Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Senin, 28 Juni 2010

Hino Family Day 2010

Merupakan acara rutin tahunan yg diadakan untuk mengakrabkan keluarga besar HMSI. Berlibur bersama keluarga? Siapa yg nggak mau? Dan yg di tunggu teman-teman adalah door prizenya.

Setuap karyawan pasti akan mendapat door prize, serukan? Mau tahu GRAND PRIZEnya? Sepeda motor.....wow kerennn ...

Kapan nih acaranya? Sabtu, 3 Juli 2010,di Snow Bay,TMII. Ayo...jangan sampe nggak dtg ya....

HINO: SLOW MOVING PARTS

Adalah sparepart yg penggantiannya sangat lama, seperti: Blok Mesin, Kabin. Oang biasa menyebutnya "barang antik" Sehingga, dealer ataupun partshop, jarang untuk punya stok.

Walaupun Slow Moving Parts, merupakan kewajiban dealer Hino, untuk selalu menyediakan parts yg termasuk Slow Moving Parts.

HINO: MEDIUM MOVING PARTS

Adalah spareparts yg pergerakannya medium, tidak terlalu cepat dan tidak lambat. Oleh karena itu, parts ini diganti bisa setahun atau dua tahun sekali, seperti Turbo, Liner, Piston.

Walaupun Medium Moving Parts, suatu saat bisa saja berubah menjadi Fast Moving Part krn semakin tua kendaraan maka sparepaetnya akan semakin sering diganti.

Pastikan, Medium Moving Parts selalu tersedia di dealer dan partshop.

Hino FAST MOVING

Dalam sparepart bisnis, berdasarkan pergerakannya, dikenal FAST MOVING. Artinya, sparepatt tsb pergerakannya sangat cepat krn dibutuhkan rutin oleh kendaraan. Yg termasuk soarepart FAST MOVING adalah filter solar, saringan udara, filter oli, kampas rem,plat kopling.

Bagi dealer maupun partshop, Fast Moving Part adlh parts yg wajib ter sedia krn pasti sangat laku,sangat di cari oleh customer.

Sudah tersediakah FAST MOVING PARTS di toko Anda?

HINO: green

Bagi para Hino lovers, pasti tahu ciri khasnya, yaitu warna kabinnya yg hijau. Bahkan warna tsb sering di sebut hijau Hino.

Hijau sering dianalogikan dgn kemakmuran. Semoga para pemakai Hino diberi kenakmuran sehingga INVESTASI kendaraan Hinonya mampu memberikan keuntungan.

Hino Green juga berarti ramah lingkungan. Sekarang in dunia berlomba-lomba mengkampanyekan pentingnya ramah lingkungan. Salah satu bukti Hino juga perhatian adl dgn MENUADAKAN KAMPAS REM yg pakai ASBES. Sekarang ini, kampas rem yg dipasarkan adlh NON ASBESTOS, artinya TIDAK MENGGUNAKAN ASBES.

Love the earth...love green...love Hino!

Kemitraan Sepanjang Masa

Tema HINO NETWORK GATHERING pd tgl 17 Juli 2010 di hotel JW Marriot adalah "Kemitraan Sepanjang Masa" yg berarti bahwa hubungan antara Dealer, Partshop adalah hubungan yg setara/selevel. Tidak ada yg diatas/dibawah. Mereka adalah Mitra/Partner Bisnis.

Hubungan bisnis tersebut dgn harapan bisa berlangsung Abadi. Bukan hanya jangja pendek tapi jangka panjang.

Sebuah filosofi bisnis yg menguntungkan bagi para mitra bisnis Hino.

Jumat, 25 Juni 2010

HINO: Sparepartnya harus Genuine

Harga kendaraan Hino, berapa sih sekarang? Jika ditambah dengan karoserinya, min 600 juta-an. Apakah barang investasi Anda yang berharga tsb mau dipertaruhkan dgn pemakaian sparepart yg SEMBARANGAN?

Pada jaman yg modern,sekarang ini, rasanya akan sangat mudah menemukan Dealer atau Partshop yg menjual HINO GENUINE PARTS. Karena, kita bisa mencari dgn mudah melalui internet bahkan dealer-dealer Hino sudah pasti menyediakan Hino Genuine Part sbg After Sales Service.

Jadi, jika adanya alasan susah mendapatkan Hino Genuine Part, rasanya alasan yg tidak tepat Bagaimanapun, pemakaian Hino Genuine Part akan memperpanjang umur KENDARAAN Hino Anda!

HINO GENUINE PART pilihan yg paling tepat untuk kendaraan Hino Anda!

Rabu, 16 Juni 2010

Berakhirnya, Sparepart Managent Training di Mitra Hino

Hari ini, kami meninggalkan Mitra Hino setelah selama 2 hari memberikan training kepada teman sparepart Mitra Hino. Banyak masukan yg kami terima untuk membuat Hino sakin maju....semakin berkembang..semakin dejat di hati para pelanngannya.

Tak lupa, kami berfoto bersama di deoan kantor sparepart Mitra Hino sebagai kenang-kenangan.

Hidup Hino...Hidup Mitra Hino!

Selasa, 15 Juni 2010

Kaizen atau Perbaikan

Gudang perlu dilakukan KAIZEN secara rutin untuk mengefisiensikan kegiatan/proses. Prinsip Kaizen Gudang adalah penyimpanan Tanpa 3M,yaitu:
1. Muri (Kelebihan)
2. Muda (Pemborosan)
3. Mura (Tidak teratur)

Hari kedua, Warehouse Management Training

Hari kedua Sparepart Management Training di Banjarmasin, tepatnya di dealer Mitra Hino. Arti penting gudang,prinsip-prinsip gudang,layout gudang,dll merupakan beberapa bahan training yang disampaikan dlm training ini.

Semoga, Training ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu/wawasan peserta.

Emergency Order

Sparepart sbg After Sales Service di tuntut utk selalu tersedia barangnya(availability). Bagi Hino, yg merupakan Commercial Truck & Bus sangat menyadari akan hal ini. Untuk itu, bagi Dealer Hino yg sangat membutuhkan sparepart tapi stok di HMSI sedang kosong, dapat mengisi "Form VOR".

Dengan VOR order, maka HMSI akan mengusahakan kebutuhan sparepart tsb, dgn cara:
1. Rubbing dari Assy Part
2. Pinjam dari Assembling
3. Pinjam dealer lain
4. Order ke HML via udara

VOR order bukanlah sebuah "lembar sakti" shg apapun sparepartnya,sdh pasti barangnys ada. HMSI hanya berusaha memenuhi keperluan spart tsb dgn memberikan beberapa alternatif penyelesaian shg keperluan customer dpt disupply dgn cepat.

Berapa lama supplynya?
Jika bisa pinjam dealer/assembling/rubbing, maka hanya beberaa hari saja bisa langsung di kirim. Tapi, jika tidak ada maka harus order ke HML dgn udara. Bila di HML ada stok, maka HML akan langsung memberitahukan jadwal pengirimannya shg HMSI dpt memberitahukan ke dealer rencana kedatangannya. Rata-rata bila menuggu kiriman dr HML, sekitar 2 minggu-an.

Gunakan "VOR" untuk emergency order!

Sparepart Management Training di Banjarmasin

Hari ini, 15 Juni 2010 dimulailah Sparepart Management Training di dealer Mitra Hino. Dibuka oleh manajemen Mitra Hino yang ingin membawa Mitra Hino menjadi dealer Hino yang berkwalitas. "We Deliver Value" merupajan moto yang terus di dengungkan agar Hino di Banjarmasin tetao tetus dipercaya oleh para customer.

30 peserta darseluruh cabang Mitra Hino hadir dengan samangat utk menimba ilmu. Bahan training meliputi:
1. Sistem dan Prosedur
2. Salesmanship
3. Parts Catalog Manual
4. Electronic Parts Catalog (EPC)
5. Inventory
6. Warehouse Manajemen

Semoga training selama 2 hari ini bisa bermanfaag bagi seluruh peserta. Maju terus....MITRA HINO!

Rabu, 09 Juni 2010

HINO pilihan yang paling tepat untuk Kendaraan Komersial

Kendaraan komersial adl kend yg di gunakan untuk mencari duit/mendapatkan keuntungan atau tepatnya untuk tujuan bisnis. Sehingga tujuan seseorang mempunyai kendaraan komersial adalah "bisnis oriented". Yg namanya bisnis, pasti "profit oriented". Untuk itu, pilihan kendaraan yg akan dipakai untuk berbisnis sangat penting.

Beberapa Karakteristik Kendaraan Komersial, adalah:
1. Kuat/tangguh
2. Irit Bahan Bakar
3. Mesin bandel/awet
4. Dukungan After Sales Service
5. Mudah cari Sparepart
6. Harga jual kembali,tinggi

Apakah, HINO memenuhi karaktetistik diatas??



Peluang, dongkrak penjualan Sparepart di Juni-Juli

Juni pertengahan s/d Juli pertengahan , adalah waktunya liburan anak sekolah. Bagi pengusaha bus, inilah saat yg plg tepat untuk mendapatkan keuntungan. Penyewaan bus untuk charter pariwisata akan melonjak secara drastis.

Dengan beroperasinya armada bus tsb maka timbullah KEBUTUHAN spareparts sehingga ini menjadi PELUANG untuk mendongkrak penjualan sparepart di bulan Juni-Juli.

Ayo, segera manfaatkan peluang ini!

Memorial Photo PMC 2010

Sebuah foto akan lebih indah untuk dilihat dan juga mudah dipasang baik di meja ataupun di dinding jika memakai pigura. Ya, walaupun hanya sebagai pelengkap, tapi secara artistik sangat penting. Corak,warna, bentuk akan sangat mempengaruhinya.

Ketika saya melihat Memorial Photo PMC 3rd, di The Haven, Seminyak, Bali, saya jadi ingat akan pertemuan selama 2 hari tsb. Banyak hal yang dihasilkan yang berguna untuk perkembangan Sparepart Division. Conference sdh di gelar, tekad untuk terus maju telah dikumandangkan dan perlu terus memperbaiki diri agar tdk ketinggalan dgn para competitor.

Mari, kita bungkus/pigura hasil conference tsb dgn kerja keras agar nyata hasilnya bagi para customer Hino.

Kwalitas Blok Mesin Hino,turun?

Belakangan ini, ada beberapa customer yg menanyakan kwalitas blok mesin Hino yg sekarang, berbeda dgn yg dahulu. Hino sangat terkenal dengan Life Time Blok Mesinnya. Bayangkan, 5 thn tanpa turun mesin! Bagaimana nggak puas customernya...

Tetapi, sejak RK8J, rata-rata hanya mencapai 2 thn. Bener, nggak ya? Ada yang punya komentar?....

Training SPAREPART MANAGEMENT di Banjarmasin

Untuk meningkatkan kwalitas pelayanan di dealer Hino Banjarmasin maka HMSI akan mengadakan SPAREPART MANAGEMENT TRAINING dr tgl 15-16 Juni 2010.
Materi yang diberikan antara kain tentang Sistem Prosedur Pengorderan, Salesmanship, Pembacaan Parts Catalog Manual dan Electronic Parts Catalog tak lupa juga tentang Warehouse Management.

Semoga training yg singkat ini dapat bermanfaat bagi dealer shg pelayanan sparepartbHino daoat ditingkatkan.

Target Semester 1 th 2010

Bulan Juni adalah bulan terakhir di Semester pertama ini. Merupakan DEAD LINE bahkan boleh di bilang Injury Time bagi dealer Hino. Perjuangan untuk mendapatkan REWARD sangat ditentukan dari hasil pencapaian Target Semester 1.

Ayo, masih ada waktu 2 minggu lagi untuk tetap Optimis bahwa Target Semester 1,pasti bisa dicapai!

Kamis, 03 Juni 2010

PMC: Bali One Day Tour

Setelah,kemarin seharian mengikuti PMC dan dilanjutkan dgn training maja peserta PMC selama sehari penuh menikmati indahnta Bali. Dimulai dgn mengunjungi "Kampung Bali" untuk mencari souvenir khas Bali.

Setelah sejam, kira-kira pukul 09.00 perjakanan dilanjutkan ke Ulun Danu dan Bedugul. Sungguh indah pemandangannya apalagi hawanya cukup dingin dgn ketinggian 1250m diatas permukaan tanah. Makan siang di Bedugul Restarant di tepi danau...wow muantap.

Joger, adalah kunjungan berikutnya. Merupakan salah satu tempat yang tak boleh terlewatkan utk belanja.

Tanah Lot harus ditempuh selama 1,5 jam berikutnya. Melihst pura diatas batu karang. Tapi, sore tadi cuaca mendung shg nggak nampak ada matahari.

Dinner,hari ini di Jimbaran tepatnya di Teba Cafe. Dgn candle light di tepi pantai menambah romantis suasananya. Seafood Jimbaran menjadi menu penutup dinner mlm ini.

One Day Tour yg melelahkan...menyenangkan...semoga kita beryemu lagi di PMC berikutnya.

Rabu, 02 Juni 2010

Achieve the Unachievable

Dalam PMC 2010, salah satu acaranya adalah Training yg dibawakan oleh bp Haikal dari Anugerah Consulting. Temannya adalah "Achieve the Unachievable".
Sbg seorang Part Manager, dituntut untuk selalu mencapsi Target yg telah ditentukan. Sebagian ada yg berhasil, yg lainnya tidak. Mengapa tdk semua Part Manager berhadil mencapai Target? Bukankah, hambatan,peluang bahkan ancamannya sama?
Untuk itulah, Training ini diadakan utk memotivasi mereka bahwa Target bisa dicapai kalau kita YAKIN dan MAU BERTINDAK.

Behind The Scene, PMC

Beberapa hal yg terjadi pd saat PMC,sehingga membuat panitia kerja ekstra kerad,al:
1. Salahnya info luas Meeting Room. Seharusnya 16X8m, tertulis 8X8m.
2. Penambahan peserta yg mendadak, 1 hari sebelum keberangkatan.
3. Kurangnya koordinasi pihak hotel utk rencana photo bersama di tangga air mancur. Seharusnya, tdk dinyalakan di pagi hari agar kering. Tapi dinyalakan dan belum dibersihkan.
4. Mic disediakan 4 buah, tapi ada 2 yang habis batterai.
5. Nggak adanya standing mic di Meeting Room

Selasa, 01 Juni 2010

Part Manager Conference 3rd

Hari ini, 1 Juni 2010 dgn pesawat Garuda pagi, saya bersama teman-teman panitia lainnya terbang ke Pulau Bali tepatnya ke The Haven Hotel, minyak.

Hotel minimalis ini, dijadikan sebagai tempat acara PMC yg ke tiga. Ini, untuk pertama kalinya, sebuah PMC diadakan diluar pulau Jawa. Sebuah prestasi/penghargaan terhadap keberadaan Sparepart Departemen.
Mereka bukan menjadi kelas dua tetapi sejajar dengan Marketing Departemen.

Semoga di dua tahun kedepan PMC bisa diadakan di luar negeri. Mungkinkah?