Hino New Generation Ranger pertama di dunia, hadir di Indonesia!

Prestasi membanggakan Hino Indonesia sebagai pusat otomotif dunia dengan Grand Launching HINO NEW GENERATION RANGER.....

PERTAMA DI DUNIA!

Selasa, 24 Februari 2009

Arti PENTING Sparepart


Pentingkah sparepart dalam bisnis otomotif? Apakah pentingnya sparepart sehingga HINO berupaya terus dalam penyediaan spareparts dengan harga yang semakin terjangkau ,semakin terjamin ketersediaan spareparts sampai ke pelosok daerah sehingga customer semakin mudah dalam mendapatkannya.

Spareparts mempunyai arti penting sebagai :
A. AFTER SALES SERVICE
Dealer bersifat 3S, artinya dealer bertanggung jawab dalam Sales, Service, Sparepart. Ketiganya merupakan tugas dan tanggung jawab dealer secara keseluruhan, tidak bisa pilih salah satu saja. Anda bisa bayangkan, ketika menjual produk tanpa adanya dukungan dari Service dan Spareparts ,tentu customer akan berpikir dua kali ketika akan membeli produk tersebut.
Perlu diingat, bahwa HINO melayani COMMERCIAL CAR, artinya kendaraan HINO dipakai untuk kegiatan bisnis. Jikalau unit tersebut tidak beroperasi sehari saja, maka customer akan dirugikan karena tidak dapat menghasilkan income bagi pemiliknya. Tidak ada income, berarti customer tidak dapat membayar angsuran kendaraan. Untuk itu, After Sales Service menjadi hal yang sangat PENTING! Tidak bisa setengah-setengah . Ini semua untuk kelangsungan kehidupan dealer. Hanya dealer yang memberikan After Sales Service TERBAIK-lah yang mampu memenangi persaingan bisnis.

After Sales Service sparepart, berarti dealer harus mampu :
1). Memonitor stocknya agar selalu menjamin ketersediaan partsnya, terutama yang bersifat FAST MOVING. Ketersediaan spareparts di dealer/partshop menjadi sangat penting. Dengan tersedianya spareparts di dealer maka customer tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan sparepart. Bayangkan jika customer mau beli filter saja, di dealer tidak ada atau habis. Padahal parts tersebut merupakan kebutuhan rutin, yang tidak bisa ditunda. Oleh karena itu dealer harus terus menerus memonitor ketersediaan sparepartsnya terutama yang bersifat FAST MOVING
2). Customer harus makin MUDAH untuk mendapatkan sparepartsnya. Tidak hanya di dealer saja, tapi juga di daerah-daerah terutama untuk menunjang HINO Dutro. Adalah menjadi tugas dealer untuk terus menambah jaringan NETWORK.
3). Customer Satisfaction merupakan tujuan akhir dari pelayanan After Sales Service. Seluruk kegiatan atau aktifitas spareparts division, akhirnya akan bermuara di sini. Apakah kegiatan dealer sudah memenuhi harapan dari para customer? Baik dari segi ketersediaan part, kecepatan dalam pelayanan maupun harganya. Jika customer belum merasa puas ataupun belum merasa terlayani, maka dealer harus segera mencari solusinya. Jangan biarkan customer teromabang-ambing dalam keraguan, customer harus YAKIN dan PERCAYA bahwa hanya dengan HINO sajalah akan mendapatkan CUSTOMER SATISFACTION.

B. UNIT BISNIS
Pada awalnya banyak dealer yang menganggap spereparts dan service division bukanlah bisnis utama dealer. Mereka beranggapan, bisnis utama dealer hanyalah jualan unit saja ! Masalah spareparts ? Terserah customer mau beli di mana. Dealer beranggapan, nggak ada untungnya Jualan spareparts.
Untuk itulah, HMSI terus membina, memberikan pengertian secara kontinyu kepada dealer-dealer bahwa pengertian seperti itu adalah salah. HMSI ingin agar spareparts division dealer mampu menghasilkan keuntungan. Minimal dari hasil penjualan spareparts dapat untuk membiayai operasioanl spareparts division.
Kini, dealer HINO telah banyak berubah. Sparepart division sudah tidak dipandang sebelah mata, justru menjadi andalan dealer. terbukti ketika krisis moneter menerpa, sehingga jualan unitpun menurun drastis. Kehidupan dealer sangat didukung dari income penjualan spareparts .
Mulai sekarang, jadikanlah Spareparts Division sebagai salah satu unit bisnis di dealer Anda !