-barang IMITASI.

Jangan terkecoh dengan HARGA MURAH yg di tawarkan. Perhatikan dengan TELITI hal-hal berikut ini:
1: Kardus
2. Label
3. Fisik barang
4. Material / bahan

Dengan TELITI makan Anda akan terhindar dari pamakaian barang Imitasi.

Spare part Hino hadir di paeran IIMS 2011

Memasuki ruang pamer Hino di booth outdoor 2, maka kita bisa melihat deretan sparepart Hino di rak berwarna putih. Beberapa item spare part yang telah di buat LOKAL di pamerkan seperti baut roda, filter-filter, kampas  rem, gasket cylinder head, air radiator, minyak rem, dll

Peran spare parts sebagai pendukung after sales service sangat penting. Hino sebagai "Pakarnya Bus dan Truk" tahu betul akan pentingnya ketersediaan spare part.

Dengan kemudahan mendapatkan spare part , harganya terjangkau, tersedia di banyak tempat maka para customer Hino tidak perlu khawatir.

Spare part Hino yang sudah di buat LOKAL dinamakan HOP. Beberapa item spare part HOP, kami pajang di IIMSI



Opening IIMS 2012

Hari ini, 20 September 2012 di mulainya pameran akbar Otomotif Nasional yaitu Indonesia Internasional Motor Show (IIMS).

Tema yg digelar di th 2012 adalah ECO MOBILITY shg para produsen kendaraan akan berlomba menampilkan kendaraan yg irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Bagaimana dengan Hino? Sebagai Pakarnya Bus dan Truk, tentu Hino tampil dg kendaraan Hybridnya yaitu Hino Bus Selega....

Pastikan Anda mengunjungi booth Hino di Outdoor OD2.....

Hino Move To The Next Stage

Hino Booth IIMS 2012 di Outdoor : OD2

Kompas, 20 September 2012 menampilkan ulasan tentang Indonesia Motor Show 2012. Hino sebagai salah satu produsen otomotif di Indonesia juga ikut berpartisipasi.

Penasaran dengan apa yang akan ditampilkan di booth Hino? Kendaraan apa sih yang akan di tonjolkan di IIMS 2012? AYo...segera kunjungi stand Hino di booth Outdoor 2.

Denah Lokasi Booth Hino di IIMS 2012

Inilah peta lokasi Hino di IIMS 2012, yaitu di Outdoor, OD2.

Pastikan melihat Hino Bus Selega Hybrid di IIMS 2012.....

Selasa, 18 September 2012

NPN 142 : Engine Assy FM8

Untuk mendukung After Sales Service khususnya ketersediaan spare part maka PT HMSI juga menyediakan ENGINE ASSY.

Dengan adanya Engine Assy ini maka jika kendaraan Anda mengalami kerusakan parah, dapat langsung di pasang. Dengan denmikian akan mewngurangi WAKTU TUNGGU/DOWN TIME.

Hino sebagai pakarnya kendaraan Bus dan Truk, sangat memahami kebutuhan para pelanggannya dengan menyediakan sparepart tidak hanya yang bersifat Fast Moving tapi juga Slow Moving, seperti Engine Assy.


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Hino Ajak Siswa SMK Lihat Langsung Perakitan Truk

PURWAKARTA - Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, Hino Indonesia bersama PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) khusus pelajar. CSR tersebut berupa kunjungan pabrik dari dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Jakarta dan Bandung.


Sebanyak 50 siswa dari SMK 5 Jakarta dan lima siswa SMK 12 Bandung terlibat dalam kunjungan pabrik yang terletak di di Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat. Para tunas-tunas bangsa ini diberi kesempatan untuk melihat lebih dekat proses produksi kendaraan Hino kategori 2 Dutro dan kategori 3 Ranger.

"Tujuan kami dalam memfasilitasi siswa kejuruan untuk mengunjungi pabrik ialah mengenalkan dan menyebarkan pengetahuan teknologi serta inovasi Hino Indonesia," jelas Deputy Associate Director HMMI, Kristijanto di Purwakarta, Kamis (30/8/2012).

"Kami harap siswa menikmati pengalaman langsung melihat dan belajar segala sesuatu yang mereka perlu tahu tentang produksi dan inovasi yang Hino miliki. Program ini akan menjadi kesempatan yang sangat bermanfaat bagi mereka," tambahnya.

Bagi siswa-siswa ini, kunjungan pabrik menjadi hal yang baru. Disini para siswa dapat melihat langsung proses perakitan truk dan ini dapat menambah pengetahuan mereka.

"Yang saya dapat pengalaman baru ya tentunya, disini hal-hal yg tadinya tidak terbayang bisa terjawab," ungkap Aditya Setiawan, siswa kelas III SMK 5 Jakarta yang mengikuti kunjungan pabrik ini.

Siswa jurusan automotif yang ingin langsung bekerja usai lulus sekolah ini menilai alat-alat yang digunakan HMMI sudah modern sehingga mempermudah pekerjaan dalam menjalankan tugasnya.

Sekadar informasi, pabrik Hino berdiri diatas lahan seluas 25,5 hektar dengan kapasitas produksi sebanyak 75 ribu unit. Saat ini, pabrik HMMI mempekerjakan sebanyak 2.205 karyawan.

Sementara itu, Hino sudah menguasai pasar truk kategori tiga selama 12 tahun dengan market share mencapai 60 persen di Indonesia.

Peresmian Dealer Hino di Solo : Mitra Pratama Mobilindo

SOLO—PT Mitra Pratama Mobilindo (MPM) resmi mengambil alih manajemen diler resmi truk Hino yang sebelumnya dipegang PT Sun Motor.


Menurut Direktur Utama PT MPM, Jeffry Hosea pengambilalihan manajemen ini merupakan penyesuaian standarisasi showroom Hino dan memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan Hino. “Dan PT MPM ini sudah diluar jaringan Sun Motor Grup,” kata Jeffri, kepada wartawan, sebelum Re-Opening Hino Solo, Senin (10/9/2012).

Dia juga mengatakan, perubahan nama dan standar diler sesuai standarisasi Hino Indonesia juga dilakukan untuk meningkatkan brand image truk Hino di pasar Jateng khususnya Solo.

Sales and Promotion Director PT Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo mengatakan, standarisasi showroom Hino di Solo ini bertujuan mengejar target pertumbuhan penjualan truk Hino tahun ini yang dipatok 40%. Jika tahun lalu secara nasional Hino menjual 24.500 unit truk, tahun ini harapannya bisa mencapai 35.000 unit.

Gudang sparepart di MPM Solo ini naik dua kali lipat, dari semula 100 meter persegi menjadi 185 meter persegi. Kemudian ruang servis juga semakin luas. Harapannya, pelanggan bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan khususnya untuk purna jual.

Santiko menjelaskan, di Indonesia Hino menguasai pasar kendaraan niaga kategori tiga (contohnya truk besar varian Ranger seri 500) sebesar 60%, dan kategori 2 (truk Dutro seri 300) sebesar 14,4%. Sementara di Jateng, Hino telah menguasai kendaraan niaga kategori 3 sebesar 62% dengan angka penjualan sekitar 733 unit. “Di tahun 2012, kami menargetkan market share untuk truk kategori tiga ini menjadi 75% dan truk kategori 2 menjadi 20%.”

Di Solo sendiri, tambah Jeffri, hingga kuartal II tahun ini mampu menjual rata-rata 25 unit truk per bulan. “Dengan adanya peningkatan standar showroom kami berharap bisa meningkatkan angka penjualan hingga dua kali lipat,” kata Jeffri.

Saat ini, MPM sudah mempunyai tiga cabang 3S (sales, servis and sparepart) di tiga kota besar lainnya di Jateng, di antaranya Semarang, Jogja dan Purwokerto. “Ke depan kami juga akan terus memperluas layanan dengan membuka outlet-outlet baru khusus untuk penjualan.”

Marketing and Dealer Development Direcotor PT Hino Motors Sales Indonesia, Nobutaka Otani mengatakan, MPM di Solo adalah diler Hino keenam di Indonesia yang sudah dikembangkan sesuai dengan standar diler utama Hino. Selain MPM, Hino juga memiliki 18 jaringan sparepart yang tersebar di Solo. “Dan secara nasional, kami punya jaringan penjualan Hino sebanyak 117 outlet dan hingga Maret 2013 targetnya kami punya 135 outlet.”

IIMS: Hino Perkenalkan Bus Hybrid dan Truk Berbahan Bakar Gas

JAKARTA-PT Hino Motors Sales Indonesia, agen tunggal pemegang merek truk dan bus Hino, menampilkan produk unggulan terbaru yang ramah lingkungan bus Hino Selega Hybrid dan truk Hino Truck Head CNG dalam event Indonesia International Motor Show 2012.


Ardiyasa Dwisaputra, Promotion and Public Relation PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan sekitar 7 unit dari truk tipe paling besar hingga terkecil yang menjadi unggulan Hino di Tanah Air akan hadir dalam pameran akbar IIMS pada 20-30 September 2012.

“Selain produk unggulan tersebut ada 2 unit yang spesial didatangkan untuk IIMS berupa kendaraan ramah lingkungan yaitu bus Hino Selega Premium Hybrid dan truk Hino Truck Head CNG yang berbahan bakar gas,” katanya di Jakarta, Senin (10/9/2012).

Menurutnya, Hino Selega Premium Hybrid merupakan bus berteknologi dua mesin dengan sumber penggerak dari listrik dan premium, yang sudah ditampilkan pada Tokyo International Motor Show beberapa waktu lalu. Pengunjung IIMS 2012 dapat melihat langsung keunggulan bus berteknologi hybrid itu, lanjutnya, yang interiornya didesain cukup mewah dengan berbagai fitur pendukung yang mengagumkan.

Ardiyasa menjelaskan Hino Truck Head CNG merupakan truk trailer berbahan bakar gas yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia, mengingat kekayaan sumber gas Compressed Natural Gas (CNG) yang sangat melimpah di dalam negeri. “Hino sudah lama mengembangkan kendaraan berteknologi hybrid maupun berbahan bakar gas. Bahkan, Hino sudah membuktikan berhasil memasok bus berbahan bakar gas yang telah dioperasikan untuk armada bus Transjakarta,” ujarnya.

Dia mengatakan Hino siap memasok truk dan bus berbahan bakar gas untuk memenuhi berapa pun kebutuhan pasar Indonesia, sebagaimana di Thailand dan Jepang yang sebagian pasarnya telah digarap Hino dengan baik karena ada dukungan infrastrukturnya. Namun, lanjutnya, pengembangan pasar truk dan bus berbahan bakar gas di Tanah Air masih terhambat oleh belum siapnya infrastruktur pendukung antara lain ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar gas dalam jumlah memadai serta jaminan pasokan gasnya.

Santiko Wardoyo, Sales and Promotion Director PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan Hino siap memasok bus berbahan bakar gas untuk memenuhi kebutuhan angkutan umum di Jakarta dan kota besar lainnya di tanah air. “Kami punya teknologi yang mampu memproduksi truk dan bus berbahan bakar gas. Buktinya, Hino sudah memproduksi 90 unit bus untuk bus Transjakarta,” tegasnya.

Menurutnya, Hino secara internasional telah memproduksi truk dan bus berbahan bakar gas, antara lain di Thailan yang sudah mencapai sekitar 40% dari total penjualan Hino di negeri gajah tersebut. Dia mengatakan Hino siap memproduksi kendaraan niaga jenis truk dan bus, sejalan dengan program pemerintah menggalakkan penggunanan bahan bakar gas untuk kendaraan pribadi, operasional kantor dan angkutan umum guna menghapus subsidi harga bahan bakar minyak.

Hino merupakan salah satu dari 10 merek kendaraan niaga yang berpartisipasi dalam IIMS 2012 di Jakarta International Expo Kemayoran, meliputi Foton, FAW, Hino Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Nyna, dan UD Truct. PT Isuzu Astra Motor Indonesia juga tidak ketinggalan memamerkan sejumlah produk unggulan terbarunya dalam IIMS 2012, termasuk unit Isuzu teknologi baru yang berbahan bakar gas sebagai bagian dari program green car.

INDUSTRI OTOMOTIF: Hino luncurkan bus & truk ramah lingkungan di IIMS 2012

JAKARTA: PT Hino Motors Sales Indonesia, agen tunggal pemegang merek truk dan bus Hino, menampilkan produk unggulan terbaru yang ramah lingkungan bus Hino Selega Hybrid dan truk Hino Truck Head CNG dalam event Indonesia International Motor Show 2012.


Ardiyasa Dwisaputra, Promotion and Public Relation PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan Hino Selega Premium Hybrid merupakan bus berteknologi dua mesin dengan sumber penggerak dari listrik dan premium, yang sudah ditampilkan pada Tokyo International Motor Show beberapa waktu lalu.

Pengunjung IIMS 2012 dapat melihat langsung keunggulan bus berteknologi hybrid itu yang interiornya didesain cukup mewah dengan berbagai fitur pendukung yang mengagumkan.

Ardiyasa menjelaskan Hino Truck Head CNG merupakan truk trailer berbahan bakar gas yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia, mengingat kekayaan sumber gas Compressed Natural Gas (CNG) yang sangat melimpah di dalam negeri.



IIMS 2012: Tak Sekadar Jualan Mobil



Pameran akbar automotif The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 akan dibuka pada Jumat (21/9). Para agen pemegang merek (APM) siap memberi banyak kejutan bagi para pencinta automotif di Tanah Air.

Gelaran IIMStahun ini merupakan yang terbesar yang pernah diselenggarakan,baik dalam hal luas area maupun jumlah peserta.Para APM dan industri pendukung automotif yang hadir di ajang IIMS 2012akan menempati area pamer seluas 71.331 m2,lebih luas 10% dibanding luas area pameran tahun lalu yang menempati lahan seluas 63.654 m2.Panitia akan menggunakan Hall A,B,C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga.

Sampai dengan saat ini,tercatat 35 merek kendaraan yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga berpartisipasi pada ajang IIMS 2012. Tahun ini IIMSakan mengusung tema Eco-Mobility yang menggambarkan tekad dan keseriusan IIMSuntuk mendukung lingkungan hidup. Tema ini mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang baru,mendukung cara cerdas bertransportasi,mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil,serta semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi.

Tema ini dianggap mampu mempromosikan mobilitas dan aksesibilitas yang ramah lingkungan serta efisiensi bahan bakar,khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Apalagi konsumsi BBM di Tanah Air terus meningkat setiap tahun. Beberapa APM akan menampilkan mobil-mobil konsep masa depan dan produkproduk yang ramah lingkungan sejalan dengan tema IIMS kali ini.Ajang IIMSbukan lagi sebagai arena jualan atau mengejar target angka-angka jualan,tapi sebagai ajang para APM memperkenalkan teknologi-teknologi terbaru. Tema eco mobility itu diimplementasikan dengan hadirnya mobil-mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Daihatsu misalnya, akan menghadirkan mobil konsep dari generasi Daihatsu Copen juga mobil konsep Daihatsu Mud Master-C.Sementara Hino Motors Sales Indonesia bakal memperkenalkan bus premium hybrid.Dengan teknologi hybrid, bus lansiran Hino ini diyakini akan menekan konsumsi BBM. Tak hanya Daihatsu dan Hino,APM lainnya seperti Honda akan menghadirkan All New Honda CR-V 2012. Mobil ini memiliki fitur pengendaraan ekonomis yang disebut ECON.Dengan menekan tombol itu,pengemudi akan dipandu bagaimana cara mengemudikan mobil secara efisien dan ekonomis.Juga ada All New Ford Focus,jagoan Ford yang mengusung fitur canggih dan hemat bahan bakar.

Sementara,Mazda bakal menampilkan Mazda Biante yang memiliki performa ciamikdan hemat bahan bakar. Untuk mobil listrik dan hybrid,Toyota menghadirkan Prius Plug In dan Prius C,serta All New Camry hybrid. APM di Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan program eco cars dengan terus mengembangkan produk berteknologi ramah lingkungan yang hemat bahan bakar.Salah satunya diwujudkan dengan memproduksi mobil murah (Toyota Agya dan Daihatsu Ayla) yang diklaim hanya mengonsumsi bahan bakar satu liter untuk jarak tempuh 22 kilometer hingga 30 kilometer.

ATPM lain seperti Suzuki, Nissan,Mitsubishi,dan Honda juga akan menghadirkan mobil di segmen yang sama dalam waktu dekat. Tema eco mobility itu juga diimplementasikan dalam desain boothsaat pameran. Chrysler Indonesia misalnya, akan menampilkan boothdengan tema Stay Driven: Harmony Technologyyang memadukan antara desain dinamis dan alur yang seimbang,sebuah keselarasan antara teknologi dan alam.Sementara, Daihatsu akan mengusung tema besar Best Friend of Life.

Unsur air dan daun akan mendominasi rancangan boothDaihatsu yang merupakan bagian dari konsep eco friendly sebagai tema utama boothDaihatsu. Tema tersebut dipilih Daihatsu karena memiliki visi yang sama dengan semangat eco-mobility dari ajang IIMS 2012. Adapun Toyota Indonesia akan menghadirkan tema Goodness for Tomorrow,yaitu sebuah semangat untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan yang lebih baik.

Sementara BMW menghadirkan line up produk terbaru yang semuanya mengusung teknologi efficient dynamics,yaitu teknologi yang dikembangkan BMW dengan tujuan mengurangi pemakaian bahan bakar dan emisi dan pada saat bersamaan meningkatkan performa serta kenikmatan berkendara. Sementara Nissan Motor Indonesia dan Infiniti mengusung tema Innovation that Excitesdengan menghadirkan mobil-mobil konsep ramah lingkungan.

Keseriusan APM dalam mendukung penghematan bahan bakar merupakan langkah cerdas untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan efisiensi penggunaan bahan bakar serta semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi.Akankah pemerintah memberikan dukungan bagi upaya penghematan energi tersebut? 



Senin, 17 September 2012

PT Hino Motors Sales Indonesia Memperluas Penjualan Suku Cadang

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperluas penjualan suku cadang dengan mendirikan Depo Spare Parts di Kabupaten Sidoarjo supaya mampu mengurangi waktu pengiriman untuk wilayah Indonesia Timur.

Presiden Direktur HMSI Toshiro Miszutani mengatakan Rabu, dengan adanya depo suku cadang tersebut diharapkan mampu mengurangi lamanya waktu pengiriman suku cadang untuk wilayah Indonesia Timur.

"Depo baru Hino ini sudah menjadi agenda perluasan jaringan kami di tahun 2012 dan akan diikuti dengan pembukaan depo - depo lanjutan seperti di Medan dan Balikpapan," katanya.

Ia mengemukakan, depo - depo tersebut paling lambat akan dibuka pada akhir tahun ini dan diharapkan sudah mampu memberikan kontribusi positif kepada pasar terutama wilayah Indonesia Timur.

"Terkait dengan layaan purna jual, Hino saat ini menguasai pasar kendaraan niaga kategori tiga sebesar 60 persen dan kategori dua sebesar sebelas persen di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, untuk mendukung pasar tersebut, saat ini Hino telah memiliki 117 dealer dan sub dealer, dan juga memiliki 148 jaringan servis yang tersebar di Indonesia.

"Intinya dengan adanya pembangunan depo bangunan ini mampu memberikan kontribusi terhadap dealer yang membutuhkan suku cadang kendaraan tanpa harus menunggu pengiriman dari Jakarta yang membutuhkan waktu lebih lama," katanya.

Sementara itu, Executive Officer HMSI, Iwan Supriyono mengatakan, Hino memiliki truk ringan yang telah disesuaikan dengan karakter medan dan operasional di Jawa Timur dan juga Indonesia wilayah Timur untuk mengatasi beban berat dan medan yang ekstrim.

"Truk ini telah dirancang khusus dengan mengedepankan kemampuan karena memiliki gardan besar dan torsi yang mumpuni sehingga sangat cocok digunakan untuk daerah pertambangan dan juga pengangkut kelapa sawit," katanya.

Penjualan Truck Tidak Terpengaruh Dengan DP 30%

KBRN, Surabaya : Peraturan Bank Indonesia yang menerapkan down payment (DP) 30% untuk pembayaran kredit pembelian barang apapun, tidak mempengaruhi penjualan kendaraan bermotor khususnya mobil dengan kapasitas besar, seperti bus dan truck.
Kendaraan jenis bus ataupun truck oleh para pembeli biasanya digunakan sebagai fasilitas dan saran usahanya. Diantaranya bagi perusahaan oto bus, maupun sarana distribusi untuk truck.
Sales and Promotion Director PT. Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo mengungkapkan, jika kebijakan tersebut tidak mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap jenis mobil besar. Karena kendaraan tersebut digunakan untuk usaha.
"Untuk DP praktis kita tidak pengaruh, memang inikan lain ya? Kalau bicara masalah truck, inikan mobil kerja ya? Kalau mobil kerja itu, kebanyakan mereka mereka boleh dibilang, segmen segmen di Hino ini, mereka mereka sudah punya modal kerja, punya duwit gitu lho. Jadi masalah down payment tidak masalah," ujar Santiko, di sela pembukaan depo suku cadang di Surabaya, Rabu (12/9).
Di Jawa Timur pangsa pasar kendaraan jenis truck cukup besar, sejak awal tahun 2012 sampai dengan bulan Juni ini, Hino telah mencatatkan penjualan sebanyak 1100 unit all varian. Sedangkan Surabaya, 80% diantaranya pembelian truck jenis kargo. 
"Surabaya itu dominan kendaraan kargo, yakni varian 6x2 atau 4x2. Khusus Jawa Timur total untuk jualan sampe bulan Juni, di angka 1100 unit all varian," tambahnya.
Sementara itu, pembukaan depo suku cadang di Surabaya, tambah Santiko, untuk mensuport penjualan, menjamin ketersediaan suku cadang, mempercepat delivery, selain itu untuk menghemat. 
"Aktivitas atau program program ini akan terus kita lakukan, mengingat unit Hino yang beredar di Indonesia cukup banyak. Perhari 116 ribu tahun 2012, dan 2015 mendatang diperkirakan 250 ribu, sehingga kebutuhan spare part sangat dibutuhkan, karena truk itu kan untuk bekerja, kalo diamnya terlalu lama nanti tidak bagus," imbuhnya.

Ekspansi Pabrik, Hino Gelontor Investasi Rp1,2 T

URABAYA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelontor investasi untuk pengembangan pabrik di Indonesia. Investasi tersebut mencapai USD125 juta (Rp1,2 triliun), dan akan berjalan pada akhir tahun 2012.

President Director HMSI Toshiro Mizutani mengatakan, nilai investasi itu adalah untuk pengembangan pabrik di Indonesia, yakni peningkatan kapasitas produksi.

"Kita akan bermain di kapasitas 75 ribu unit per tahun. Pada tahun sebelumnya hanya 35 ribu unit per tahun," kata Toshiro usai peresmian Depo baru Hino di Surabaya, Rabu (12/9/2012).

Ekspansi pabrik tersebut meliputi proses Asemmbling dan Manufaturing unit di Indonesia. Menurutnya, permintaan pasar kendaraan niaga di indonesia masih terbuka lebar. Saat ini, Hino Indonesia menguasai pasar kendaraan niaga Kategori 3 sebesar 60 persen dan Kategori 2 sebesar 11 persen. Kategori 2 adalah kendaraan dengan berat 8 ton dan Kategori 3 dengan berat 26 ton.

Untuk mendukung pasar tersebut, lanjutnya, Hino telah memiliki 117 dealer dan Sub Dealer, 1.603 part shop dan 148 jaringan service yang tersebar di Indonesia.

Sementara itu Executive Officer HMSI Irwan Supriyono menambahkan, total penjualan unit Hino hingga Juli 2012 mencapai 21 ribu unit, sedangkan target hingga akhir tahun sebesar 35 ribu unit. Irwan juga menyebut, untuk Jawa Timur hingga Juli 2012 tercatat penjualan hingga 1.100 unit.

Jumlah tersebut 80 persen adalah kendaraan niaga untuk Cargo yang terdiri dari varian 6X2 FL series dan 4X2 FL Series. "Target wilayah Jawa Timur hingga akhir tahun 2012 mencapai 4200 unit all varian," tambahnya.

Ke depan, dengan dibangunnya sejumlah depo baru akan semakin mempercepat pengiriman unit serta pelayanan ketersediaan spare part kendaraan.

"Misalnya, dengan adanya Depo di Surabaya, efisiensi pengiriman menjadi mudah. Jika dari Jakarta akan butuh waktu lima hari mengirim barang ke Kalimantan, namun ketika dikirim dari Surabaya butuh waktu dua hari saja," papar Irwan.